Pengembangan Media Pop-Up Book Digital Pembelajaran PPKn Materi Negeriku Indonesia Kelas IV SDN 102017 Sei Rampah

Aisyah Aisyah* -  Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia
Irfan Dahnial -  Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia

DOI : 10.24269/dpp.v12i0.9276

Buku pop-up digital yang dikembangkan pada studi ini sebagai media belajar interaktif yang menggabungkan unsur buku popup dengan teknologi digital. Studi ini berfokus pada pengembangan buku pop-up digital materi “Negeriku Indonesia” di kelas IV SDN 102017 Sei Rampah. Studi ini bermaksud mengembangkan media digital yang disebut Pop-Up Book Digital menggunakan Microsoft Powerpoint. Studi ini memakai model 4D tahap Define, Design, Development, dan Dissiminate telah dimodifikasi menjadi 3D. Sejalan temuan studi, validitas media adalah 94%, validitas material adalah 80%, dan validitas bahasa adalah 100% serta dianggap valid. Temuan tampak bahwa buku pop-up digital sangat cocok diterapkan saat belajar Pembelajaran PPKn di kelas.

Keywords
Pengembangan Media, Pop-Up Book Digital, Sekolah Dasar.
  1. Alzanaa, A. W., & Harmawati, Y. (2021). Pembelajaran PPKn sebagai pendidikan multikultural di era perkembangan digital. Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan,
  2. Amalia, Noor, And Ervina Eka S. 2023. Menaikan Hasil Belajar PPKn Materi Negaraku Indonesia dengan Menerapkan Model Problem Based Learning pada Kelas IV SDN 01 Samirejo Kudus.
  3. Anggraeny, Devie, Dina Aulia Nurlaili, And Rachil Amalia Mufidah. 2020. Teknologi Digital dalam Belajar di SD. Fondatia
  4. Azizah, L., & Alnashr, M. S. (2022).Mengembangkan bahan ajar berbasis kearifan lokal guna menaikan hasil belajar kognitif siswa. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD
  5. Diyantari, Ida Ayu Ketut Dewi, Ngurah Wiyasa, And Surya Manuaba. 2020. Model Snowball Throwing Pop-Up Book Alternatif untuk Menaikan Kecakapan Pengetahuan IPA Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru
  6. Erica, S. (2021). Pengembangan Media Pop Up Book PKn Sekolah Dasar pada era digital. Kemampuan: Jurnal Pendidikan dan Analisis Sosial
  7. Fajriah, Ahda Aulia, Halimatu Sadiah, And Dede Indra Setiabudi. 2022. Media Belajar Pop-Up Book sebagai alternatif dalam menaikan hasil belajar.
  8. Habibi, CD, & Setyaningtyas, EW (2021). Mengembangkan Media Pop-Up Book sebagai alternatid dalam upaya Pemecahan Masalah Belajar Bangun Ruang Kubus dan Balok Kelas V SD. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika
  9. Jufri, J., La Fua, J., & Nurlila, R. U. 2019. Pendidikan Lingkungan SDN 1 Baruga Kota Kendari . . Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan
  10. Junaedi, Ifan. 2019. Belajar Yang Efektif. Journal Of Information System, Applied, Management, Accounting And Research
  11. Khamidah, Anis, And Norma Ita Sholichah. 2022. Digital PopUp Learning Media For Early Childhood Cognitive.
  12. Kholik, Nur. 2017. Peranan Sekolah:Lembaga Pengembangan. Jurnal Tawadhu
  13. Magdalena, I., Hidayah, A., & Safitri, T. (2021). Analisis Kecakapan Siswa di Ranah Kognitif, Afektif, Psikomotorik Siswa Kelas II B Sdn Kunciran 5 Tangerang. Nusantara
  14. Mahmudi, A., Sulianto, J., & Listyarini, I. (2020). Tautan perhatian orang tua terhadap hasil belajar kognitif siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran
  15. Maydiantoro, Albert. 2020. Model Kajian Pengembangan. Chemistry Education Review (CER)
  16. Mukholifah, M., Tisngati, U., & Ardhyantama, V. (2020). Mengembangkan media belajar wayang karakter pada belajar tematik. Jurnal Inovasi Kajian
  17. Nabila, S., Adha, I., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Media Belajar Pop Up Book Berbasis Kearifan Lokal Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal basicedu
  18. Nurgiansah, T. H. (2021). Pembelajaran PPKn sebagai upaya membentuk karakter jujur. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha
  19. Oktaviana, D., Prihatin, I., & Fahrizar, F. (2020). Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Contextual Teaching And Learning Dalam Pencapaian Kecakapan Pemecahan Masalah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika ,
  20. Pendidikan, Pengertian. 2022. Jurnal Pendidikan dan Konseling. 4:7911–15.
  21. Puspita, AMI, & Setyaningtyas, D. (2022). Pengembangan media pop-up book berbasis kearifan lokal sebagai penguatan pendidikan karakter gotong royong. Jurnal Educatio FKIP UNMA
  22. Syofyan, H. (2020). Pengembangan Media Pop-Up Book IPA di SD. Jurnal Pendidikan Dasar
  23. Ulfa, MS, & Nasryah, CE (2020). Pengembangan Media Belajar Pop–Up Book Untuk Menaikan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD. Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan
  24. Yuanta, Friendha. 2020. Pengembangan Media Video Belajar IPS Siswa SD Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar
  25. Yuniarti, N., Degeng, I. N. S., & Sitompul, N. C. (2020). Pengembangan Perangkat Belajar Materi Vektor Berbasis Elektronik. Edcomtech

Full Text:
Article Info
Submitted: 2024-05-15
Published: 2024-06-14
Section: Artikel
Article Statistics: