BERBAGAI PENDEKATAN DALAM PENDIDIKAN NILAI DAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Sutrisno Asyafiq* -  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia

DOI : 10.24269/dpp.v4i1.56

Pendidikan nilai adalah pendidikan yang menyosialisasikan dan menginternalisasikan nilai-nilai dalam diri individu. Pendidikan Kewarganegaraan merupakan pengembangan dari pendidikan nilai, yakni pendidikan yang mensosialisasikan dan menginternalisasikan nilai-nilai Pancasila dan budaya bangsa seperti terdapat dalam setiap kurikulum Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Pendidikan nilai dan pendidikan kewarganegaraan tentunya sangat diperlukan dalam upaya membangun generasi muda yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, mempunyai keahlian di bidangnya, dan berkarakter.  Perubahan dasar dari negara berkembang menjadi negara maju dalam bidang pendidikan tentu memperlukan pendekatan efektif dan evisian dengan pola pembelajaran yang menarik. Kepribadian bangsa akan terbentuk mana kala mampu merumuskan konsep dasar yang seimbang antara pendidikan nilai dan pendidikan kewarganegaraan. Dengan demikian perlu beberapa model pendekatan yang perlu dilakukan dalam upaya membangun kepribadian bangsa dengan penaman nilai-nilai dasar kehidupan melalu pendidikan nilai dan pendiddikan kewarganegaraan
Keywords
Pedekatan, Pendidikan Nilai dan Pendidikan Kewarganegaraan
  1. Azzet, A.M. 2011. Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
  2. Amin, Z.L. 2010. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Universitas Terbuka
  3. Dinn Wahyudi, Abduhak Ishak, Supiadi. 2006. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka
  4. Edi Saputra. Eksistensi PKn Sebagai Pendidikan Nilai dalam Membangun Karakter Bangsa. TINGKAP Vol. VIII No. 2 Th. 2012
  5. Mukminan. 2003. Pembelajaran Tuntas (mastery Learning). Departemen Pendidikan Nasional, Ditjen Dedasmen, Direktorat PLP, Jakarta.
  6. Nasution. 2005. Berbagai pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara
  7. Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20, Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional
  8. Republik Indonesia. (1945). UUD 1945 BAB XIII Pendidikan Pasal 31 Ayat 3
  9. Zakiyah, Q.Y & Rusdiana. Pendidikan Nilai Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: CV Pustaka Setia
  10. Zamroni. 2000. Paradigma Pendidikan Masa Depan. Jogjakarta: Bigraf Publissing

Full Text:
Article Info
Submitted: 2016-03-05
Published: 2016-03-05
Section: Artikel
Article Statistics: