PENGARUH METODE BRAINSTORMING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF
DOI : 10.24269/dpp.v4i2.199
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruhmetode Brainstorming terhadap motivasi dan hasil belajar pada pembelajaran tematik integratif bagi peserta didik kelas IV MIN Demangan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu, dengan desain pretest-posttest with nonequivalent groups . Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MIN Demangan, Kota Madiun, Propinsi Jawa Timur semester II tahun ajaran 2014/2015. Pengambilan sampel dengan cara acak diambil dua kelas yang masing masing terdiri dari kelompok eksperimen berjumlah 33peserta didik dan kelompok kontrol berjumlah 33 peserta didik. Pretest dan Posttest digunakan untuk mengukur motivasi dan hasil belajar peserta didik. Validitas dan reliabilitas instrumen dihitung dengan program SPSS 17.00 for windows. Analisis data menggunakan statistik uji independent t untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran yang meliputi metode brainstorming pada kelas eksperimen dan metode konvensional pada kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan metode brainstorming terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik MIN Demangan pada sub tema kebersamaan dalam keberagaman. Terbukti dari hasil uji-t dengan signifikansi 0,000 pada kelompok eksperimen, artinya metode brainstorming mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar sub tema kebersamaan dalam keberagaman peserta MIN Demangan.