Strategy for Establishment Santri Leadership Character
DOI : 10.24269/ijpi.v5i1.2197
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan strategi pembentukan karakter kepemimpinan santri di pondok pesantren. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan metode wawancara, dan observasi. Lokasi penelitian adalah Pondok Modern Darussalam Gontor. Adapun hasil penelitiannya adalah: (1) Dalam membentuk karakter kepemimpinan santri, Pondok Pesantren telah memiliki tujuan yang terarah, adapun tujuanya adalah: a) santri mampu membentuk karakter kepemimpinan dalam dirinya sendiri; b) santri mampu percaya diri terhadap kemampuan dan potensi dirinya; c) santri mampu memiliki pola pikir terarah dalam memilih tujuan hidup mereka; dan d) santri mampu membangun sikap dan tingkah laku yang dinamis; (2) Pengasuhan santri sebagai kepanjangan tangan dari pimpinan pondok pesantren dan pemimpin dalam aktifitas santri selama 24 jam, telah mampu merancang strategi dalam pembentukan karakter kepemimpinan santri dengan langkah-langkah sebagai berikut, pengarahan; pelatihan; penugasan; pembiasan; dan pengawalan; dan (3) Selain membuat langkah-langkah dalam pembentukan karakter kepemimpinan santri, pengasuhan santri juga telah menetapkan tolak ukur keberhasilan dalam proses pembentukan karakter kepemimpinan santri, yaitu: menguji dengan permasalahan; menguji untuk memutuskan pilihan; menguji untuk siap berkorban; menguji untuk tegas dalam bersikap; dan menguji untuk mengevaluasi diri sendiri.
- Basri, Hasan. (2014). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Pustaka Setia.
- Daryanto. (2011). Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
- Dimyati, Hamdan. (2014). Model Kepemimpinan dan Sistem Pengambilan Keputusan. Bandung: Pustaka Setia.
- Fatihah, Imroatul. (2018). Kepemimpinan KH. Imam Zarkasyi Di Pondok Modern Darussalam Gontor. Journal of Islamic Education Management, 2(2), p.13-25.
- Hernandeni, D. F., Bafadal, I., & Maisyaroh, M. (2018). Intensitas komunikasi kepala madrasah, guru, dan tenaga kependidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 1(2), 150-159.
- Ikhwan, A. (2017). Development Of Quality Management Islamic Education In Islamic Boarding School (Case Study Madrasah Aliyah Ash Sholihin). Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 1(1), 91-117..
- Kadir, A. (2012). Sistem Pembinaan Pondok Pesantren. Shautut Tarbiyah, 18(1), 76-99.
- Mardiyah, M. (2012). Kepemimpinan Kiai dalam Memelihara Budaya Organisasi di Pondok Modern Gontor, Lirboyo Kediri, dan Pesantren Tebuireng Jombang. TSAQAFAH, 8(1), 67-104
- Mulyasa. (2012). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.
- Newman dan Logan. (1971). Strategy Policy and Central Management. New York: Longman.
- Nindiantika, V., Ulfatin, N., & Sumarsono, R. B. (2019). Kepemimpinan situasional untuk meningkatkan daya saing luaran pendidikan abad 21. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 2(2), 40-48.
- Permadani, Danang Rizki, Mustiningsih, Maisyaroh. (2018). kepemimpinan kepala sekolah dalam pengambilan keputusan. JAMP: Jurnal Adminitrasi dan Manajemen Pendidikan, 1,(3), p.320-326.
- Rahmawati, Zuli Dwi. (2017). Education Leadership Perspective KH. Imam Zarkasyi. in 1st International Conference on Islamic Civilization ans Society (ICICS), ISSN : 2597 – 9177, p.245-261.
- Sulhan, Muwahid, dan Soim. 2013. Manajemen Pendidikan Islam. Yogyakarta: Teras.
- Suryana, Asep dan Suryadi. 2009. Pengelolaan Pendidikan. Jakarta: Dirjen Pendis Depag RI.
- Susanto, H., & Muzakki, M. (2017). Perubahan Perilaku Santri (Studi Kasus Alumni Pondok Pesantren Salafiyah di Desa Langkap Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo). Istawa: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 1-42.
- Sutapa, M., & Utari, R. (2017, May). Identification of Teacher Shortage: A District Level Analysis. In 1st Yogyakarta International Conference on Educational Management/Administration and Pedagogy (YICEMAP 2017). Atlantis Press
- Yakub dan Hisbanarto, Vico. 2014. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
- Ikhwan, A. (2016). Leadership in Islamic Education; Study of Thematic Al-Qur’an and Al-Hadist. Ulul Albab: Jurnal Studi Islam, 17(1), 3. Retrieved from http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/ululalbab/article/view/3253
- Ikhwan, A., Oktio Frenki, B., & Rohmad, A. (2019). The Role of the Family in Internalizing Islamic Values. DINAMIKA ILMU, 19(2), 323–335. https://doi.org/https://doi.org/10.21093/di.v19i2.1746
- Junaidi, K. (2016). Sistem Pendidikan Pondok Pesantren di Indonesia (Suatu Kajian Sistem Kurikulum di Pondok Pesantren Lirboyo). Istawa: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 95–110. https://doi.org/10.24269/ijpi.v2i1.364
- Mutholib. (2018). Islamic Education Leadership Morality. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 02(01), 1–7.
- Sidiq, U. (2019). Prophetic Leadership in the Development of Religious Culture in Modern Islamic Boarding Schools. Istawa: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 80–97. https://doi.org/10.24269/ijpi.v4i1.1990
- Susanto, H. (2016). PERUBAHAN PERILAKU SANTRI (STUDI KASUS ALUMNI PONDOK PESANTREN SALAFIYAH DI DESA LANGKAP KECAMATAN BESUKI KABUPATEN SITUBONDO). Istawa: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 1–42. https://doi.org/10.24269/ijpi.v2i1.361
- Wahyudi, A. (2018). Character Education Development Pattern: Efforts to Empower School Managers. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 3(2), 262–270. https://doi.org/https://doi.org/10.35723/ajie.v2i2.41