Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Menggunakan Media Audio Visual pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila di UPT SDN 010 Siabu
DOI : 10.24269/dpp.v12i1.8486
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa di kelas IV UPT SDN 010 Siabu. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas IV UPT SDN 010 Siabu. Penelitian ini merupakan penelitian tindalan kelas, yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini yaitu 1 orang guru dan 26 orang siswa, sedangkan objeknya adalah menggunakan media audio visual berupa vidio dari aplikasi capcut untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Instrumen yang dugunakan dalam penelitian ini terdiri dari lembar observasi guru dan lembar observasi siswa selama pembelajaran berlangsung dengan menggunakan media audio visual. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan ditemukan bahwa ketuntasan secara klasikal dari data pada siklus 1 pertemuan I sebesar 19, 23% dan pada pertemuan II menjadi 23, 08%. Pada siklus II pertemuan I sebesar 88, 46% dan di pertemuan II meningkat lagi menjadi 92, 30%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan media audio visual dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
Keywords
Motivasi Belajar Siswa, Media Audia Visual, Aplikasi Capcut.
- Anggraini, I, S. (2016). Motivasi Belajar dan Faktor-Faktor yang Berpengaruh pada Interaksi Pembelajaran Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 1(2), 100–109.
- Arianti. (2018). Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Didaktika Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i6.284
- Darmawati, J. (2013). Pengaruh Motivasi Belajar dan Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa SMA Negeri di Kota Tuban. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 1(1), 79–90.
- Dewi, N., Murtinugraha, R, E., & Arthur, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Kuliah Teori dan Praktik Plambiang di Program Studi S1 PVKB UNJ. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 7(2), 25–34.
- Emarawati, J, A. (2020). Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMKN 34 Jakarta Pusat.
- Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172–182.
- Fauziah, A., Rosnaningsih, A., & Azhar, S. (2017). Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Minat Belajar Siswa Kleas IV SDN Poris Gaga 05 Kota Tangerang. Jurnal JPSD, 4(2), 47–53.
- Haryanti, T. (2023). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Dasar-Dasar Administrasi Pada Siswa Jurusan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran di SMK Tunas Pemuda. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 407–413. http://www.nber.org/papers/w16019
- Ilhamira, G. (2015). Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Inggris melalui Video Pembelajaran.
- Lubis, L, E. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Wudhu. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(6), 63–72.
- Magdalena, I., Haq, A, S., & Ramdhan, F. (2020). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar Bojong 3 Pinang. Bintang: Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(3), 418–430.
- Perwitasari, A., & Abidin, Z. (2014). Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKn melalui Model Time Token Arends dengan Media Audio visual. Joyful Learning Juornal, 3(1), 31–37.
- Purnaningsih, P. (2017). Strategi Pemanfaatan Media Audio visual Untuk Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnak Informatika Universitas Pamulung, 2(1), 34–41.
- Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, November, 289–302.
- Rahmawati, R. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Pada Mata Pelajaran Ekonomi Tahun Ajaran. In Skripsi.
- Ramadhon, R., Jaenudin, R., & Fatimah, S. (2017). Pengaruh Beasiswa Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Sriwijaya. Jurnal Profit, 4(2), 203–213.
- Sapriyah. (2019). Media pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 470–477.
- Siregar, R. (2017). Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Permainan Menggunakan Bola Besar Dalam Pendidikan Jasmani di Kelas V SD. Jurnal Ilmiah PGSD, XII(2), 11–21.
- Supardianto. (2022). Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MI Miftahul Huda Lehan. Skula: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Madrasah, 2(4), 29–36.
- Yusuf, A., Suardana, I, N., & Selamet, K. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard IPA SMP Materi Tata Surya. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains, 4(1), 69–80.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.