DESAIN & ANALISIS VARIASI KETEBALAN PEGAS DAUN PARABOLIC PADA MINI BUS

Fadlil Hamdi* -  Universitas Muhammadiyah Jember, Indonesia

DOI : 10.2426/10.24269

Dijaman yang modern ini moda transportasi Indonesia sudah sangat pesat perkembangannya baik secara system atau pun nonsystem. Tetapi ada yang menjadi bagian penting dalam dunia transportasi salah satunya pegas. Disini penulis ingin mengetahui desain dan permodelan pada pegas daun serta pengaruh variasi pada kekuatan pegas daun terhadap uji tekan yang diperoleh setelah melalui uji finite of element analisys. Dalam studi ini akan dilakukan analisa pembebanan menggunakan FEA pada pegas daun yang hasilnya akan dibandingkan dengan pegas daun original. Pada prosesnya pegas daun akan diberi kekuatan tekan sebesar 2350 N. Hasil dari penelitian ini menunjukkan nilai di angka 15 tentu aman terhadap beban 2350 N. Sedangkan Von Misses  ada diangka 38.515 tentu aman karena masih jauh di bawah angka 710.000.000.
  1. A. R. PUTRA, “DESAIN DAN ANALISA SISTEM SUSPENSI MOBIL PRODUKSI MULTIGUNA PEDESAAN DENGAN STANDAR KENYAMANAN ISO 2631,” FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER , pp. 1-3, 2016.
  2. P. Priyambada, “ANALISIS KENYAMANAN SERTA REDESAIN PEGAS SUSPENSI MOBIL TOYOTA FORTUNER 4.0 V6 SR (AT 4X4),” TUGAS AKHIR - TM 141585, pp. 1-2, 2016.
  3. T. Hidayat, “Analisa Kegagalan Pegas Daun (Leaf Spring) Pada Toyota Kijang Kapsul 7K-EI Tahun 2000,” Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 1(1), pp. 1-8, 2012.
  4. N. AISYIYAH, “PEMODELAN SISTEM SUSPENSI KENDARAAN DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE SOLIDWORK,” Skripsi Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember , pp. 6-7, 2016.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2022-02-21
Published: 2022-06-10
Section: Articles
Article Statistics: