INOVASI LAYANAN PERPUSTAKAAN DI ERA PANDEMI COVID-19 (BEST PRACTICE PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO)

Authors

  • Ayu Wulansari (SENIOR LIBRARIAN) Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Mohamad Ulil Albab Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Yolan Priatna Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Ahdani Subhan Universitas Muhammadiyah Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.24269/pls.v4i2.3610

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran yang merupakan best practice dari pustakwan dan perpustakaan Universitas Muhammadiyah Ponorogo dalam mengembangkan layanan disaat kondisi pandemi COVID-19 dan kenormalan baru, dengan menggunakan metodologi diskriptif kuantitatif. Hasil yang diperoleh adalah perpustakaan Univeristas Muhammadiyah Ponorogo yang telah melakukan layanan online access dan mengembangkan book delivery service yang bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi pemustaka yang membutuhkan sumber informasi berupa buku cetak yang dimiliki perpustakaan dan tidak memiliki file digital. Peningkatan pemustaka dengan book delivery service ini memiliki trandline yang tinggi maka untuk lebih memudahkan pemustaka telah dikembangkan reservation book berbasis android.

Author Biography

Ayu Wulansari, (SENIOR LIBRARIAN) Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Ponorogo

References

Ansell, C., & Boin, A. (2019). Taming Deep Uncertainty: The Potential of Pragmatist Principles for Understanding and Improving Strategic Crisis Management. Administration and Society, 51(7), 1079–1112. https://doi.org/10.1177/0095399717747655

Azzi-Huck, K., & Shmis, T. (2020). Managing the impact of COVID-19 on education systems around the world: How countries are preparing, coping, and planning for recovery. World Bank. https://blogs.worldbank.org/education/managing-impact-COVID-19-education-systems-around-world-how-countries-are-preparing

Hidayat, T. (2008). Panduan Membuat Toko Online dengan OSCommerce. Media kita.

Ihsanudin. (2020). Jokowi Umumkan Dua Orang di Indonesia Positif Corona. In Kompas.

Ilmi, B. (2018). Analisis Konteks Lingkungan Sistem Informasi Perpustakaan di Perpustakaan Pusat Universitas Negeri Malang Berdasarkan Aspek yang Mempengaruhi Pengembangan Sitem Informas. Universitas Indonesia. https://www.academia.edu/34681433/Analisis_Konteks_Lingkungan_Sistem_Informasi_Perpustakaan_di_Perpustakaan_Pusat_Universitas_Negeri_Malang_Berdasarkan_Aspek_yang_Mempengaruhi_Pengembangan_Sitem_Informasi

Miftah, S., Heru, M., & Riyadi, S. (2015). IMPLEMENTASI E-COMMERCE SEBAGAI MEDIA PENJUALAN ONLINE (STUDI KASUS PADA TOKO PASTBRIK KOTA MALANG). In Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol (Vol. 29, Issue 1).
Nurhayati, M. (2020). Wacana Pandemi COVID-19 Terhadap Penutupan Perpustakaan. VISI PUSTAKA: Buletin Jaringan Informasi …, 22(2). https://ejournal.perpusnas.go.id/vp/article/view/954

Priatna, Y. (2020a). Book Delivery Service. Llibrary.Umpo. https://www.instagram.com/p/B9y4HWGgLxV/

Priatna, Y. (2020b). Book Reservation and Delivery Menjadi Solusi Peminjaman Selama Pandemi. Library Umpo. Book Reservation and Delivery Menjadi Solusi Peminjaman Selama Pandemi

Ratten, V. (2020). Coronavirus (COVID-19) and social value co-creation. International Journal of Sociology and Social Policy. https://doi.org/10.1108/IJSSP-06-2020-0237

Samanta, M. (2020). Library Access Policies Post COVID-19 Pandemi. SSRN Electronic Journal, 1–6. https://doi.org/10.2139/ssrn.3610042

Suharso, P., Arifiyana, I. P., & Wasdiana, D. (2020). Layanan Perpustakaan Perguruan Tinggi dalam Menghadapi Abstrak. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 4(2), 271–286. https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/anuva/article/download/8185/4303

Sukmadinata, N. S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Sumartiningtyas, H. K. N. (2020a). Apa Itu New Normal? Presiden Jokowi Sebut Hidup Berdamai dengan COVID-19. https://www.kompas.com/sains/read/2020/05/26/163200023/apa-itu-new-normal-presiden-jokowi-sebut-hidup-berdamai-dengan-COVID-19?page=2.%0A

Sumartiningtyas, H. K. N. (2020b). Indonesia Menuju New Normal Corona, Ini Protokol Kesehatan COVID-19 yang Harus Dilakukan Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Indonesia Menuju New Normal Corona, Ini Protokol Kesehatan COVID-19 yang Harus Dilakukan”, Klik untuk baca: https. Kompas.Com.

Published

2021-02-04

How to Cite

Wulansari, A., Albab, M. U., Priatna, Y., & Subhan, A. (2021). INOVASI LAYANAN PERPUSTAKAAN DI ERA PANDEMI COVID-19 (BEST PRACTICE PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO). Publication Library and Information Science, 4(2). https://doi.org/10.24269/pls.v4i2.3610

Issue

Section

Articles