BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN PONOROGO TAHUN ANGGARAN 2013 DALAM MEMENUHI STANDAR PELAYANAN MINIMAL PENDIDIKAN

Subangun .* -  01065821460, Egypt

DOI : 10.24269/dpp.v3i1.141

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi pemanfaatan dana BOS sekolah dasar di Kecamatan Ponorogo Tahun Anggaran 2013 dalam memenuhi standar pelayanan pendidikan.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, studi dokumentasi, dan wawancara. Adapun teknik analisis data dilakukan dengan teknik kajian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa impelementasi pemanfaatan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sekolah dasar di Kecamatan Kota Kabupaten Ponorogo Tahun Anggaran 2013 belum sepenuhnya memenuhi standar pelayananminimal pendidikan. Capaian standar pelayanan minimal (SPM) pendidikan di Kecamatan Ponorogo yang belum memenuhi SPM antara lain penyediaan buku teks, pemenuhan jam kerja, penerapan KTSP terutama guru yang melaksanakan pembelajaran sesuai dengan RPP pengembangan dan penerapan program penilaian terutama guru yang melaksanakan penilaian sesuai dengan rancangan dan menggunakan nilai untuk peningkatan belajar, dan pelaksanaan supervisi oleh kepala sekolah.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2016-05-05
Published: 2016-05-05
Section: Artikel
Article Statistics: