PEMETAAN BIBLIOMETRIK TERHADAP PERKEMBANGAN PENELITIAN DENGAN TOPIK LITERASI DIGITAL PADA TUNA NETRA
DOI:
https://doi.org/10.24269/pls.v8i1.9790Abstract
Literasi digitalnmerupakan kemampuan dasarryang harus dimiliki oleh setiapppengguna media digital  untuk mengetahui dannmeningkatkan kemampuan dalam  memanfaatkan ruangndigital. Maksud diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui arahhtren penelitian serta jaringan ilmu literasi digital pada tuna netra berdasarkan kata kunci serta kolaborasi antar penulis. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif menggunakan analisis bibliometrik. Perkembangan pertumbuhan publikasi mengenai literasi digital pada tuna netra yang tertinggi terjadi pada tahun 2019, yakni mencapai 84 publikasi (16,8 %). Sedangkan publikasi terendah terjadi pada tahun 2022 dengan jumlah publikasi sebanyak 35 publikasi (7 %). Pada penelitian ini istilah yang paling sering digunakan dan berkaitan dengan istilah lainnya adalah kata ‘disability’. Istilah yang masih jarang digunakan dalam penelitian adalah istilah digital inclusion, posibility, digital storytelling, educational technology. Hal ini merupakan peluang besar bagi para peneliti untuk melakukannriset atau penelitian dengan topik-topik tersebut. Kesimpulannya adalah literasi digital pada tuna netra membutuhkan perhatian lebih dalam hal penelitian maupun praktik secara langsung guna menyamaratakan kebutuhan informasi untuk semua kalangan, baik kalangan umum maupun kalangan disabilitas
References
Ayuningtyas,mF.,mIntyaswati, D., Supratman, S.,sSetiawan, H., & Lusia, A.a(2022). Studi Fenomenologi: PengalamannGuru InsannBerkemampuan Khususddalam MenjalanipProfesinya di RumahaAutis CabanggDepok. Ekspresi dan Persepsi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 16-27.
Daon 001. (2017, January 26).Di Era Digital,Tuna Netra Harus Maju.Berita Kominfo.https://www.kominfo.go.id/content/detail/9038/menkominfo-di-era-digital-kaum-disabilitas-tuna-netrapun-harus-maju/0/berita_satker
Gilster, P. and Glister, P., 1997. Digital literacy (p. 1). New York: Wiley Computer Pub..
Gultom, S. T. N., & Budisetyani, I. G. A. P. W. (2018). Penerimaan diri difabel (different abilities people): studi tentang remaja tunanetra perolehan. Jurnal psikologi udayana, 5(2), 278-286.
Ilmiah, Kategori Publikasi Jurnal, KomponennYang dinilai, dan nilai maksimal jurnal ilmiah. "https://ejournal.upnvj.ac.id/index.php/informatik/article/view/412." Universitas 216: 4221.
Ramayanti, R., & Iranda, A. (2022). Adversity Quotient pada Siswa Tunanetra dalam Meningkatkan Literasi. Jurnal Psikologi Integratif, 10(1), 19-34.
Sukawati, C. I. R. P. M., & Budisetyani, I. G. A. P. W. (2018). Motivasi Berprestasi Remaja Tunanetra Perolehan Di Yayasan Pendidikan Dria Raba Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 5(2), 403-417.
Sunanto, Sunanto, Mispani Mispani, and Dedi Setiawan. "The Influence of Emotional Intelligence and Spiritual Intelligence on Teacher Professionalism at the Working Group of Madrasah Seputih Banyak." Bulletin of Pedagogical Research 2, no. 2 (2022): 170-180.
Tanto, A.R. and Malau, R.M.U., 2022. Analisis Literasi Digital Guru Penyandang Tunanetra Di Sekolah Luar Biasa Negeri A Pajajaran Kota Bandung. EKSPRESI DAN PERSEPSI: JURNAL ILMU KOMUNIKASI, 5(2), pp.224-236.
Tomczyk, Å., 2020. Skills in the area of digital safety as a key component of digital literacy among teachers. Education and Information Technologies, 25(1), pp.471-486.
Techataweewan, W., & Prasertsin, U. (2018). Development of digital literacy indicators for Thai undergraduate students using mixed method research. Kasetsart Journal of Social Sciences, 39(2), 215-221
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Licence
This Journal will place Author as Copyright Holder, The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
Plagiarism Notice
PUBLIS Editorial board recognizes that plagiarism is not acceptable and therefore establishes the following policy stating specific actions (penalties) upon identification of plagiarism/similarities in articles submitted for publication in PUBLIS. PUBLIS will use Turnitin's originality checking software as the tool in detecting similarities of texts in article manuscripts and the final version articles ready for publication. A maximum of 30% of similarities is allowed for the submitted papers. Should we find more than 30% of the similarity index, the article will be returned to the author for correction and resubmission.