Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Android untuk Meningkatkan Sikap Peduli Lingkungan

Achemat Saefudin* -  Universitas Sebelas Maret, Indonesia
Abdul Haris Setiawan -  Universitas Sebelas Maret, Indonesia
Fatma Sukmawati -  Universitas Sebelas Maret, Indonesia

DOI : 10.24269/dpp.v11i1.8132

Kurangnya sikap peduli lingkungan menjadi sangat penting untuk mencegah kerusakan lingkungan. Seiring berkembangnya teknologi, cara mengajarkan sikap semakin berinovasi, contohnya dengan bantuan video animasi berbasis android. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video animasi berbasis android untuk meningkatkan sikap kepedulian lingkungan. Studi ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah 32 peserta didik kelas 5 SDN Malo, Bojonegoro. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner penilaian video animasi dan sikap peduli lingkungan. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video animasi berbasis android sangat layak untuk diimplementasikan dalam pembelajaran dengan tujuan meningkatkan sikap peduli lingkungan berdasarkan penilaian ahli materi (92,65%), ahli media (84%), guru (94,80%), dan peserta didik (91,30%). Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan video animasi berbasis android dapat meningkatkan sikap peduli lingkungan dengan penyampaian informasi dan konsep-konsep lingkungan yang menarik dan mudah dimengerti. Hasil penelitian ini dapat menjadi pertimbangan untuk mengintegrasikan teknologi dan inovasi pembelajaran lainnya untuk meningkatkan aspek-aspek lainnya di lingkungan sekolah maupun luar sekolah.
Keywords
Video animasi; android; sikap; peduli lingkungan
  1. Afridzal, A. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Media Gambar Dan Video Animasi Pada Materi Karangan Deskripsi Di Kelas III Sd Negeri 28 Banda Aceh. Jurnal Tunas Bangsa, 5(2), 231.
  2. Afriyeni, Y. (2018). Pembentukan Karakter Anak Untuk Peduli Lingkungan Yang Ada Di Sekolah Adiwiyata Mandiri SDN 6 Pekanbaru Yeni Afriyeni Sekolah Tinggi Persada Bunda Pekanbaru. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2).
  3. Anisa, Y., Malik, M., Putri, T. O. D. S., Hafiz, M., & Novita, N. (2023). Animaker Animation Video Design as a Digital-Based Learning Media with the Theme of Comparison and Scale in Elementary School. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 184–196. https://doi.org/10.51276/edu.v4i1.328
  4. Dewi, F. F., & Handayani, S. L. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi En-Alter Sources Berbasis Aplikasi Powtoon Materi Sumber Energi Alternatif Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2530–2540. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1229/pdf
  5. Hakim, M. L. (2019). Development Of Video Media In The History Of Islamic Culture History. Jurnal Pedagogik, 06(02), 302-331. http://repository.iainkediri.ac.id/513/
  6. Harianti, N. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar Negeri No 99/I Benteng Rendah Kecamatan Mersan Kabupaten Batanghari. Artikel Skripsi: Jurnal Penelitian Universitas Jambi. https://repository.unja.ac.id/2190/
  7. Ismail, M. J. (2021). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan Menjaga Kebersihan di Sekolah. Guru Tua : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 59-68. https://unisa-palu.e-journal.id/gurutua/article/download/67/52
  8. Kilbanne, C. R., & Milan, N. B. (2014). Teaching Models: Designing instruction for Models 21st century Learners. In Pearson.
  9. Kurniawan, T. A., Liang, X., O’Callaghan, E., Goh, H. H., Othman, M. H. D., Avtar, R., & Kusworo, T. D. (2022). Transformation of solid waste management in China: moving towards sustainability through digitalization-based circular economy. Sustainability, 14(2022), 2374. https://doi.org/10.3390/su14042374
  10. Kurniawan, T. A., Meidiana, C., Othman, M. H. D., Goh, H. H., & Chew, K. W. (2023). Strengthening waste recycling industry in Malang (Indonesia): Lessons from waste management in the era of Industry 4.0. Journal of Cleaner Production, 382(2023), 135296. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2022.135296
  11. Lestari, D. E. (2019). Peran Media Visual Dalam Membangun Karakter Peduli Lingkungan Anak Usia Dini Di Ra Al-Hikmah Kota Jambi. Jurnal Audi: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi Paud, 4(1), 122–134. http://Ejurnal.Unisri.Ac.Id/Index.Php/Jpaud/Article/View/3305
  12. Marpa, E. P. (2020). Navigating Environmental Education Practices to Promote Environmental Awareness and Education. International Journal on Studies in Education, 2(1), 45-57.
  13. Miranda, D. (2019). Pengembangan Video Animasi Berbasis Karakter Cinta Tanah Air Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 11(2), 12. https://Doi.Org/10.26418/Jvip.V11i2.32565
  14. Octaviani, F. R., Murniasih, A. T., Dewi, D. K., & Agustina, L. (2020). Apersepsi Berbasis Lingkungan Sekitar sebagai Pemusatan Fokus Pembelajaran Biologi Selama Pembelajaran Daring. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 2(2), 8-17. https://journals.ums.ac.id/index.php/bppp/article/view/13792/6534
  15. Patriana, W. R. (2020). New Enviromental Paradigma (Nep) Dalam Mengukur Kesiapan Berperilaku Ramah Lingkungan Pada Sekolah Adiwiyata Di Ponorogo. Journal of Social Science and Education, 1(1). https://doi.org/10.21154/asanka.v1i1.1941
  16. Purnama, S., Izhar, S., & Fatmawati. (2015). Penerapan pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Kegiatan Osis di SMA Negeri 9 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4 (01): 3. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/8890/8831
  17. Shofiyyah, W., & Qohar, A. (2022). Developing Video-Based Learning Media with Problem-Based Learning Approach on Pythagorean Theorem Topic . Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(3), 252–272. https://doi.org/10.51276/edu.v3i3.277
  18. Sukma, E., Ramadhan, S., & Indriyani, V. (2020). Integration of environmental education in elementary schools. Journal of Physics: Conference Series, 1481(012136). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1481/1/012136
  19. Sukma, F. M., Ratnaningsih, A., & Suyoto, S. (2022). Development of Learning Videos Based on Constructivistic Learning Theory on the Theme of 8 Areas I Live in Grade IV Elementary School. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(2), 157–167. https://doi.org/10.51276/edu.v3i2.255
  20. Supriyono. (2022). Bahan Ajar Research and Development in Education: Model Borg & Gall Semester Genap 2022. Conference: Virtual Class Balitar Islamic University. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.10113.94566
  21. Susilo, A., & Mareta, W. (2021). Video Animasi Sebagai Sarana Meningkatkan Semangat Belajar Mata Kuliah Media Pembelajaran di STKIP PGRI Lubuklinggau. Jurnal Eduscience, 8(1), 30–38. https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/eduscience/article/view/1972/1817
  22. Tenia Kurniawati, Punadji Setyosari, D. K. (2019). Strategi Pembelajaran Nilai Karakter Mandiri Berbantuan Video Animasi Untuk Paud. 5(2), 63–68.
  23. Türkoğlu, B. (2019). Opinions of Preschool Teachers and Pre-Service Teachers on Environmental Education and Environmental Awareness for Sustainable Development in the Preschool Period. Sustainability, 11(18), 4925. https://doi.org/10.3390/su11184925
  24. Valentina, N. P. D., & Sujana, I. W. (2021). Video Pembelajaran Animasi Berbasis Role Playing Tema Profesi Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 231. https://Doi.Org/10.23887/Paud.V9i2.35640
  25. Wibawanto, H., & Roemintoyo. (2020). The learning method of society 5.0 during new normal in Indonesia: Case Study: Vocational Highschool in Surakarta, Indonesia. ACM International Conference Proceeding Series. https://doi.org/10.1145/3452144.3452196
  26. Wulandari, T., Karyanto, P., & Prayitno, B. A. (2019). Pengembangan Subject Spesific Pedagogy Berbasis PBL pada Materi Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Untuk Penguatan Sikap Peduli Lingkungan Siswa SMP. Bio-Pedagogi: Jurnal Pembelajaran Biologi, 8(1), 44-51. https://doi.org/10.20961/bio-pedagogi.v8i1.35550

Full Text:
Article Info
Submitted: 2023-11-05
Published: 2023-12-30
Section: Artikel
Article Statistics: