Analisis Kebijakan Sertifikasi terhadap Kinerja Guru SD Negeri Kecamatan Bangkinang

Rafikhah Subekti* -  Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
Muhammad Syahrul Rizal -  Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
Rizki Ananda -  Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
Yenni Fitra Surya -  Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
Putri Hana Pebriana -  Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia

DOI : 10.24269/dpp.v12i1.7757

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin tingginya persentase guru bersertifikasi pada satuan tingkat pendidikan setiap tahunnya, khususnya pendidikan dasar yang ditunjukkan oleh data Badan Pusat Statistik tahun 2018 serta pernyataan Menteri Keuangan Indonesia bahwa sertifikasi saat ini hanya prosedural untuk mendapatkan tunjangan, tidak meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana kinerja guru bersertifikasi di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Bangkinang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan secara rinci, menyeluruh dan mendalam. Subjek utama penelitian ini adalah lima orang guru bersertifikasi di lima Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Bangkinang. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Sugiyono meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Temuan akhir penelitian ini menunjukkan bahwa dilihat dari segi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, hubungan dengan warga sekolah, serta pelaksanaan penilaian, remedial dan pengayaan terdapat guru bersertifikasi yang terlihat bagus kinerjanya sehingga layak mendapat sertifikasi, namun tetap perlu mengoptimalkan kinerjanya. Selain itu, juga terdapat guru bersertifikasi yang kurang maksimal kinerjanya sehingga perlu berbagai pembenahan diri untuk peningkatan kinerjanya sebagai guru bersertifikasi yang diakui keprofesionalannya.

Keywords
Kebijakan Sertifikasi, Kinerja, Guru Sekolah Dasar.
  1. Adrian, Y. (2017). Kompetensi Profesional Guru Sekolah Dasar. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(1), 85–97. https://doi.org/10.33654/jpl.v12i1.408
  2. Alfath, M., D., & Huliatunisa, Y. (2020). Analisis Kebijakan Sertifikasi Terhadap Kinerja Guru. Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE), 2(1), 78–91. https://doi.org/10.31000/ijoee.v2i1.3900
  3. Aminah, S. (2017). Pengaruh Pengalaman Mengajar dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru di SMPN 2 Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal Pendidikan SMP, 1(1), 1–13.
  4. Amrulloh, A. (2017). Sistem Penilaian dalam Pembelajaran. In Al Bayan (Vol. 7, Issue 2). https://media.neliti.com/media/publications/74008-ID-sistem-penilaian-dalam-pembelajaran.pdf
  5. Anggranei, F., N. (2020). Realitas Kompetensi Guru Pasca Sertifikasi. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION : Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 331–340. https://doi.org/10.37481/sjr.v3i4.229
  6. Artapati, L., W., & Budiningsih, C., A. (2017). Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 di SD Negeri Serayu Yogyakarta. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(2), 1–16.
  7. Aruni, F., & Faisal, F. (2021). Efektivitas Kebijakan Sertifikasi dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 42–48. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.1976
  8. Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Posiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 586–595.
  9. Azhar, M. (2017). Interaksi Guru, Murid dan Orang Tua dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar di MI Nahdatul Wathan.
  10. Bararah, I. (2017). Efektifitas Perencanaan Pembelajaran dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Jurnal Mudarrisuna, 7(1), 131–147. https://www.jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/mudarrisuna/article/view/1913
  11. Bukhari, Adnan., & Isna. (2016). Pelaksanaan Remedial pada Siswa yang Mengalami Kesulitan Membaca Teknis di Kelas Rendah SD Negeri Lamreung Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Prodi PGSD, 1(1), 51–58.
  12. Denizulaiha. (2018). Peran guru Sekolah Dasar dalam Pembelajaran di Era Teknologi Digital. Jurnal Online Universitas PGRI Palembang, 1(1), 616–620.
  13. Dolong, M., J. (2016). Sudut Pandang Perencanaan dalam Pengembangan Pembelajaran. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 5(1), 65–76.
  14. Elianur, C. (2017). Pengaruh Sertifikasi Guru terhadap Kinerja Guru Agama di Sekolah Dasar Kabupaten Bengkulu Tengah. Jurnal As-Salam, 1(1), 1–6.
  15. Fajriati, A., & Arismunandar. (2022). Kinerja Guru Bersertifikat Pendidik. Jurnal Administrasi, Kebijakan, Dan Kepemimpinan Pendidikan (JAK2P), 3(1), 32–40. https://doi.org/10.26858/jak2p.v3i1.19165
  16. Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), 104–117.
  17. Gultom, J., J. (2017). Pemanfaatan Media dalam Proses Belajar Mengajar. Pendidikan, 1(1), 1–8.
  18. Habibah, M. (2015). Peran Guru PAI dalam Mewujudkan Pembelajaran Interaktif.
  19. Hajaroh, S., & Adawiyah, R. (2018). Kesulitan Guru dalam Mengimplementasikan Penilaian Autentik. El-Midad Jurnal Jurusan PGMI, 10(2), 131–152.
  20. Hamid, A. (2017). Guru Professional. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman Dan Kemasyarakatan, 17(32), 274–285. http://ejurnal.staialfalahbjb.ac.id/index.php/alfalahjikk/article/view/26
  21. Handoko, T., A., Sumowo, S., & Rozzaid, Y. (2017). Pengaruh Sertifikasi dan Motivasi Berprestasi terhadap Kinerja Guru. Jurnal Penelitian IPTEKS, 2(2), 168–179.
  22. Hanun, F. (2021). Implementasi Penyelenggaraan Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Pendidikan Agama Islam di LPTK UIN Serang Banten. Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 19(3), 268–285.
  23. Hardani, Andriani, H., Ustiawaty, J., Utami, E., F., Istiqomah, R., R., Fardani, R., A., Sukmana, D., J., & Auliya, N., H. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue March).
  24. Hidayatullah, R. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru IPS SMP dan MTs di Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng. Jurnal Pendidikan, 1(1), 1–21. http://eprints.unm.ac.id/11556/
  25. Hoesny, M., U., & Darmayanti, R. (2021). Permasalahan dan Solusi untuk Meningkatkan Kompetensi dan Kualitas Guru. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(2), 123–132. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/3595
  26. Ibda, H. (2017). Peningkatan Kompetensi Profesional Guru SD/MI melalui Menulis di Media. Jurnal Tarbawi, 14(1), 45–62. https://ejournal.unisnu.ac.id/JPIT/article/view/610/905
  27. Izzati, N. (2015). Pengaruh Penerapan Program Remedial dan Pengayaan melalui Pembelajaran Tutor Sebaya terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 4(1), 54–68. https://doi.org/10.24235/eduma.v4i1.20
  28. Jaenudin, J. (2014). Pengaruh Program Sertifikasi dan Kompetensi terhadap Kinerja Guru Penjasorkes SMP Negeri se-Kabupaten Sumedang. Jurnal Online Universitas Galuh, 1(1), 31–36. https://core.ac.uk/download/pdf/196255896.pdf
  29. Jamin, H. (2018). Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 10(1), 19–36. https://doi.org/10.24269/ed.v6i2.1489
  30. Juhji. (2016). Peran Urgen Guru dalam Pendidikan. Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(1), 52–62.
  31. Kamijan, Y. (2021). Faktor Internal dan Faktor Eksternal terhadap Kinerja Guru di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(5), 630–638. https://doi.org/10.31933/jemsi.v2i5.589
  32. Kurniati, N., Khaliq, A., & Bulan, A. (2019). Penilaian Sikap , Pengetahuan dan Keterampilan dalam Pembelajaran Bahasa Inggris yang Berorientasi Kurikulum 2013. Jurnal Taman Siswa Bima, 1(1), 309–316.
  33. Latiana, L. (2019). Peran Sertifikasi Guru dalam Meningkatkan Profesionalisme Pendidik. Edukasi, 13(1), 1–10. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/edukasi/... · PDF file
  34. Magdalena, I., Shodikoh, A., S., Pebrianti, A., R., Jannah, A., W., Susilawati, I., & Tangerang, U. M. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDN Meruya Selatan 06 Pagi. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 312–325. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
  35. Margijanto, H., M., & Purwanti, M. (2021). Membina Hubungan yang Positif Antara Guru dan Siswa di Masa Pandemi di PKBM X Bogor. Jurnal Senapenmas, 1(1), 183–190.
  36. Marlina., Umar, F., & Rachmi, S. (2022). Pengunaan Bahasa Guru dan Siswa dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas X MA Alkhairaat Ampana. Reduplikasi: Jurnal Penelitian …, 1(1), 30–45. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Reduplikasi/article/view/905%0Ahttp://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Reduplikasi/article/viewFile/905/789
  37. Mawardi. (2019). Optimalisasi Kompetensi Guru dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Didaktika, 20(1), 69–82.
  38. Monika, K., A., L., Mahendra, S., & Suranata, K. (2018). Pelaksanaan Pengajaran Pengayaan untuk Siswa yang Memiliki Prestasi Belajar dalam Pembelajaran Kurikulum 2013. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2), 75–82.
  39. Munawir., Aisyah, A., N., & Rofi’ah, I. (2022). Peningkatan Kemampuan Guru Melalui Sertifikasi. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 324–329. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2.360
  40. Munawir, Fitrianti, Y., & Anisa, E., N. (2022). Kinerja Guru Profesional Sekolah Dasar. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 3(1), 8–14. https://doi.org/10.32832/jpg.v3i1.6251
  41. Nawawi, M., S. (2022). Pengaruh Sertifikasi Guru terhadap Kompetensi, Motivasi dan Kesejahteraan Guru, serta Pengaruh Ketiganya terhadap Kinerja Guru (Suatu Kajian Studi Literatur Review Ilmu Manajemen Sumber Daya Manusia dan Manajemen Keuangan). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu …, 3(1), 323–336. https://dinastirev.org/JMPIS/article/view/878%0Ahttps://dinastirev.org/JMPIS/article/download/878/569
  42. Nidawati. (2020). Penerapan Peran dan Fungsi Guru dalam Kegiatan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Islam Dalam Keluarga Dan Sekolah, 1(1), 136–153.
  43. Nur, H., M., & Fatonah, N. (2022). Paradigma Kompetensi Guru. Jurnal PGSD UNIGA, 1(1), 12–16.
  44. Nuraeni, N., A., Affandi, I., & Heryani, A. (2020). Pengaruh Implementasi Kebijakan Sertifikasi Guru terhadap Kinerja Guru di MTs Al-Muqowamah Singaparna Tasikmalaya. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitan Dan Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 562–568.
  45. Nursalim. (2017). Profesionalisme Guru SD/MI. Lentera Pendidikan, 20(2), 250–256.
  46. Oktario, O., & Sumianto. (2021). Pengaruh Sertifikasi Guru terhadap Kinerja Mengajar SD Negeri 006 Langgini Bangkinang Kota. Indonesian Research Journal On Education, 1(1), 44–54.
  47. Pontoh, W., P. (2013). Peranan Komunikasi Interpersonal Guru dalam Meningkatkan Pengetahuan Anak. Jurnal Acta Diurna, 1(1), 1–11. https://doaj.org
  48. Pranita, U., Kurniah, N., & Suprapti, A. (2018). Supervisi Klinis Kepala Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini Islam Terpadu Auladuna Kota Bengkulu (Studi Deskriptif Kualitatif di PAUD IT Auladuna Kota Bengkulu). Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1), 54–65. https://doi.org/10.33369/jip.3.1.54-65
  49. Putra, W., A., & Negara, O. (2021). Kontribusi Kompetensi Profesional Guru dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 95–104. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32253
  50. Putri, K., E., Gustina, M., Febrimawati., & Hidayat, M. (2022). Analisis Pelaksanaan Program Remedial dan Pengayaan di SMAN 1 Kerinci. Jurnal Penelitian Sains Dan Pendidikan (JPSP), 2(1), 60–68. https://doi.org/10.23971/jpsp.v2i1.3470
  51. Qasim, M., & Maskiah. (2016). Perencanaan Pengajaran dalam Kegiatan Pembelajaran. E-Jurnal UIN Alauddin Makassar, 04(3), 484–492.
  52. Rohman, H. (2020). Pengaruh Kompetensi Guru terhadap Kinerja Guru. Jurnal MADINASIKA Manajemen Dan Keguruan, 1(2), 92–102.
  53. Rospida, A. (2015). Hubungan Guru dan Orang Tua Siswa dan Pengaruhnya terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Negeri Bontoharu Kabupaten Kepulauan Selayar.
  54. Rozaq, M., I., & Kocimaheni, A., A. (2020). Kesesuaian RPP dengan Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Jepang di Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan UNS, 1(1), 1–9.
  55. Saidah, K., Primasatya, N., Mukmin, B., A., & Damayanti, S. (2021). Sosialisasi Peran Apersepsi untuk Meningkatkan Kesiapan Belajar Anak di Sanggar Genius Yayasan Yatim Mandiri Cabang Kediri. Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar, 1(1), 18–24. https://doi.org/10.29407/dedikasi.v1i1.16065
  56. Saugadi, & Noldi, R. (2020). Efektivitas Kinerja Guru Bersertifikasi. Tolis Ilmiah: Jurnal Penelitian, 2(1), 33–42.
  57. Setiawan, R., A., Sudarmono, & Apuanor. (2017). Analisis Kinerja Guru Bersertifikasi Sekolah Dasar Kecamatan Baamang Kabupaten Kotawaringin Timur. Jurnal Paedagogie, V(2), 120–126.
  58. Setiawati, W., Asmira, O., Ariyana, Y., Bestary, R., & Pudjiastuti, A. (2021). Konsep Penilaian. In Modul Belajar Mandiri.
  59. Sidiq, U., & Choiri, M., M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan (Vol. 1, Issue 1). http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.pdf
  60. Silverius, S. (2010). Portofolio demi Sertifikasi Guru, Harapan atau Impian. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(3), 250–264. https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i3.459
  61. Simatupang, R. (2018). Pengaruh Pelaksanaan Sertifikasi Guru terhadap Minat Studi Lanjut Mahasiswa Program Peningkatan Kualifikasi Semester II di STAKPN Tarutung Tahun Akademik 2016/2017. Jurnal Teologi Cultivation, 2(1), 1–16. https://doi.org/10.46965/jtc.v2i1.180
  62. Siregar, R., L. (2021). Memahami tentang Model, Strategi, Metode, Pendekatan, Teknik, dan Taktik. Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 63–75.
  63. Siswandari, & Susilaningsih. (2013). Dampak Sertifikasi Guru terhadap Peningkatan Kualitas Pembelajaran Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 19(4), 487–498.
  64. Suarman, & Syahza, A. (2013). Dampak Kebijakan Sertifikasi terhadap Kinerja Guru di Daerah Riau. Jurnal Pendidikan, 1(1), 72–83.
  65. Sudrajat, A. (2018). Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik, dan Model Pembelajaran (Issue 1).
  66. Sukmawati. (2015). Profesionalisme Guru Sekolah Dasar. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 7(2), 1665–1677. https://doi.org/10.26418/jvip.v7i2.17055
  67. Sundari, F. (2017). Peran Guru Sebagai Pembelajar dalam Memotivasi Peserta Didik Usia SD. Prosiding Diskusi Panel Pendidikan, 1(1), 60–76.
  68. Supriadi. (2015). Pemanfaatan Sumber Belajar dalam Proses Pembelajaran. Lantanida Journal, 3(2), 127–139. https://doi.org/10.22373/lj.v3i2.1654
  69. Tangge, L., & Ferlin, A. (2018). Pengaruh Pengalaman Mengajar dan Motivasi Kerja terhadap Guru Biologi Tersertifikasi di SMA Negeri Se-Kota Palu. Proceeding Biology Education Conference, 15(1), 515–523.
  70. Tayeb, T. (2017). Analisis dan Manfaat Model Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 48–55.
  71. Tuerah, R., M., S. (2015). Penguasaan Materi Pembelajaran , Manajemen dan Komitmen Menjalankan Tugas Berkorelasi Pada Kinerja Guru SD di Kota Tomohon. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 137–154.
  72. Utami, I., H., & Hasanah, A. (2020). Kompetensi Profesional Guru dalam Penerapan Pembelajaran Tematik di SD Negeri Maguwoharjo 1 Yogyakarta. Journal of Chemical Information and Modeling, 1(1), 121–139.
  73. Wahyuni, A., P., Purba, A., R., A., & Rangkuti, H., F. (2022). Peran Guru dalam Merencanakan dan Melaksanakan Pembelajaran di MI Yayasan Perguruan Islam Al-Hasanah. Ibtida’iy Jurnal Prodi PGMI, 7(1), 13–17.
  74. Warda., Bahru, A., A., & Ramdani, F. (2021). Pengertian Komunikasi, Manfaat, Dan Urgensinya.
  75. Wicaksono, A., K., & Ubaidila, S. (2020). Sertifikasi dan Upaya Meningkatkan Profesionalitas Guru di MI Misriu Al Hasan Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 2(2), 1–10. https://doi.org/10.33367/jiee.v2i2.1300
  76. Yestiani, D., K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.515
  77. Yono, T. (2018). Kompetensi Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan setelah Mengikuti PLPG. Jurnal Penelitian IPTEKS, 3(1), 64–72. https://doi.org/10.32528/ipteks.v3i1.1879
  78. Zulfiati, H., M. (2014). Peran dan Fungsi Guru Sekolah Dasar dalam Memajukan Dunia Pendidikan. Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 1(1), 1–4.
  79. Zulfitri, H., & Setiawati, N., P. (2019). Pendidikan Profesi Guru (PPG) sebagai Upaya Meningkatkan Profesionalisme Guru. LINGUA, Jurnal Bahasa & Sastra, 19(2), 130–136.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2023-08-22
Published: 2024-01-30
Section: Artikel
Article Statistics: