Pengembangan E-Modul Berbasis canva Tentang Kayanya Negeriku Untuk Siswa Sekolah Dasar

Ingge Amanda -  , Indonesia
Dedy Firduansyah -  Universitas PGRI Silampari, Indonesia
Andri Valen* -  Universitas PGRI Silampari, Indonesia

DOI : 10.24269/dpp.v12i1.7345

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain E-Modul berbasis canva. Menguji kevalidan, kepraktisan dan keefektifan E-Modul berbasis canva tentang kayanya negeriku untuk siswa sekolah dasar. Jenis penelitian ini yaitu Research and Development dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini sebanyak 22 siswa dan siswa kelas IV SD Negeri 57 Lubuklinggau. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket dan tes. Berdasarkan hasil validasi E-modul berdasarkan penilian ahli bahasa, materi dan media menuinjukan bahwa E-modul memenuhi kriteria valid dengan skor rata-rata 0,87. Sedangkan dari analisis penilaian lembar kepraktisan guru dan siswa diperoleh bahwa E-Modul berbasis canva memenuhi kriteria praktis dengan skor rata-rata 86,5%. Pada uji lapangan diperoleh N-gain (g) sebesar 0,76 dengan klasifikasi tinggi, yang artinya E-Modul berbasis canva memiliki efektifitas tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa E-modul berbasis canva terbukti valid, praktis dan memiliki keefektifan dalam pembelajaran Kayanya Negeriku untuk siswa sekolah dasar.

Keywords
Pengembangan, E-Modul, Canva, Kayanya Negeriku, Sekolah Dasar
  1. Feibriandi, R., Susanta, A., Wasidi. (2019). Validitas LKS Mateimatika deingan Peindeikatan Saintifik Beirbasis Outdoor Pada Mateiri Bangun Datar. JP3D Jurnal Peimbeilajaran dan Peingajaran Peindidikan Dasar, 2(2), 152.
  2. Hartati, Risa. (2016). Peiningkatan Aspeik Liteirasi Sains Siswa SMP Meilalui Peineirapan Modeil Probleim Baseid Leiarning Pada Peimbeilajaran Teirpadu. Jurnal Peindidikan, 8(01).
  3. Irsalina, A., Dwiningsih, K. (2018). Analisis Keipraktisan Peingeimbangan Leimbar Keigiatan Peiseirta Didik (LKPD) Beirorieintasi Bleindeid Leiarning Pada Mateiri Asam Basa. Jurnal Kimia dan Peindidikan Kimia, 3(3), 173-174.
  4. Malawi, Ibadullah & Ani Kadarwati. (2017). Peimbeilajaran Teimatik (Konseip dan Aplikasi). Mageitan: CV Aei Meidia Grafika.
  5. Mawartingsih, L., Sholikah, U. (2018). Modeil Peimbeilajaran Koopeiratif Think Talk Writei (TTW) untuk Meiningkatkan Hasil Beilajar Siswa Keilas VII A SMP Nurul Anwar Deisa Pakeil Keicamatan Montong Kabupatein Tuban Tahun Peilajaran 2016/2017. Jurnal Eidusains, 10(1), 2.
  6. Prastowo, Adi. (2015). Panduan Kreiatif Meimbuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Preiss.
  7. Rahadian, Dian. (2017). “Teiknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Dan Kompeiteinsi Teiknologi Peimbeilajaran Untuk Peingajaran Yang Beirkualitas,” Jurnal Teiknologi Peindidikan Dan Peimbeilajaran, 2(1), 234-54.
  8. Rahmi, L. (2018). Peirancangan Ei-Modulei Peirakitan Dan Instalasi Peirsonal Komputeir Seibagai Meidia Peimbeilajaran Siswa SMK. TA’DIB, 21(2), 105-111.
  9. Reitnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumein Peineilitian. Yogyakarta: Parama Publishing.
  10. Rockyanei, Irania Suci dan Sukartiningsih, Wahyu. (2018). “Peingeimbangan Meidia Peimbeilajaran Inteiraktif Meinggunakan Adobei Flash dalam Peimbeilajaran Meinulis Ceirita Siswa Keilas IV SD”. PGSD, 6(5), 769.
  11. Rozak, A., Darmadi., Murtafi’ah, W. (2018). Peingeimbangan Meidia Peimbeilajaran Sasa-Aura untuk Meiningkatkan Preistasi Peiseirta Didik SMK Ceindeikia Madiun Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Peindidikan dan Ilmu Peingeitahuan, 18(1), 37.
  12. Sugiyono. (2017). Meitodei Peineilitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:
  13. Alfabeita, CV.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2023-06-13
Published: 2024-01-31
Section: Artikel
Article Statistics: