Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Game Edukasi Pada Materi Perkalian Untuk Siswa Kelas III SD

Maharani Aprilia Larisa* -  Universitas Nusantara PGRI Kediri, Indonesia
Nurita Primasatya -  Universitas Nusantara PGRI Kediri, Indonesia
Abdul Aziz Hunaifi -  Universitas Nusantara PGRI Kediri, Indonesia

DOI : 10.24269/dpp.v12i1.9633

Matematika memiliki peran penting dalam perkembangan budaya modern. Hal tersebut dikarenakan semua ilmu pengetahuan lainnya memerlukan matematika. Namun masih banyak siswa yang mempunyai sikap negatif terhadap matematika.Upaya meningkatkan kebiasaan belajar untuk mengubah sikap negatif siswa terhadap matematika antara lain dengan memanfaatkan teknologi yang berkembang dengan menciptakan media pembelajaran dengan metode pembelajaran  interaktif. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menciptakan produk multimedia interaktif berbasis game edukasi pada materi perkalian yang valid, praktis dan efektif untuk siswa kelas III SD. Peneliti menggunakan model penelitian dan pengembangan ADDIE. Sementara itu, teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu campuran (analisis kualitatif dan kuantitatif). Mengenai metode kualitatif, data didapat melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. Sementara teknik analisis kuantitatif diperoleh melalui angket validasi, angket kepraktisan, dan soal evaluasi. Kevlidan produk  memperoleh skor rata-rata 88% dengan kategori “sangat valid”. Pada uji kepraktisan mendapatkan skor rata-rata 93% dengan kategori “sangat praktis”. Uji keefektifan mendapatkan skor rata-rata 92% dengan kategori “sangat efektif”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif berbasis game edukasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Keywords
Multimedia Interaktif; Game Edukasi; Matematika.
  1. Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
  2. Arsyad, A. (2014). Media pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
  3. Azizah, Asih Nur, ‘Pengembangan Media Pembelajaran … Pengembangan Media Pembelajaran …’, AL-Ahya, 01.01 (2019), 219–32
  4. Daryanto, D. (2013). Media pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
  5. Dewi, Santi Ratna, and Haryanto Haryanto, ‘Pengembangan Multimedia Interaktif Penjumlahan Pada Bilangan Bulat Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar’, Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9.1 (2019), 9
  6. Fahmi, F., ‘Pengembangan Media Games Education Dalam Pembelajaran Matematika’, 01.02 (2016), 215–26
  7. Fauziah, Meilisa, ‘Penerapan Prinsip Multimedia Pada Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Komposisi Foto Digital’, Naskah Publikasi Jurnal, 2016
  8. Hakim, A. R., & Windayana, H. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Eduhumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 4(2). Https://doi.org/10.17509/EH.V4I2.2827.G1848
  9. Handayani, Hanifah, Ni Luh, Sakinah Nuraini, and Goenawan Roebyanto, ‘Pengembangan Media Game PERSIK “ Perkalian Asik ” Pada Muatan Matematika Materi Perkalian Kelas II Sekolah Dasar’, 1.1 (2023), 1–18
  10. Hidayanto, Nur, ‘Pengembangan Media Interaktif…, Nur Hidayanto, FKIP, UMP, 2017’, 2012, 2013, 6–20
  11. Makmudah, F., ‘JURNAL PENDIDIKAN KHUSUS PENGEMBANGAN GAME BELATUNG ( BELAJAR BERHITUNG ) MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8 PADA MATERI PERKALIAN UNTUK ANAK TUNAGRAHITA RINGAN Diajukan Kepada Universitas Negeri Surabaya Untuk Memenuhi Persyaratan Penyelesaian Program Sarjan’, 2020, 1–6
  12. Novita, Resmi, ‘E-JUPEKhu’, September, 2014, 192–204
  13. Pangestu, Y., ‘PENGEMBANGAN GAME EDUKASI PERKALIAN MATEMATIKA’, 2022
  14. Paseleng, M. C., & Arfiyani, R. (2015). Pengimplementasian media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada mata pelajaran matematika di sekolah dasar. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 131–149. Https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i2.p131-149
  15. Pratiwi, Dini, and Universitas Muslim Nusantara Al-washliyah, ‘Pengembangan Media Interaktif Berbantuan Powerpoint Pada Materi Perkalian Di Kelas III Madrasah Ibtidaiah’, 1.2 (2021), 65–72
  16. Pratiwi, Nike, and Ery Tri Djatmika, ‘Media Pembelajaran Interaktif “ KERKABA ” Berbasis Game Edukasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Perkalian Dan Pembagian Bilangan Cacah’, 7.4 (2023), 518–26
  17. Rahayu, A. Candra. T., ‘Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Tematik Di SD’, 5.4 (2021), 2311–21
  18. Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta:Rajawali Pers.
  19. Sari, Dewi Purnama, ‘Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Mobile Learning Melalui Game Edukasi LACIKU Pada Materi Operasi Aljabar Sebagai Learning Exercise Bagi Siswa’, Seminar Nasional Pascasarjana, 2018, 1–181
  20. Sugiono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D Bandung: Alfabeta, 2013.
  21. Ulfa, Kurnia, ‘Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Microsoft Powertpoint Muatan Pelajaran Matematika Materi Perkalian Kelas III SDN 15 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya’, 3 (2023), 7111–21

Full Text:
Article Info
Submitted: 2024-06-22
Published: 2024-06-24
Section: Artikel
Article Statistics: