Analisis Kecemasan pada Proses Keterampilan Berbicara Peserta Didik Tingkat I pada Mata Kuliah Bahasa Inggris

Risqi Ekanti Ayuningtyas Palupi* -  D4 Manajemen Penanggulangan Bencana Politeknik AKBARA, Indonesia
Budi Purwanto -  D4 Manajemen Penanggulangan Bencana Politeknik AKBARA, Indonesia
Sutriyono Sutriyono -  D4 Manajemen Penanggulangan Bencana Politeknik AKBARA, Indonesia

DOI : 10.24269/dpp.v10i2.5235

ABSTRAK

 

Bahasa menghabiskan bidang umum utama untuk komunikasi, oleh karena itu penting bahwa keterampilan komunikasi mengambil bagian dalam belajar bahasa. Berbicara adalah bagian dari pelajaran bahasa Inggris baik di tingkat dasar hingga tingkat perguruan tinggi pada saat ini. Perkembangan dan percepatan teknologi juga menuntut semua orang untuk bisa berkomunikasi dan berbahasa internasional, dalam hal ini Bahasa Inggris dengan baik dan lancar. Namun, untuk membuat peserta didik berbicara dalam bahasa Inggris tidak selalu mudah dan mungkin ada beberapa alasan berbeda mengapa hal ini terjadi. Salah satu alasan yang mungkin adalah kecemasan berbicara dan pengaruhnya terhadap pemerolehan bahasa kedua, dalam hal ini Bahasa Inggris. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kecemasan berbicara peserta didik ketika mereka berada di sesi berbicara pada saat pembelajaran Bahasa Inggris. Studi ini terutama didasarkan pada hasil wawancara dan observasi pada mahasiswa tingkat 1, Program Studi DVI Manajemen Penanggulangan Bencana dan DVI Bisnis Digital, Politeknik Akbara Surakarta. Adapun penelitian ini dilaksanakan pada semester 1 tahun akademik 2021/2022. Dari hasil penelitian ini, dapat dipaparkan bahwa kecemasan berbicara dapat menghambat peserta didik untuk berani berbicara dan pada akhirnya memberikan efek negatif pada keterampilan lisan. Studi ini juga menunjukkan bahwa kecemasan berbicara bukanlah masalah yang diprioritaskan di sekolah, alasannya bisa jadi kecemasan berbicara tidak dilihat sebagai masalah dalam pengajaran bahasa karena dapat dianggap sebagai kesulitan sosial. Untuk mendorong berbicara di kelas, penting untuk mengupayakan suasana yang menyenangkan di mana setiap peserta didik dapat merasa santai dan termotivasi untuk berkomunikasi secara lisan.

Keywords
Kecemasan, keterampilan berbicara
  1. Abood, Mohammad H & Abu-Melhim Abdel-Rahman H, “The Effectiveness of Group Counseling in Reducing Anxiety for Jordanian EFL Learners”, Journal of Language Teaching and Research, Examining. Vol. 6, No. 4, pp. 749-757, July 2015.
  2. Al-Khasawneh, F.M., “Investigating foreign language learning anxiety: a case of Saudi undergraduate EFL learners”, Journal of Language and Linguistic Studies, Vol. 12, No 1, 2018, pp. 137-148.
  3. Al-Wossabi, Sami, “Speaking in the Target Language”, Journal of Language Teaching and Research, Issues and Considerations. Vol. 7, No. 5, 2016, pp. 886-893.
  4. Bashir, Marriam., Azeem, Muhammad., & Dogar, Ashiq Hussain. “Factor Effecting Students’ English Speaking Skills”, British Journal of Arts and Social Sciences. Vol. 2, No. 1, 2011, pp. 34-50.
  5. Bekti, Nila Setiya, “A descriptive study on teaching speaking at the eleventh grade of sma negeri 1 purwantoro in 2015/2016 academic year”, unmuh ponorogo, 2016.
  6. Doğan, C., “self-efficacy and anxiety within an EFL context”, Journal of Language and Linguistic Studies, Vol. 12, No. 2, pp. 54-65, 2016.
  7. Ghoonsoly, Behzad & Amiri, Mostafa, “The Relationship between English Learning Anxiety and the Students' Achievement on Examinations”, Journal of Language Teaching and Research, Vol. 6, No. 4, pp. 855-865, 2015.
  8. Horwitz and Cope, Foreign Language Classroom Anxiety. Behalf: Blackwell Publishing, 1986.
  9. Juhana, “Psychological Factors That Hinder Students Form Speaking in English Class (A Case Study in a Senior High School in South Tanggerang, Banten, Indonesia)”, IISTE Journal of Education and Practice, Vol 3, No 12, 2012.
  10. Nazara, Situjuh. “Students’ Perception of EFL Speaking Skill Development”, Journal of English teaching, Vol. 1 No. 1.28-4, 2012.
  11. Oh, S. Y., “Research on the development of evaluation tools for primary school students’ English speaking skills”, Journal of Pan-Pacific Association of Applied Linguistics, Vol. 11, No. 1, pp. 35–47, 2007.
  12. Öztürk, G., & Gürbüz, N., “Speaking anxiety among Turkish EFL learners: The case at a state university”, Journal of Language and Linguistic Studies, Vol. 10, No. 1, pp. 1-17, 2014.
  13. Sener, Sabriye, “International Periodical for the Languages”, Literature and History of Turkish or Turkic, Vol. 10, No. 3, pp. 875-890, 2015.
  14. Spielmann, G., & Radnofsky, M. Lin, “Learning a language under tension: New directions from a qualitative study, “The Modern Language Journal, Vol. 85, No.2, pp. 259-278, 2001.
  15. Tanveer, M, “Investigations of the factors that cause language anxiety for ESL/EFL learners in learning speaking skills and the influence it casts on communication in the target language (Unpublished master’s thesis)”, University of Glasgow, Scotland, (2007).
  16. Tianjin Tianjin, Wang, “Speaking Anxiety: More of a Function of Personality than Language Achievement”, Chinese Journal of Applied Linguistics (Bimonthly), Vol. 33 No. 5, 2010.
  17. Torky, Shiamaa Abd EL Fattah, The Effectiveness of a Task-Based Instruction Program in Developing the English Language Speaking Skills of Secondary Stage Students, 2006.
  18. Woodrow, Lindy, “Anxiety and Speaking English as a Second Language, Vol. 37, No. 3, pp. 308-328, 2006.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2022-06-06
Published: 2022-07-08
Section: Artikel
Article Statistics: