Implementasi Literasi Dasar Untuk Menstimulasi Kemampuan Berbahasa Pada Anak Usia Dini di TK Kusuma Bangsa 02 Tambakmas

Yeni Kusumawardani* -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia
Ida Yeni Rahmawati -  (SINTA ID : 5983046) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia
Muhammad 'Azam Muttaqin -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia

DOI : 10.24269/dpp.v12i1.8826

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui dan mendeskripsikan tentang bagaimana implementasi literasi dasar untuk menstimulasi kemampuan berbahasa pada anak usia dini di TK Kusuma Bangsa 02 Tambakmas.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan sampel penelitian adalah anak-anak kelompok A dan guru kelas kelompok A di TK Kusuma Bangsa 02 Tambakmas, Kebonsari, Madiun. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data dengan observasi untuk guru dan anak,dan lembar wawancara untuk Kepala sekolah, guru kelas kelompok A dan 5 anak yang menjadi sampel dalam penelitian ini. Tehnik analisis data menggunakan analisis dokumentasi.Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan implementasi literasi dasar yang berupa literasi baca tulis, numerasi, literasi mendongeng dan literasi cinta buku berdampak baik untuk menstimulasi kemampuan berbahasa pada anak usia dini. Selain dapat menambah kosakata, anak juga mampu memecahkan masalah dan berpikir kritis.

Keywords
Basic Literacy, Language Ability, Early Childhood
  1. Arika Novrani, Dewi Caturwulandari, Dwi Purwestri, Eka Annisa, Iis Faridah. (2021). Buku Saku Pengembangan Literasi untuk Anak Usia 5-6 Tahun. Unicef
  2. Aitchison, Jean. (2008). Linguistics. London: Hodder Headline
  3. Alisabet B. Hurlock. (1999). Child Developmant, Jakarta: Erlangga.
  4. Ana Widyastuti. 2020. Merdeka Belajar Pendidikan Anak Usia Dini Dan Implementasinya. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo. Jakarta
  5. Arleen Amidjaja, Anna Farida Kurniasari, Ni Ekawati. (2021). Buku Panduan Guru Belajar dan Bermain Berbasis Buku untuk Satuan PAUD. Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Jalan Gunung Sahari Raya No. 4 Jakarta Pusat
  6. Badeni. 2013. Kepemimpinan dan Prilaku Organisasi. Bandung: Alfabeta.
  7. Beverly Otto. (2015). Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Prenadamedia Group.
  8. Beers, Kylene, dkk. 2009. Standards for the Assessment of Reading and Writing.International Reading Association and the National Council of Teachers of English. New York.
  9. C. Ninuk Helista, Oktaviani Puspitasari, Saskhya Aulia Prima, Yuni Dwi Anggraini. (2021). Buku Panduan Guru Capaian Pembelajaran Elemen Jati Diri untuk Satuan PAUD. Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Jalan Gunung Sahari Raya No. 4 Jakarta Pusat
  10. Campbell, Neil.A., dkk. (2012). Biologi Edisi Kedelapan Jilid 2. (Alih bahasa: Damaring Tyas Wulandari). Jakarta: Erlangga.
  11. Chaer,Abdul .2002. Pembakuan Bahasa Indonesia . Jakarta: Rineka Cipta.
  12. Chaer, Abdul dan Leoni Agustina. 1995. Sosiolinguistik : Suatu Pengantar. Jakarta : Rineka Cipta
  13. Creswell, John W. 2017. Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantittatif dan Campuran. Yogya: Pustaka Pelaja
  14. Dhieni, Nurbiana dkk. 2005. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.
  15. Dyah M. Sulistyat,i Sri Wahyaningsih, I Wayan Wijania. (2021). Buku Panduan Guru Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila untuk Satuan PAUD. Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Jalan Gunung Sahari Raya No. 4 Jakarta Pusat
  16. Ellysa Aditya Suryawati, Muhammad Akkas. (2021). Buku Panduan Guru Capaian Pembelajaran Elemen Dasar-Dasar Literasi dan STEAM untuk Satuan PAUD. Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Jalan Gunung Sahari Raya No. 4 Jakarta Pusat
  17. Hamalik, Oemar. 2011. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. PT Remaja Rosdakarya.
  18. Martono, W. C. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Experiential Learning sebagai Bagian Program Sekolah Ramah Anak. Seminar Nasional Dan Call for Paper “Membangun Sinergitas Keluarga Dan Sekolah Menuju PAUD Berkualitas.”
  19. Novan Ardy Wiyani. (2013). Bina Karakter Anak Usia Dini. AR-Ruzz Media
  20. Nana Syaodih Sukmadinata. (2013). Pengembangan Kurikulum. PT Remaja Rosdakarya.
  21. Romine, Stephen A. (1954). Building the High School Curriculum. New York. The Roland Press, Co
  22. Shantika Ebi CH. (2017). Golden Age Parenting. Psikologi Corner.
  23. Santrock, J. W. (2012). Life Span Development : Perkembangan Masa Hidup Jilid I. (B. Widyasinta, Penerj.) Jakarta: Penerbit Erlangga.
  24. Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta
  25. Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabet
  26. SUMBER INTERNET
  27. Daroah, (2013). Meningkatan Kemampuan Bahasa Melalui Metode Bercerita Dengan Media Audio Visual Di Kelompok B1 Ra Perwanida 02 Slawi. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
  28. Ervin Nurul Affrida. (2018). Model Pembelajaran Literasi Dasar Dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Dan Bahasa Di Taman Kanak-Kanak. WAHANAe-ISSN : 2654 –4954, p-ISSN : 0853 –4403Volume 70, Nomor 2, 1 Desember 2018
  29. Hapsari, Widyaning. (2016) Pengaruh Program Stimulasi Literasi Terhadap Aktivitas Literasi dan Kemampuan Literasi Awal Pada Anak Prasekolah. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
  30. Ida Yeni Rahmawati. CD Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Berbahasa Bagi Anak Usia Dini Di Ponorogo. INDRIA, Jurnal Ilmiah Pendidikan PraSekolah dan Sekolah Awal Vol.1. No.1 September 2016 ISSN 2528-004X.
  31. Novenda Alfian N.P, Ida Yeni Rahmawati, Dian Kristiana. Implementasi Model Pembelajaran Cerdas Berbahasa Indonesia Fonik (CBI FONIK) dalam Menstimulus Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini. Jurnal Paedagogy, Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. Vol. 9 No. 4 : Oktober 2022 p-ISSN: 2355-7761 e-ISSN: 2722-4627 pp. 772-781.
  32. https://ejournal.undikma.ac.id/index.php/pedagogy/indexEmail:paedagogy@undikma.ac.id
  33. Novia Arum Puspitasari, Sukartono. (2022).Problematika Guru dalam Menumbuhkan Budaya Literasi Membaca pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Volume6 Nomor3 Tahun 2022 Halaman 4342-4350
  34. Nurrohmi Fitriyani. (2016). Teknik Stimulasi Kemampuan Literasi Awal Anak Prasekolah oleh Ibu di Rumah. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.
  35. Paryanti, Betty Yulia Wulansari, Sidik Nuryanto. Implementing Stimulation Of Childrens’s Writing Ability Of 4-5 Years Old By Drawing In BA 'Aisyiyah Yanggong Jenangan Ponorogo. Jurnal Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Ponorogo 2(2)(2018): 195-204
  36. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2024-01-16
Published: 2024-01-30
Section: Artikel
Article Statistics: