Pengaruh Metode Pembelajaran Role Playing Terhadap Profil Pelajar Pancasila Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar Guna Meningkatkan Hasil Belajar

Anisa Ayu Nabilah -  Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
Feri Tirtoni* -  Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia

DOI : 10.24269/dpp.v12i1.9391

Metode Role Playing berbasis project learning merupakan pendekatan yang bersifat kreatif dan interaktif untuk digunakan pada siswa Sekolah Dasar. Metode ini menggabungkan pembelajaran berbasis proyek dengan simulasi peran, di mana siswa akan memainkan peran tertentu dalam sebuah skenario atau situasi keterkaitan dengan materi yang dipelajari. Dengan tema Lelang Bandeng pada penelitian ini bertujuan untuk mengenalkan kepada peserta didik akan adanya kearifan lokal dari daerah setempat yang merupakan tempat domisilinya. Populasi penelitian ini adalah kelas IV B dan jumlah siswa sebanyak 25 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif eksperimen dengan menggunakan jenis Pre-Experimental  Design. Desain penelitian ini  menggunakan  jenis “One Group Pretest-Posttest”. Metode analisis pada data yang diaplikasikan ialah analisis deskriptif (mean, median, dan modus), uji normalitas, uji homogenitas. Penerapan hipotesis dihitung melalui Uji-t menggunakan ketentuan sampel  yang terkumpul serta terdistribusi normal dan serta sampel yang bersifat homogen dengan bantuanSoftwareSPSS versi 26. Hasil penelitian ini berupa hasil pretest dan posttest yang di analisis dengan menggunakan uji normalitas, serta menghasilkan data yang berdistribusi normal. Mengggunakan uji paired sample t test dengan nilai sig (2 tailed) sebesar 0.000 < 0.05, menunjukkan bahwa terjadi adanya pengaruh dan Ha diterima serta Ho ditolak. Selanjutnya pada uji N-Gain dapat dikategorikan sedang karena g ≤ 0.7. Dengan diberikannya wawasan baru terkait hal ini para peserta didik mengalami peningkatan pengetahuan yang dapat dilhat dari uji analisis diatas.

Keywords
Metode Role Playing; Kearifan Lokal; Hasil Belajar;
  1. Ananda, R. (2018). Peningkatan Pembelajaran Pkn Dengan Penerapan Metode Role-Playing Siswa Kelas Ii Sdn 003 Bangkinang Kota. Jurnal Basicedu, 2(1), 33–42. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i1.24
  2. Baihaqi, I., & Baihaqi, I. (2019). Pembelajaran Drama dengan Metode Role Playing Berbasis Project Learning bagi Mahasiswa PBSI Universitas Tidar. CaLLs (Journal of Culture, Arts, Literature, and Linguistics), 5(2), 83–94. http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/CALLS/article/view/2710
  3. Bastian, J. dan. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Karakter Siswa di Sekolah. DIRASAH: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar Islam, 5 (2), 138-151.
  4. Ibad, W. (2021). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 122–141.
  5. Iskandar, R. (2017). Menigkatkan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Melalui Metode Role Playing di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 135–144.
  6. Kasanah, S. A., Damayani, A. T., & Rofian, R. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Role Playing Berbantu Media Multiply Cards terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 529. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22308
  7. Leni Masnidar Nasution. (2017). Quaternization Kinetics. I. Some Pyridine Derivatives in Tetramethylene Sulfone. Journal Hikmah, 14(1), 1829–8419. https://doi.org/10.1021/ja01626a006
  8. Luviana, L., Harmoko, H., & Hajani, T. J. (2022). Pengembangan Media Tirai Sains Berbasis Model Role Playing Pada Pelajaran Ipa Di Sd Negeri 5 Srikaton. Jurnal Perspektif Pendidikan, 16(1), 1–8. https://doi.org/10.31540/jpp.v16i1.1518
  9. Mabruri, Z. K., & Aristya, F. (2017). Peningkatan Keterampilan Berbicara Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iv Melalui Penerapan Strategi Role Playing Sd N Ploso 1 Pacitan. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 1(2), 112–117. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v1i2.10
  10. Mahmudah, U., Ulwiyah, S., Fatimah, S., & Hamid, A. (2021). Transformasi Karakter Anak Berbasis Nilai-nilai Kearifan Lokal Melalui Tarian Tradisional: Pendekatan Bootstrap. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(1), 108. https://doi.org/10.20961/jdc.v5i1.51598
  11. MAISUARDI. (2020). Penerapan Model Bermain Peran (Role Playing) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Tema 7 Subtema Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan Kelas V Upt Sd Negeri 18 Baringin.
  12. Masyitoh, K. (2017). Lelang Bandeng Tradisional Di Kabupaten Sidoarjo Tahun 1969 - 2006. AVATARA, e-Journal Pendidikan Sejarah, 5(2), 260–272.
  13. Maulidia, R. (2014). ROBLEM MALAS BELAJAR PADA REMAJA (sebuah Analisis Psikologis) Rahmah. At-Ta’dib, 4(2), 129–144. https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/tadib/article/download/587/524
  14. Muchlis, A., Komara, E. S., Kartiwi, W., Nurhayati, N., Hendriana, H., & Hidayat, W. (2018). Meningkatkan Koneksi Matematis Siswa Smp Melalui Pendekatan Open-Ended Dengan Setting Kooperatif Tipe Nht. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 81–92. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol3no1.2018pp81-92
  15. Muhammad Subki, F. (2021). PENAFSIRAN QS. AL-HUJURAT [49] AYAT 13 TENTANG KESETARAAN GENDER DALAM AL-QUR’AN MENURUT QURAISH SMuhammad Subki, F. (2021). PENAFSIRAN QS. AL-HUJURAT [49] AYAT 13 TENTANG KESETARAAN GENDER DALAM AL-QUR’AN MENURUT QURAISH SHIHAB DAN SAYYID QUTHB (Studi Ko. Jurnal Imu Al Quran dan Tafsir, 4, 11–23.
  16. Nasrum, A. (2018). untuk Penelitian. UJI NORMALITAS DATA untuk PENELITIAN, 117.
  17. Rahim, A., & Dwiprabowo, R. (2020). Penerapan Metode Role Playing Pada Mata Pelajaran Ppkn Di Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2), 210–217. https://doi.org/10.37478/jpm.v1i2.651
  18. Santika, I. W. E. (2022). Penguatan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Bali dalam Membentuk Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(4), 1349–1358. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/6472/4851
  19. Susilowati, E. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 1(1), 115–132. https://doi.org/10.56436/mijose.v1i1.85
  20. Tihul, I. (2021). Asbab Nuzul Qs Al-Hujurat Ayat 13 (Sebuah Metodologis Pendekatan Pendidikan Multikultural). Jurnal Media Informasi dan Komunikasi Ilmiah, 3(2), 158–169.
  21. Warsono. (2022). Pendidikan Karakter dan Profil Pelajar Pancasila. Conference of Elementary Studies, 631–640.
  22. Yam, J. H., & Taufik, R. (2021). Hipotesis Penelitian Kuantitatif. Perspektif : Jurnal Ilmu Administrasi, 3(2), 96–102. https://doi.org/10.33592/perspektif.v3i2.1540

Full Text:
Article Info
Submitted: 2024-05-27
Published: 2024-07-11
Section: Artikel
Article Statistics: