Peranan Soft Skill dan Minat Baca Terhadap Kemampuan Menulis Eksposisi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
DOI : 10.24269/dpp.v5i2.464
Penelitian ini menjelaskan peranan Soft Skill dan Minat baca terhadap kemampuan Menulis Eksposisi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI A dan XI B SMA Al-Ikhlas Kota Bekasi,sebanyak 44 siswa. Metode penelitian ini memakai analisis statistik deskriptif. Pengolahan data dengan memakai SPSS 22 . Teknik pengambilan data memakai Sampel Random Sampling . Pengumpulan data melalui wawancara, angket dan Tes.
Soft Skill dapat mempengaruhi kemampuan Menulis. Kemampuan menulis Eksposisi tergambar siswa yang mempunyai soft skill katagori baik sebesar 45.5%.19 siswa katagori cukup (43.1 %) dan siswa katagori kurang sebanyak 5 siswa (11.4%). Siswa yang mempunyai minat baca katagori baik sebanyak 11 siswa (25 %), 4 siswa katagori cukup (9.1 %) dan 29 siswa kategori kurang (65,9%). Pada kemampuan menulis siswa yang mempunyai kemampuan menulis katagori baik sebanyak 18 siswa (41 %) , cukup sebanyak 13 siswa (29.5 %) dan kurang sebanyak 13 siswa ( 29,5%).
- Aman Saleh Mohd, (2016) Memaksimalkan Potensi Soft skill X Factor Dalam Diri
- Jakarta
- Chen Victoria Febe ,(2013), Soft Skill for Success : Pandai Membawa Diri di Dunia Kerja,BIP .Jakarta.
- Klauss Peggy,(2014) Jangan Anggap Sepele Soft Skill, Jakarta. Libri
- Putra Sareb Masri R (2008), Menumbuhkan minat baca. Jakarta PT Indeks
- Pramesti Getut, (2016) Panduan Lengkap SPSS 22.Jakarta. Elekmedia Komputindo
- Zaman Saeful (2013),Buku Pintar Soft Skill,Jakarta PT Dwitama Asrimedia
- Jurnal
- Sutrisno dan Adjib Karjanto, (2014) Peningkatan Soft Skill dan Prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Metodologi Penelitian melalui Pembelajaran Model Learning Community. Jurnal Vol.37 No.1, 25-38
- Internet
- http:edukasi.kompas.com/read/2016/08/29/07175131/minat.baca.indonesia.ada.
- di.urutan.ke-60.dunia diakses pada tanggal 26 Oktober 2016