Strategi Pengembangan Pendidikan Madrasah di Bangkalan (Sinergi Tradisi dan Modernitas)

Baitiyah Baitiyah -  , Indonesia
Anis Khofifatun Nafilah -  IAIN Madura, Indonesia
Mabnunah Mabnunah* -  IAIN Madura

DOI : 10.24269/dpp.v12i1.9773

Penelitian ini bertujuan untuk memahami dinamika madrasah di Bangkalan dengan fokus pada perubahan sosial, budaya, dan pendidikan yang terjadi di lingkungan tersebut. Penelitian ini mengkaji peran dan strategi yang diterapkan madrasah dalam menghadapi tantangan globalisasi dan perubahan kurikulum. Madrasah di Bangkalan, yang terdiri dari MI, MTs, dan MA, memainkan peran penting dalam pembentukan karakter siswa dengan mengintegrasikan ilmu pengetahuan umum (IPTEK) dan keimanan (IMTAQ). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi. Pendekatan ini dipilih karena mampu memberikan gambaran mendalam mengenai praktik sehari-hari, interaksi sosial, dan budaya komunitas di madrasah. Data dikumpulkan melalui observasi partisipan, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Kurikulum yang digunakan bervariasi antara Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka, serta implementasi Sistem Kredit Semester (SKS) yang memungkinkan fleksibilitas dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa adaptasi kurikulum yang progresif dan strategi manajemen yang tepat, seperti analisis SWOT, menjadi kunci keberhasilan madrasah dalam menghadapi persaingan global dan menjaga eksistensinya. Tantangan yang perlu diatasi termasuk peran guru dan dukungan orang tua. Evaluasi berkala dan pelatihan bagi tenaga pendidik merupakan langkah penting dalam memastikan kualitas pendidikan di madrasah.

Keywords
Strategi; Pengembangan; Pendidikan; Madrasah;
  1. Abdullah. (2019). Modal Sosial Kepemimpinan Kiai dalam mengembangkan Pendidikan Pesantren di Bangkalan. In Disertasi. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.
  2. Aditya, G. Y. (2023). Mengapa Bangkalan Punya Julukan Kota Dzikir dan Sholawat? Begini Sejarah dan Alasannya. Https://Bangkalan.Pikiran-Rakyat.Com/.
  3. Alawiyah, F. (2014). Pendidikan Madrasah di Indonesia. Jurnal Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 5(1), 51–58.
  4. Amin, M. (2019). Pendidikan Islam Masa Penjajahan Belanda Dan Jepang. Jurnal Pilar, 10(2), 1–11.
  5. Bahri, S. (2019). Pendidikan Madrasah Berbasis 4.0 dalam Bingkai Manajemen Mutu. Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 5(1), 115–154. https://doi.org/10.32923/edugama.v5i1.962
  6. BPS Kabupaten Bangkalan. (2021). Kabupaten Bangkalan Dalam Angka 2021. 1–68.
  7. Buchari, A., & Saleh, E. M. (2017). Merancang Pengembangan Madrasah Unggul. Journal of Islamic Education Policy, 1(2), 95–112. https://doi.org/10.30984/j.v1i2.429
  8. Dakir, D., & Anwar, H. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Pesantren Sebagai Core Value; Dalam Menjaga Moderasi Islam Di Indonesia. Jurnal Islam Nusantara, 3(2), 495–517. http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/4203
  9. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI. (2021). Sejarah Pendidikan Islam Dan Organisasi Ditjen Pendidikan Islam. Pendis Kemenag.
  10. Handayani, T. (2008). Potensi dan Kendala Program Wajib Belajar Sembilan Tahun di Pesantren : Kasus di Kabupaten Bangkalan. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 6(3). https://doi.org/10.32729/edukasi.v6i3.129
  11. HM, S. H. (2016). Dinamika Madrasah dan Sistem Penyelenggaraan Pendidikan Islam Unggulan. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 143–173.
  12. Huda, K. (2016). Problematika Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam. Jurnal Dinamika Penelitian, 16(2). https://doi.org/10.21274/dinamika.2016.16.2.309-336
  13. Irwanto. (2023). Studi Deskriptif Peranan Bengkel Dan Laboratorium Di Pendidikan Vokasional. Vocational Education National Seminar, 34–39.
  14. MIN 2 Bangkalan. (2023). MIN 2 Bangkalan - Bangkalan, Jawa Timur. IDalamat.
  15. Mukhlasin, A., & Hidayat Pasaribu, M. (2020). Analisis Swot dalam Membuat Keputusan dan Mengambil Kebijakan Yang Tepat. Invention: Journal Research and Education Studies, 1(1), 33–44. https://doi.org/10.51178/invention.v1i1.19
  16. Muqorrobin, A. (2022). Partisipasi Masyarakat dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan Latifiyah Glagahwerokalisat Jember. Universitas Islam Negeri KH Achmad Siddiq Jember.
  17. Nurhadi, A. (2018). Perubahan Organisasi Bagi Pengelola Madrasah Dalam Menghadapi Persaingan Global Organizational Change for Organizer of Madrasah in Dealing With Global Competition. Al-Fikroh, 1(1), 16–27.
  18. Nurhayati, A. (2013). Fenomena Madrasah Pasca SKB 3 Menteri Tahun 1975 dan Implikasinya terhadap Dunia Pendidikan Islam. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2). https://doi.org/10.21274/taalum.2013.1.2.133-144
  19. Rofiq, M. H., & Nadliroh, N. A. (2022). Analisis Evaluasi Pembelajaran Aqidah Akhlak Dalam Sistem Kredit Semester Di Madrasah Tsanawiyah Cerdas Istimewa Amanatul Ummah. FATAWA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 70–92. https://doi.org/10.37812/fatawa.v2i1.269
  20. Rohani, A. (2022). Manajemen Pengembangan Program Unggulan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Malang. Ulul Amri: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.18860/uajmpi.v1i2.1119
  21. Rustam, M. (2023). Sambutan Kamad. MTS Negeri Bangkalan.
  22. Sakti, A. (2023). Meningkatkan Pembelajaran Melalui Teknologi Digital. Jurnal Penelitian Rumpun Ilmu Teknik (JUPRIT), 2(2), 212–219.
  23. Saputro, S. D. (2018). Studi Perbandingan Pendidikan Umum dan Agama di Kabupaten Bangkalan. Pamator Journal, 11(1), 32–41.
  24. Sartika, D., Kusen, K., Sumarto, S., & Darmansyah, R. (2024). Pengembangan Kurikulum di Madrasah Aliyah Ulul Albab Kota Lubuk Linggau. Dirasah : Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 18–28.
  25. Setiarini, N. I. (2021). Penerapan Kurikulumpendidikan Agama Islam (Pai) Melalui Sistem Kredit Semester (Sks)Di Sma Negeri 1 Ajibarang Banyumas.
  26. So’im, M. (2019). Respon Politik Pemuda Terhadap Hegemoni Dinasti Politik Kaum Sarungan Di Bangkalan Madura. In Tesis. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.
  27. Sobara, I. (2023). Kombinasi Hard Skills Dan Soft Skills Untuk Kesuksesan Program. December.
  28. Sulaeman, Z. M., Nurlaeli, A., & Ma’shum, S. (2024). Implemetasi Kurikulum Pusat Keunggulan Melalui Program Magang Industri di SMK 1 Cikarang Selatan. Indonesian Research Journal on Education, 4, 29–35.
  29. Sulaiman. (2017). Madrasah Digital. Jurnal Al-Makrifat, 2(1), 1–16.
  30. Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding Seminar Daring Nasional, 13–28.
  31. Tolchah, M. (2021). Dinamika Pendidikan Islam Minoritas.
  32. Zainullah, Z., & Sayyi, A. (2019). Dinamika Pendidikan Islam Multikultural Perspektif Tradisi dan Perkembangan Pesantren di Indonesia. Fikrotuna; Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 9(1), 1137–1159. http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/fikrotuna/article/view/3489

Full Text:
Article Info
Submitted: 2024-07-09
Published: 2024-07-11
Section: Artikel
Article Statistics: