Efektifitas Penggunaan Bahan Ajar Perilaku Organisasi dengan 3D Realist Berbasis Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Mahasiswa

Lenti Susanna Saragih* -  Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan, Indonesia
Jufri Dharma -  Universitas Negeri Medan, Indonesia
Sabda Dian Nurani Siahaan -  Universitas Negeri Medan, Indonesia

DOI : 10.24269/dpp.v11i1.7725

Video 3D Realist merupakan suatu bahan ajar yang dapat memberikan kemudahan kepada peserta didik dalam memahami konteks materi pembelajaran sehingga mudah untuk menerapkannya dalam sebuah project. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan dan menganalisis dampak penggunaan bahan ajar Perilaku Organisasi dengan 3D Realist berbasis Project Based Learning pada hasil berlajar mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metodel R&D model ADDIE dengan menggunakan software 3DPageflip Profesional. Populasi penelitian adalah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bisnis semester 6. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Data diolah dengan menggunkan analisis deskriptif. Uji yang dilakukan adalah uji kelayakan, dan uji efektifitas. Hasil uji validasi kelayakan isi memperoleh score rata-rata 86%, aspek penyajian memperoleh socre rata-rata 91% dan aspek bahasa memperoleh score rata-rata 87%. Seluruh aspek kelayakan masuk kategori sangat layak. Dilihat dari uji keefektifan diketahui bahwa nilai sig yang diperoleh dalam penelitian ini adalah sebesar 0,000<0, 05, artinya terdapat perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah perlakuan menggunakan bahan ajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar Perilaku Organisasi dengan 3D Realist Berbasis Project Based Learning sangat layak dan efektif digunakan.

Supplement Files

Keywords
Bahan Ajar, 3D Realist, Project Based Learning, Hasil Belajar
  1. Asih, Nining Setia. Sobihah Rasyad. Juwanda. (2022). Bahan Ajar Teks Eksposisi Berbantuan 3D Pageflip Profesional untuk SMA. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama) Vol. 9 No. 1 Januari 2022 P-ISSN: 2339-2258, E-ISSN: 2548-821X, pp, 231-240
  2. Azis, H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Validitas, Reliabilitas, Praktikalitas, Dan Efektifitas Bahan Ajar Non Cetak (Meliputi Audio, Audio Visual, Video).
  3. Chien, S. P., & Wu, H. K. 2020. Examining influences of science teachers’ practices and beliefs about technology-based assessment on students’ performances: A hierarchical linear modeling approach. Computers and Education, 157, pp 2
  4. Dimyati dan Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
  5. Faqiroh, Binti, Zakkyatul. 2020. Problem Based Learning Model for Junior High School in Indonesia (2010-2019). Indonesian Journal of Curicculum and Educational Technology Studies. Vol 8 No 1, 42-48
  6. Fathurrohman, M. (2016). Model Pembelajaran Inovatif: Alternatif desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Group
  7. Fitri, Hammiyati., Maison., Dwi Agus Kurniawan. 2021. Pengembangan E-Modul Menggunakan 3D Pageflip Profesional pada Materi Momentum dan Impuls. Repositori Unja: Jambi
  8. Firnanda, Muhammada Aditya. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Visual Dimensi Bermuatan Problam Based Learning untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Organisasi dan Arsitektur Komputer. Repositori Univesitas Negeri Malang
  9. Islam, A. (2023, May 26). Mengutip Situs Web di [Pengaruh Bahan dan Media Ajar untuk Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran di Kelas]. Diakses pada Agustus 10, 2023 dari https://mtsalislam.sch.id/p/2023/05/26/pengaruh-bahan-dan-media-ajar-untuk-meningkatkan-efektifitas-pembelajaran-dikelas/
  10. Jazimah, I., Septianingsih, S. (2021). Penggunaan Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Berbasis HOTS (High Orther Thingking Skill) pada Pembelajaran Daring di LMS (Learning Management Sistem) Online Class UMP Matakuliah Sejarah Australia dan Osenia. Jurnal Pendidikan Sejarah dan Ilmu Sejarah Vol 4, No 2
  11. Kemdikbud .(2020). Peningkatan Kualitas Pembelajaran yang Berorientasi HOTS Tahun 2020 (21 Januari 2020) Diakses pada Agustus 16, 2023 dari https://gurudikdas.kemdikbud.go.id/news/Peningkatan-Kualitas-Pembelajaran-yang-Berorientasi-HOTS
  12. Noviyanti, N., & Gamaputra, G. (2020). Model Pengembangan ADDIE Dalam Penyusunan Buku Ajar Administrasi Keuangan Negara (Studi Kualitatif di Prodi D-III Administrasi Negara FISH Unesa). Jurnal Ilmiah Manajemen Publik Dan Kebijakan Sosial, 4(2), 100– 120
  13. Nurhayati, Ai Sri & Harianti, Dwi. 2020. Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Diakses pada 10 Agustus 2023 dari website sibatik.kemdikbud.go.id
  14. Permana, A. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Sistem Pengapian Berbasis Komputer Untuk Pembelajaran Di SMK Ma’arif Salam Magelang. Laporan Penelitian. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
  15. Petrovic, O. 2019. Digital media and informal learning: Alteration mechanism and captured episodes. Communications in Computer and Information Science, 1022(6), 433–469. DOI: 10.1007/978-3-030-21151-6_21
  16. Pranyoto, Y. H. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Pembiasaan Refleksi. Jurnal Masalah Pastoral, 4(1), 14.
  17. Prastowo. A. 2013. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press. ISBN, 978-602-978-898-3.
  18. Putnik, G., & Alves, C. 2019. Learning material co-creation infrastructure in social network-based education: An implementation model. Procedia CIRP, 84(1), 215–218.
  19. Rustandi, A. (2021). Penerapan Model ADDIE dalam Pengembangan Media Pembelajaran di SMPN 22 Kota Samarinda.
  20. Saefudin, A & Berdiati, I. (2014). Pembelajaran Efektif. Bandung: PT Remaja Roskadarya.
  21. Saefullah, I. 2016). Membuat Buku Digital Mandiri. Indramayu: Kaonoe Book.
  22. Salsabila, R.P. (2013). Pengembangan Modul Elektronik Fisika sebagai Media Intruksional Pokok Bahasan Hukum Newton pada Pembelajaran Fisika di SMA Jurnal Pembelajaran Fisika, 1 (1): 12-19
  23. Sugiyono, 2018. Statistika untuk Penelitian .Jakarta: Alfabeta
  24. Sumarni, Sri.2019. Model Penellitian dan Pengembangan (R&D) Lima Tahap. Yogyakarta: Universitas Islam Kalijaga
  25. Widura, Wira Bayu. Arca Aspini.2021. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru. Vol 4 No 2, pp 200-209

Full Text: Supp. File(s):
File Tambahan
Subject
Type Data Analysis
  Download (41KB)    Indexing metadata
Hasil Uji Efektifitas
Subject
Type Data Analysis
  Download (33KB)    Indexing metadata
Angket
Subject
Type Research Instrument
  Download (35KB)    Indexing metadata
Article Info
Submitted: 2023-08-18
Published: 2023-12-30
Section: Artikel
Article Statistics: