INOVASI LAYANAN PERPUSTAKAAN DI ERA PANDEMI COVID-19 (BEST PRACTICE PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO)
DOI:
https://doi.org/10.24269/pls.v4i2.3610Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran yang merupakan best practice dari pustakwan dan perpustakaan Universitas Muhammadiyah Ponorogo dalam mengembangkan layanan disaat kondisi pandemi COVID-19 dan kenormalan baru, dengan menggunakan metodologi diskriptif kuantitatif. Hasil yang diperoleh adalah perpustakaan Univeristas Muhammadiyah Ponorogo yang telah melakukan layanan online access dan mengembangkan book delivery service yang bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi pemustaka yang membutuhkan sumber informasi berupa buku cetak yang dimiliki perpustakaan dan tidak memiliki file digital. Peningkatan pemustaka dengan book delivery service ini memiliki trandline yang tinggi maka untuk lebih memudahkan pemustaka telah dikembangkan reservation book berbasis android.
Referensi
Azzi-Huck, K., & Shmis, T. (2020). Managing the impact of COVID-19 on education systems around the world: How countries are preparing, coping, and planning for recovery. World Bank. https://blogs.worldbank.org/education/managing-impact-COVID-19-education-systems-around-world-how-countries-are-preparing
Hidayat, T. (2008). Panduan Membuat Toko Online dengan OSCommerce. Media kita.
Ihsanudin. (2020). Jokowi Umumkan Dua Orang di Indonesia Positif Corona. In Kompas.
Ilmi, B. (2018). Analisis Konteks Lingkungan Sistem Informasi Perpustakaan di Perpustakaan Pusat Universitas Negeri Malang Berdasarkan Aspek yang Mempengaruhi Pengembangan Sitem Informas. Universitas Indonesia. https://www.academia.edu/34681433/Analisis_Konteks_Lingkungan_Sistem_Informasi_Perpustakaan_di_Perpustakaan_Pusat_Universitas_Negeri_Malang_Berdasarkan_Aspek_yang_Mempengaruhi_Pengembangan_Sitem_Informasi
Miftah, S., Heru, M., & Riyadi, S. (2015). IMPLEMENTASI E-COMMERCE SEBAGAI MEDIA PENJUALAN ONLINE (STUDI KASUS PADA TOKO PASTBRIK KOTA MALANG). In Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol (Vol. 29, Issue 1).
Nurhayati, M. (2020). Wacana Pandemi COVID-19 Terhadap Penutupan Perpustakaan. VISI PUSTAKA: Buletin Jaringan Informasi …, 22(2). https://ejournal.perpusnas.go.id/vp/article/view/954
Priatna, Y. (2020a). Book Delivery Service. Llibrary.Umpo. https://www.instagram.com/p/B9y4HWGgLxV/
Priatna, Y. (2020b). Book Reservation and Delivery Menjadi Solusi Peminjaman Selama Pandemi. Library Umpo. Book Reservation and Delivery Menjadi Solusi Peminjaman Selama Pandemi
Ratten, V. (2020). Coronavirus (COVID-19) and social value co-creation. International Journal of Sociology and Social Policy. https://doi.org/10.1108/IJSSP-06-2020-0237
Samanta, M. (2020). Library Access Policies Post COVID-19 Pandemi. SSRN Electronic Journal, 1–6. https://doi.org/10.2139/ssrn.3610042
Suharso, P., Arifiyana, I. P., & Wasdiana, D. (2020). Layanan Perpustakaan Perguruan Tinggi dalam Menghadapi Abstrak. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 4(2), 271–286. https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/anuva/article/download/8185/4303
Sukmadinata, N. S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya.
Sumartiningtyas, H. K. N. (2020a). Apa Itu New Normal? Presiden Jokowi Sebut Hidup Berdamai dengan COVID-19. https://www.kompas.com/sains/read/2020/05/26/163200023/apa-itu-new-normal-presiden-jokowi-sebut-hidup-berdamai-dengan-COVID-19?page=2.%0A
Sumartiningtyas, H. K. N. (2020b). Indonesia Menuju New Normal Corona, Ini Protokol Kesehatan COVID-19 yang Harus Dilakukan Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Indonesia Menuju New Normal Corona, Ini Protokol Kesehatan COVID-19 yang Harus Dilakukanâ€, Klik untuk baca: https. Kompas.Com.
_baru.png)






