Representasi Kemampuan Pemahaman Konsep Trigonometri Analitik Siswa dengan Pengimplementasian Model Discovery Learning

Muji Herini -  SMAN 1 Babadan Ponorogo, Indonesia
Wahyudi Wahyudi* -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia
Nurul Hidayati -  SMAN 1 Babadan Ponorogo, Indonesia
Sumarno Sumarno -  SMAN 1 Babadan Ponorogo, Indonesia
Sabekti Trinuryono -  SMAN 1 Babadan Ponorogo, Indonesia

DOI : 10.24269/dpp.v11i1.6551

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa dengan mengimplementasikan model pembelajaran discovery learning pada materi trigonometri analitik. Dasar pada penelitian ini adalah siswa beranggapan bahwa materi trigonometri analitik merupakan materi yang sulit, sehingga susah  untuk  dipahami. Dampaknya, siswa  sering  melakukan kesalahan saat  menyelesaikan masalah  yang berkaitan dengan materi trigonometri analitik. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah 18 siswa kelas XI MIPA 4 SMAN I Babadan Ponorogo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa meningkat 19,96% setelah diterapkan model pembelajaran discovery learning. Siswa juga melakukan pengalaman belajar dan guru sebagai fasilitator saat kegiatan pembelajaran, sehingga pemahaman konsep matematisnya menjadi lebih baik.

Keywords
Pemahaman konsep, Matematis, Discovery Learning, Trigonometri Analitik.
  1. Andriani, T., Suastika, I. K., & Sesanti, N. R. (2017). Analisis Kesalahan Konsep Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Kelas X TKJ SMKN 1 Gempol Tahun Pelajaran 2016/2017. PI: Mathematics Education Journal, 1(1), 34–39.
  2. Damayana, R., Andinasari, A., & Lusiana, L. (2019). Peningkatan Pemahaman Konsep Peluang Melalui Model Discovery learning. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 22(2), 223–232.
  3. Dharmayasa, I., Arya, P., & Vijaya, D. P. (2020). Penulisan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru SD. Proceeding Senadimas Undiksha, 990–997.
  4. Ghozali, M., Noer, S. H., & Gunowibowo, P. (2018). Pengaruh Model Discovery learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 6(5).
  5. Gusmania, Y., & Agustyaningrum, N. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Trigonometri. Jurnal Gantang, 5(2), 123–132.
  6. Harisuddin, M. I. (2020). Penerapan Discovery learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMPN 1 Pagaden. E-Jurnal Mitra Pendidikan, 4(2), 52–61.
  7. Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa (Vol. 7). Refika Aditama.
  8. Imayati, I. (2018). Peranan Model Pembelajaran Discovery learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Matematis Dan Disposisi Matematis. Jurnal Mathematic Paedagogic, 3(1), 9–18.
  9. In’am, A. (2009). Peningkatan Kualitas Pembelajaran melalui Lesson Study Berbasis Metakognisi. Jurnal Salam, 12(1).
  10. Inayatusufi, C., el Hakim, L., & Sari, P. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis melalui Model Kooperatif Tipe Scramble dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Segiempat dan Segitiga di Kelas VII. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 2(1), 28–37.
  11. Izza, A. Z., Istikhoirini, E., Putriningsih, E., & Khamidah, N. (2021). Model Discovery learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas X Materi Trigonometri. Prosiding Sendika Vol.7 No.2, 7(2).
  12. Junus, A. (2021). Efforts to Improve Student Understanding and Learning Outcomes through the Discovery learning Learning Model. Pinisi Business Administration Review, 3(1), 1–8.
  13. Kesumawati, N. (2008). Pemahaman Konsep Matematik dalam Pembelajaran Matematika. Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika Vol.2 No.3, 2(3), 231–234.
  14. Maifi, Y. K., & Ahmad, A. (2021). Students’ Understanding Of Mathematical Concepts and Their Self-Confidence Through A Discovery learning Model. Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1882, No. 1), 1882(1), 12081.
  15. Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP daalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery learning). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1).
  16. Miaz, Y., Zuardi, Z., & Putera, R. F. (2020). Pelatihan Penulisan Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru Sekolah Dasar. Publikasi Pendidikan, 10(1), 19–25.
  17. Mulyawati, R., & Fitriani, N. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Siswa Kelas XI Semester 1 SMA PGRI 1 Purwakarta. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(5), 517–528.
  18. Nurmiati, B. (2020). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Mengoptimalkan Penerapan Model Discovery learning di SD Negeri 2 Cakranegara. Jurnal Paedagogy, 6(1), 1–7.
  19. Purwaningrum, J. P. (2016). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Discovery learning Berbasis Scientific Approach. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(2).
  20. Purwanti, R. D., Pratiwi, D. D., & Rinaldi, A. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbatuan Geogebra Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 115–122.
  21. Rahayu, P., Mulyani, S., & Miswadi, S. S. (2012). Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Base Melalui Lesson Study. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 63–70.
  22. Safriyaningsih, L., & Ngazizah, N. (2021). Kaitan Discovery learning dengan Hands on Minds on Siswa. Seminar Nasional Pendidikan Dasar (Vol. 3), 3.
  23. Sapilin, S., Adisantoso, P., & Taufik, M. (2019). Peningkatan Pemahaman Konsep Peserta Didik dengan Model Discovery learning Pada Materi Fungsi Invers. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 285–296.
  24. Setyaningrum, V. F., Hendikawati, P., & Nugroho, S. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep dan Kerja Sama Siswa Kelas X Melalui Model Discovery learning. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika , 1, 810–813.
  25. Simarmata, S. M., Sinaga, B., & Syahputra, H. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa dalam Penerapan Model Discovery learning Berbantuan Matlab. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 692–701.
  26. Sinatra, Y. (2014). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Discovery learning. Sinteks: Jurnal Teknik, 3(1).
  27. Suendarti, M., & Liberna, H. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Perbandingan Trigonometri Pada Siswa SMA. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(2), 326–339.
  28. Sugiyanto, S., & Wicaksono, A. B. (2020). Penerapan Model Discovery learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMA pada Kompetensi Pertidaksamaan Rasional dan Irasional. Indonesian Journal of Education and Learning, 3(2), 354–359.
  29. Susilo, H. (2013). Lesson Study Sebagai Sarana Meningkatkan kompetensi Pendidik. In Seminar dan Lokakarya PLEASE (pp. 28–34).
  30. Trianingsih, A., Husna, N., & Prihatiningtyas, N. C. (2019). Pengaruh Model Discovery learning terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Persamaan Lingkaran di Kelas XI IPA. Variabel, 2(1), 1–8.
  31. Wahjudi, E. (2015). Penerapan Discovery learning Dalam Pembelajaran IPA Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX-I di SMP Negeri 1 Kalianget. Jurnal Lensa, 5(1), 1–15.
  32. Yanti, R. A., Nindiasari, H., & Ihsanudin, I. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dengan Pembelajaran Daring. Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 1(3), 245–255.
  33. Yudha, C. B., & Rahmad, I. N. (2020). Pelatihan Penulisaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Pada Guru SDN Cibitung Kulon 01 Bogor. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 20–23.
  34. Zumira, L., & Yeniningsih, T. K. (2015). Pembelajaran Seni Musik dengan Menggunakan Model Discovery learning (Kurikulum 2013) di Kelas VIII SMP Negeri 1 Bireuen. Serambi Tarbawi, 3(2).

Full Text:
Article Info
Submitted: 2023-01-17
Published: 2023-02-08
Section: Artikel
Article Statistics: