Penerapan Model Project Based Learning Untuk Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila di Kelas XI 9 SMA Negeri 21 Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.24269/dpp.v12i2.9304Abstract
Permasalahan yang ditemukan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis pada siswa sehingga mempengaruhi hasil belajar. Dalam hal ini, solusi yang dapat diberikan adalah dengan menerapkan model project based learning kepada siswa agar dapat membantu meningkatkan kemampuan berpikir.Penelitian tindakan kelas ini bertujuan unntuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dengan penerapan model pembelajaran berbasis proyek (projectbased learning). Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI 9 SMA Negeri 21 Surabaya semester dua tahunpelajaran2023/2024 dengan jumlah siswa 35 orang. Metode pengumpulan data dalam penelitian inimenggunakan wawancara, observasi, dan tes untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa. Pengumpulan data menggunakan lembar wawancara, lembar observasi serta soal tes tertulis. Teknik analisis data yang menggunakan cara kuantitatif deskrptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa selama dilakukan penelitian yang ditunjukan dengan data kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I dan siklus II. Data hasil kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I sebesar 37,15% (13 siswa) tuntasdan mengalami peningkatan hasil kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus II sebesar  85,71% (30 siswa) tuntas.Sehingga kesimpulannya, keterampilan berpikir siswa kelas XI 9 SMA Negeri 21 Surabayameningkat setelah dilakukan dengan penerapan model project based learning.
References
Arnyana, I. B. P. (2019). Pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi 4c (communication, collaboration, critical thinking dancreative thinking) untukmenyongsong era abad 21. Prosiding: Konferensi Nasional Matematika Dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi, 1(1), i–xiii.
Badrul, M., Budihartanti, C., Dewi, Y. N., & Septiana, L. (2022). Pelatihan Microsoft Power Point Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Kompetensi Pendidik TKQ/TPQ Tanjung Priok. TRIDHARMADIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Jayakarta, 2(2), 109–114.
BUKOTING, S. (2023). Integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan untuk mengembangkan karakter siswa sekolah dasar. EDUCATOR: Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik Dan Kependidikan, 3(2), 70–82.
Cicilia, I., & Santoso, G. (2022). Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Upaya Membentuk Generasi Penerus Bangsa yang Berkarakter Jurnal Pendidikan Transformatif ( Jupetra ). Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra), 01(03), 146–155.
Febriani, F. (2023). Project Based Learning Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswapada Sekolah Penggerak SMP Al Azhar Syifa Budi Cibinong-Bogor (Doctoral dissertation, Institut PTIQ Jakarta).
Fitriani, S. E., Sari, M. K., & Hastuti, D. N. A. E. (2023). Analisis Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Melalui Budaya Di Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar 4, 9(04), 155–162. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.1760
Ginting, M. A. B. (2023). Model Project Citizen Untuk Meningkatkan Kompetensi Kewarganegaraan Siswa Sekolah Dasar (Literature Review). Seminar Nasional Lppm Ummat, 2(0), 310–325. https://journal.ummat.ac.id/index.php/semnaslppm/article/view/14197
Hasim, R., & Abdullah, O. M. T. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Perwujudan Sikap Toleransi Antar Umat Beragama Di Kabupaten Halmahera Barat (Studi Kasus Desa Matui Kecamatan Jailolo). Jurnal Geocivic, 3(2), 58–72.
Hidayat, H., Mulyani, H., Nurhasanah, S. D., Khairunnisa, W., & Sholihah, Z. (2020). Peranan Teknologi Dan Media Pembelajaran Bagi Siswa Sekolah Dasar Di Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(2), 57–65. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP
Imamudin, Fahmi, R., Tabrani, M. B., & Setiawardani, W. (2024). Kompetensi Pendidik dalam Menghadapi Pendidikan pada Era Society 5 . 0. AJIE -Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 08(01), 8–17.
Julisa, T. C., Legiani, W. H., & Juwandi, R. (2023). Pengembangan Kompetensi Abad 21 melalui Bahan Ajar Digital pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(2), 234–246. https://doi.org/10.24269/dpp.v11i2.7187
Junita, E. R. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Dalam Membentuk Sikap Sosial SiswaPendidikan Agama Islam di SD Negeri 02 Rejang Lebong. Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Kartika, I. M., Angga Mahendra, P. R., & Awa, V. (2020). Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Ketrampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn. Jurnal Locus Delicti, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.23887/jld.v1i1.359
Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-model Pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1–27. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.441
Koroh, T. R., & Ly, P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(1), 126. https://doi.org/10.33394/jk.v6i1.2445
Kurniawan, M. W., & Zarnita, Y. (2020). Pembelajaran daring dalam pendidikan profesi guru: Dampak dan kendala yang dihadapi. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 83–90. https://doi.org/10.22219/jppg.v1i2.12440
Laela, I. N., Badarudin, B., & Prasetianingtyas, K. I. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Pancasila Dalam Kehidupan Di Kelas V Sekolah Dasar. Khazanah Pendidikan, 17(2), 166. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i2.19521
Lestari, F., Putri, A. D., & Wardani, A. K. (2019). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII Menggunakan Soal Pemecahan Masalah. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 2(2), 62. https://doi.org/10.26740/jrpipm.v2n2.p62-69
Lestari, V. A., & Iryanti, S. S. (2024). Abad 21: Strategi Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran PAI melalui Literasi Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 6155–6165. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.13336
Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru? Indonesian Journal of Action Research, 1(2), 315–327. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-21
Mashudi, M. (2021). Pembelajaran Modern: Membekali Peserta Didik Keterampilan Abad Ke-21. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 4(1), 93–114. https://doi.org/10.23971/mdr.v4i1.3187
Nababan, D., Marpaung, A., & Koresy, A. (2023). Project Based Learning Strategy (Pjbl). Journal of Social Education and Humanities, 2(2), 706–719. https://publisherqu.com/index.php/pediaqu
Nisah, N., Widiyono, A., Milkhaturrohman, M., & Lailiyah, N. N. (2021). Keefektifan Model Project Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Ipa Di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(2), 114–126. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v8i2.4882
Nurbaya, S. (2021). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Penyelesaian Masalah melalui Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Tematik Kelas VI SDN 19 Cakranegara. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 106–113. https://jurnal.educ3.org/index.php/pendagogia/article/view/29
Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49–60. https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/agama_islam/index
Ridho, S., Ruwiyatun, R., Subali, B., & Marwoto, P. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pokok Bahasan Klasifikasi Materi dan Perubahannya. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 10–15. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.194
Ripai, I., & Ropiah, O. (2023). Media Pembelajaran Digital Berbasis Prezi pada Matakuliah E Commerce terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi STKIP Muhammadiyah Kuningan. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(2), 130–141. https://doi.org/10.24269/dpp.v11i2.6205
Rismawati, R. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas Iv (Kuasi eksperimen kuantitatif di SD Negeri 2 Langensari kelas IV Kec. Lembang Kab. Bandung Barat). Doctoral dissertation, FKIP UNPAS.
Sartika, S. B., Efendi, N., & Wulandari, F. E. (2022). Efektivitas Pembelajaran IPA Berbasis Etno-STEM dalam Melatihkan Keterampilan Berpikir Analisis. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(1), 1–9. https://doi.org/10.24269/dpp.v10i1.4758
Septiana, T. S., & Kurniawan, M. R. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 Pada Mata Pelajaran Pkn Di Sd Muhammadiyah Kauman Tahun 2016/ 2017. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 1(1), 94. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v1i1.74
Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C abad 21 dalam pembelajaran pendidikan dasar. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 8(2), 107–117. https://doi.org/10.15548/alawlad.v8i2.1597
Shodiqoh, M., & Mansyur, M. (2022). Reaktualisasi Project Based Learning Model Dalam Pembelajaran Pembelajaran Bahasa Arab. Tanfidziya: Journal of Arabic Education, 1(03), 144–155. https://doi.org/10.36420/tanfidziya.v1i03.134
Suharyati, T., & Arga, H. S. P. (2023). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan (JPP), 2(1), 45–53. https://doi.org/10.22460/jpp.v2i1.13037
Suharyati, T., & Putu Arga, H. S. (2023). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran PPKn di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan, 2(1), 45–53. https://doi.org/10.22460/jpp.v2i1.13037
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan tujuan pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29–39.
Sukmayadia, T., Maarifa, M., Fitria, H. R., & Dewi, A. K. (2024). Membangun Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa melalui Literasi Kewarganegaraan di Universitas Ahmad Dahlan. JDPP: Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(2). https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v2i2.184
Susanto, A. M., Epriliyana, N. N., & Utama, H. H. (2024). Implementation of Learning Innovations in Society 5.0 to Stimulate Creative Thinking Skills at Higher Education. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(1), 25–36. https://doi.org/10.24269/dpp.v12i1.8282
Turiyah, T. (2023). Analisis Implementasi Model Project Based Learning (PjBL) dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Sekolah Dasar. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 6(1), 106. https://doi.org/10.20961/shes.v6i1.71063
Wijaya, W., Wusqo, U., Muttaqin, Z., Sumiati, Zohriah, & Rohana. (2023). Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Kelas VII C pada Mata Pelajaran PPKn Menggunakan Model Project Based Learning. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 6(2), 111–116. https://doi.org/10.31764/pendekar.v6i2.14640
Winanda, Z., Zainil, M., & Pusra, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Tema 8 Menggunakan Model Project Based Learning (PjBL) Di Kelas V SD Negeri 20 Indarung Kota Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3284–3297. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i2.1385
Winarti, N., Maula, L. H., Amalia, A. R., & Pratiwi, N. L. A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 552–563. https://doi.org/10.17467/jdi.v4i2.692
Yulianti, H., Pradipta, H., & Zulfiati, H. M. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terintegrasi Ajaran Tri Nga Dalam Pembelajaran Ips Untuk Menguatkan Kepedulian Peserta Didik Terhadap Lingkungan. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 5(2). https://doi.org/10.51494/jpdf.v5i2.1430
Yusika, I., & Turdjai, T. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 11(1), 17–25. https://doi.org/10.33369/diadik.v11i1.18365
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright
Authors who publish their manuscripts in this journal agree to the following terms:
- The copyright on each article belongs to the author.
- The author acknowledges that Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran has the right to be the first to publish under a Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International CC BY 4.0) license.
- Authors may submit articles separately, arranging for the non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal to other versions (e.g., sent to the author's institutional repository, publication into books, etc.), acknowledging that the manuscript was first published in the Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran.
Â
License
Use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently published under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
Â
This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify, and make derivatives of this material for any purpose, including commercial purposes, as long as they give credit to the author for the original work.


_001.jpg)


