Development of Learning Media Based on Kinemaster Pro Application in History Subjects
DOI : 10.24269/dpp.v13i1.10810
This study aims to develop learning media based on kinemaster pro applications that are effective and efficient. This research is a type of research that uses the Alessi & Trollip development model. The purpose of this research is to develop learning media based on kinemaster pro applications that are valid and have an effective impact on history learning. The validity of the developed product is based on the results of validation conducted by several experts, namely media experts, material experts and learning design experts. The results of the validation of media experts are 3.93 with a valid category, material experts are 4.30 with a very valid category, and learning design with a value of 4.10 with a valid category. The effectiveness of the use of kinemaster pro application-based learning media can be seen in the learning outcomes of students who experienced an increase in learning outcomes by 43.61%. Furthermore, the N-gain is 0.78 which is included in the high category.
- Admadja, Ismalik Perwira, and Eko Marpanaji. 2016. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Praktik Individu Instrumen Pokok Dasar Siswa Smk Di Bidang Keahlian Karawitan.” Jurnal Pendidikan Vokasi 6(2): 173.
- Alviolita, Nanda Widyani, and Miftakhul Huda. 2019. “Media Pop Up Book Dalam Pembelajaran Bercerita.” Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia 7(1): 49.
- Amalina, Sharfina Nur. 2022. “Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Indonesia Berbasis Pendidikan Multikultural.” Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual 7(4): 853.
- Anam S, Mohammad, and Wasis D Dwiyogo. 2019. “Teori Belajar Behavioristik DAnam S, M., & Dwiyogo, W. D. (2019). Teori Belajar Behavioristik Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Universitas Negeri Malang, 2.an Implikasinya Dalam Pembelajaran.” Universitas Negeri Malang: 2. https://cdn-gbelajar.simpkb.id/s3/p3k/Pedagogi/Artikel/TEORI_BELAJAR_BEHAVIORISTIK_DAN_IMPLIKAS.pdf.
- Andayani, Sri. 2021. “Jurnal An-Nur: Kajian Pendidikan Dan Ilmu Keislaman Vol. 7, No. 1 Januari-Juni 2021.” Bermain Sebagai Sarana Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini 7(1): 1–10.
- Andika, Mohamad Febri. 2023. “Implementasi Kompetensi Guru PPkn Dalam Merumuskan Tujuan Pembelajaran Berbasis ABCD Di Sekolah Menengah Kejuruan.” Pelita : Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia 3(1): 1–5.
- Ardiyanti, Wendy. “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN WINDOWS MOVIE MAKER PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS.” : 53–72.
- Arfandi, Arfandi, and Mohamad Aso Samsudin. 2021. “Peran Guru Profesional Sebagai Fasilitator Dan Komunikator Dalam Kegiatan Belajar Mengajar.” Edupedia : Jurnal Studi Pendidikan dan Pedagogi Islam 5(2): 37–45.
- Ariyani, Indri Dwi. 2019. “Peran Tenaga Pendidik Dalam Memberikan Pembelajaran Yang Bermakna Dengan Menggunakan Pendekatan Etnomatematika.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP 2(1): 77–84. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5642/4047.
- Asrori, Greria Tensa Novela, and Nur Julianto. 2020. “Penerapan Teori Belajar Konstruktivisme Pada Pembelajaran Mandiri.” : 1–32.
- Bakhrudin All Habsy, Durrotun Nashihah, and Butsaina Altaf Atsila. 2023. “済無No Title No Title No Title.” Teori Belajar Humanistik Serta Penerapannya Dalam Pembelajaran 01: 1–23.
- Budyastuti, Yuni, and Endang Fauziati. 2021. “Penerapan Teori Konstruktivisme Pada Pembelajaran Daring Interaktif.” Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar 3(2): 112–19.
- Cahyani, Widya Dwi, I Nyoman Sudana Degeng, and Nurmida Catherine Sitompul. 2023. “Pengembangan Media Animasi 3 Dimensi Untuk Pembelajaran Bangun Ruang Di Sekolah Dasar.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 7(3): 2554–65.
- Cahyanto, Irfan Dwi, and Mega Nur Prabawati. 2019. “Kontruktivisme Dalam Pembelajaran Matematika.” Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers: 1–7.
- Dr. Ani Cahyadi, M.Pd. 2019. “Pengembangan Media Dan Sumber Belajar : Teori Dan Prosedur.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9): 1–152.
- Dr. Yuberti, M.Pd. 2014. 1 Buku Pembelajaran Dan Pengembangan Bahan Ajar Dalam Pendidikan Pembelajaran Dan Pengembangan Bahan Ajar Dalam Pendidikan.
- Dwi Susanto, M.A. 2013. “Pengantar Ilmu Sejarah.” Jurnal Ilmu Sejarah dan Kebudayaan: 190.
- Fauzi, Achmad. 2022. “Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak.” Pahlawan: Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya 18(2): 18–22.
- Fauzi, Ahmad. 2015. “Pemanfaatan Simulasi Gerak Peluru Dengan Aplikasi Spreadsheet.” Prosiding Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika 6(1): 258–63.
- Fendi Susanto, Indah Resti Ayuni Suri. 2017. “PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TIPE NHT DENGAN STRATEGI PEMECAHAN MASALAH (PROBLEM SOLVING) SISTEMATIS BAGI PESERTA DIDIK SMP DI KABUPATEN PRINGSEWU Fendi.” 6(3).
- Festiawan, Rifqi. 2020. “Belajar Dan Pendekatan Pembelajaran.” Universitas Jenderal Soedirman: 1–17.
- Fitria, Ayu. 2018. “Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini.” Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(2): 57–62.
- Fuadi, Ahmad. 2021. Tahta Media Group.
- Gemnafle, Mathias, and John Rafafy Batlolona. 2021. “Manajemen Pembelajaran.” Jurnal Pendidikan Profesi Guru Indonesia (Jppgi) 1(1): 28–42.
- Hadijah, S. 2023. “Pengembangan Media Interaktif Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas IV SD Inpres BTN IKIP I Kota Makassar.” : 1–6. http://eprints.unm.ac.id/33303/.
- Haryati, Sri. 2012. “Research And Development( R & D ) Sebagai Salah Satu Model Penelitian Dalam.” Academia 37(1): 13.
- Helmy, Abdullah. 2011. “Teori Belajar Kognitif Jean Piaget Dan Aplikasinya Dalam Pembelajaran.” Jurnal Linguistik Terapan 1(2): 1–11. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=vLc8EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA186&dq=%22teori+belajar%22&ots=-Hlr32wozV&sig=q60DX0WvDzLD9fJ5DoedcRjphws.
- Hidayah, Nur, Lailla Hidayatul Amin, and Wati Dwi Kasanah. 2022. “Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Minat Belajar Siswa Di MIM 1 PK Sukoharjo.” Indonesian Journal of Islamic Elementary Education 2(1): 27–38.
- Hidayat, Fitria, and Muhamad Nizar. 2021. “Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI) 1(1): 28–38.
- HUMAIRA, SISNA. 2022. “Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Pada Materi Tatanama Senyawa Di Man 6 Aceh Besar.” Kimia, Prodi Pendidikan.
- Iryana, and Risky Kawasati. 1990. “Teknik Pengumpulan Data Metode Kualitatif.” 21(58): 99–104. https://www.unhcr.org/publications/manuals/4d9352319/unhcr-protection-training-manual-european-border-entry-officials-2-legal.html?query=excom 1989.
- Ismail, Raoda, and Okky Riswandha Imawan. 2021. “Tpack Papua.” 5(1): 277–88.
- Khasinah, Siti, and Elviana Elviana. 2022. “Need Analysis Dalam Pengembangan Kurikulum.” Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam 12(4): 837.
- Kunto, Imbar, Diana Ariani, Retno Widyaningrum, and Regita Syahyani. 2021. “Ragam Storyboard Untuk Produksi Media Pembelajaran.” Jurnal Pembelajaran Inovatif 4(1): 108–20.
- Lukman Hakim. 2016. “Pemerataan Akses Pendidikan Bagi Rakyat Sesuai Dengan Amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.” EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial 2(1): 53–64.
- Magdalena, Ina, Akhmad Syaifulloh, and Annisa Salsabila. 2023. “Asumsi Dasar Dan Desain Pembelajaran.” Cendekia Pendidikan 1(1): 1–13. https://ejournal.warunayama.org/index.php/sindorocendikiapendidikan/article/view/769.
- Malabay. 2016. “Pemanfaatan Flowchart Untuk Kebutuhan Deskripsi Proses Bisnis.” Jurnal Ilmu Komputer 12(1): 21–26. https://digilib.esaunggul.ac.id/pemanfaatan-flowchart-untuk-kebutuhan-deskripsi-proses-bisnis-9347.html.
- Marliansyah, Idham Syafri et al. 2022. “Pengembangan Media Pembelajaran Appinventor Berbasis Pada Android Materi Debat.” Jurnal Bindo Sastra 6(1): 57.
- Maulinda, Utami. 2022. “Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka.” Tarbawi 5(2): 130–38.
- Melawati. 2019. “Implementasi Media Pembelajaran Audio Visual Pada Sekolah SMP AL-Munib.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP 2(1): 154–60.
- Mulyadi, Febry Fahreza, Rendi Julianda. 2018. “PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS V SDN LANGUNG Mulyadi,.” New England Journal of Medicine 372(2): 2499–2508. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/7556065%0Ahttp://www.pubmedcentral.nih.gov/articlerender.fcgi?artid=PMC394507%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.humpath.2017.05.005%0Ahttps://doi.org/10.1007/s00401-018-1825-z%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/27157931.
- Novalia, Trirahma, Putri Arfa, and Misbahul Jannah. 2023. “Development of Video Learning Based on Blender Software in High Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Software Blender Di SMA / MA.” Jurnal Geuthèë: Penelitian Multidisiplin (Multidiciplinary Research) 6(2): 147–57.
- Nurdyansyah, and Eni Fariyatul Fahyuni. 2016. Nizmania Learning Center Inovasi Model.
- Nurhadi. 2020. “Teori Kognitivisme Serta Aplikasinya Dalam Pembelajaran.” 2: 77–95.
- Oktiani, Ifni. 2017. “Kreativitas Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik.” Jurnal Kependidikan 5(2): 216–32.
- Penawati, Ni Made, I Made Tegeh, and I Komang Sudarma. 2015. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Pembelajaran Mandiri Siswa Kelas Viii TAHUN PELAJARAN 2014-2015 DI SMP NEGERI 4 SINGARAJA.” e-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha 3(1): 1–10.
- Purwono, Joni, Dkk. 2014. “Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan.” Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran. 2(2): 127–44.
- Rahardja, Untung, Qurotul Aini, and Andhika Dwi Putra. 2020. “Penerapan Editing Video Menggunakan Kinemaster Sebagai Sarana Media Promosi Blockchain Pada Instagram.” MAVIB Journal 2(1): 27–38.
- Rahmi, Mayangsari Nikmatur, and M.Agus Samsudi. 2020. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sesuai Dengan Karakteristik Gaya Belajar.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 4(2): 355–63.
- Rambung, Olan Sulistia et al. 2023. “Transformasi Kebijakan Pendidikan Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar.” Jurnal Ilmu Pendidikan 1(3): 598–612.
- Ratnawuri, Meyta PritandhariTriani. 2015. “EVALUASI PENGGUNAAN VIDEO TUTORIAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEMESTER IV PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO.” 3(2): 11–20.
- Rianto, Puji. 2016. “Modul Metode Penelitian.” Metode penelitian 5(July): 231.
- Rokhim, Moh. Ainur. 2021. “Peranan Media Gagdet Dalam Implementasi Kebijakan Pembelajaran Pai Di Masa Pandemi Covid-19.” Ar-Risalah: Media Keislaman, Pendidikan dan Hukum Islam 19(1): 087.
- Rumalean, Iwan. 2014. “Jendela Pengetahuan.” Jurnal Ilmiah 7(April): 1–16.
- Saefu, A. et al. 2021. “Analisis Modul Ajar Berbasis Pendidikan Karakter.” Jurnal Mimbar PGSD Undiksha 9(3): 489–96.
- Safitri, Meilani, and M. Ridwan Aziz. 2022. “ADDIE, Sebuah Model Untuk Pengembangan Multimedia Learning.” Jurnal Pendidikan Dasar 3(2): 50–58. http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd/article/view/2237.
- Saputri, Fira, and Adam Mudinillah. 2022. “Pemanfaatan Aplikasi Kinemaster Dalam Pembuatan Video Pembelajaran Di Sd 03 Koto Pulai.” Jurnal Teknodik 26: 183–98.
- Setiyawan, Hery. 2021. “Pemanfaatan Media Audio Visual Dan Media Gambar Pada Siswa Kelas V.” Jurnal Prakarsa Paedagogia 3(2).
- Siti, Setiawati Ma" rifah. 2018. “'HELPER” Jurnal Bimbingan Dan Konseling FKIP UNIPA.” Jurnal Bimbingan dan Konseling FKIP UNIPA 35(1): 31–46. https://doi.org/10.36456/helper.vol35.no1.a1458.
- Subagio. 2017. “Identifikasi Kepedulian Mahasiswa Program Studi Efetivitas Belajar.” 5(1): 1–5.
- Sugiyono. 2019. “METODE PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN (Research and Development/ R&D).” : 38.
- Suhardi Marli. 2020. “Dan Bahasa Inggris Sendiri Sebelumnya Secara Etimologis Mengambilnya Dari Kata Yunani.” Sejarah dan Pendidikan Sejarah: 5.
- Suryana, I Made, Naswan Suharsono, and dan I Made Kirna. 2014. “Pengembangan Bahan Ajar Cetak Memggunakan Model Hannafin & Peck.” e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Teknologi Pembelajaran (Volume 4 Tahun 2014) 4: 1–1.
- Susilo, Agus Agus. 2020. “Peran Guru Sejarah Dalam Pemanfaatan Inovasi Media Pembelajaran.” Jurnal Komunikasi Pendidikan 4(2): 79.
- Tafonao, Talizaro. 2018. “Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa.” Jurnal Komunikasi Pendidikan 2(2): 103.
- Umar. 2014. “Peran Dan Fungsi Media Pembelajaran.” Jurnal Tarbiwiyah 11(1): 133.
- Utami, Tri Hapsari. 2010. “Indikator Dan Tujuan Pembelajaran Dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.” Semnas Mipa: 2.
- W., Truli Maulida. 2019. “Mengejawantahkan Nilai Tasawuf Dalam Diri Guru.” Progresiva : Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam 8(1): 1.
- Wastriami, Wastriami, and Adam Mudinillah. 2022. “Manfaat Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Kinemaster Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SDN 25 Tambangan.” TARQIYATUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Madrasah Ibtidaiyah 1(1): 30–43.
- Wati, Vera, Hanifah Muslimah Az-Zahra, and Niken Hendrakusuma Wardani. 2019. “Evaluasi Usability Terhadap User Interface Aplikasi Medizi Berbasis Website Menggunakan Heuristic Walkthrough.” 3(8): 2548–2964. http://j-ptiik.ub.ac.id.
- Widiyono, Aan. 2021. “Penerapan Aplikasi Kinemaster Dalam Pembelajaran IPA Melalui LMS Pada Mahasiswa Prodi PGSD.” Prosiding Seminar Nasional IAHN-TP Palangka Raya (3): 12–21. https://prosiding.iahntp.ac.id/index.php/seminar-nasional/article/view/99.
- Windasari, Tahan Suci, and Harlinda Syofyan. 2019. “Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dasar 10(1): 1–12.
- Yaumi, Muhammad. 2017. “MEDIA PEMBELAJARAN: Pengertian, Fungsi, Dan Urgensinya Bagi Anak Milenial.” 549: 40–42.
- Zahratussyafara, Nabila, Intani Rifqa Annisa, Noer Djanius Sahfitri, and Nursilni Zain. 2023. “Kajian Literatur Tentang Pengaruh Media Pembelajaran Audio-Visual Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Agama Islam.” Proceeding International Seminar on Islamic Studies 4(1): 1126–32.
- Zahro, Mustika, Sumardi, and Marjono. 2017. “The Implementation Of The Character Education In History Teaching.” Jurnal Historica 1(1): 1–11. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JHIS/article/view/5095/3760.
- Zaifullah, Zaifullah, Hairuddin Cikka, and M. Iksan Kahar. 2021. “Strategi Guru Dalam Meningkatkan Interaksi Dan Minat Belajar Terhadap Keberhasilan Peserta Didik Dalam Menghadapi Pembelajaran Tatap Muka Di Masa Pandemi Covid 19.” Guru Tua : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 4(2): 9–18.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.