The Role Of Educators In Instilling Religious Values In Early Childhood AT TPQ Insan Robbani Al-Fikri
DOI:
https://doi.org/10.24269/jin.v10i1.8821Abstrak
Pendidikan merupakan faktor penting dalam membangun bangsa yang cerdas. Dengan adanya pendidik dijadikan sebuah usaha sadar manusia dalam meningkatkan pengetahuan. keterampilan bahkan kepribadiannya, Tujuan penelitian ini adalah untuk menanamkan nilai-nilai religius pada anak usia dini di TPQ Insan Robbani Al-Fikri Kota Tangerang melalui peran pendidik sebagai fasilitator dan peran orang tua sebagai role model. Metode penelitian yang digunakan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di TPQ Insan Robbani Al-Fikri di kp. Karang anyar, kecamatan Neglasari Kota Tangerang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa seorang pendidik yang berperan sebagai fasilitator memiliki 5 indikator keberhasilan yaitu penyediaan perangkat pembelajaran sudah berjalan cukup baik, Penyediaan fasilitas pembelajaran berupa metode, media serta peralatan belajar sudah cukup lengkap, pendidik berlaku sebagai teman bagi peserta didik, pendidik sudah melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai dengan Undang-Undang, dan pendidik tidak bertindak sewenang-wenang kepada peserta didik. Dengan demikian adanya peran pendidik sebagai fasilitator dan peran orang tua sebagai role model efektif dalam pembentukan karakter religius anak usia dini diantaranya beribadah, berdoa dan berperilaku sesuai ajaran agama.
Referensi
Farih, M. N. (2020). Peran Guru Sebagai Fasilitator Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Sejarah Di SMA Negeri I Kajen Kabupaten Pekalongan. Universitas Negeri Semarang.
Fatahillah, M. T. (2023). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Pendidikan Agama Islam Anak Di Lingkungan Kampung Pasir Salam Desa Gunung Bunder 1 Kecamatan Pamijahan, (Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Nida El-Adabi).
Fiorentina, N. (2016). Peran Orang Tua Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Religius Anak Usia 6-8 Tahun (Studi Kualitatif di Perumahan Islamic Village, Tangerang) . Universitas Negeri Jakarta.
Hasbi, M., Maryatun, I, B., Pratiwi, W, C., Murtiningsih., Saputra, N, I., Rahmawati, D., Rahayu, I. (2021). Peran Orang Tua Dalam Program Pembelajaran. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.
Hikmatullah, H., & Fachmi, T. (2020). Keteladanan Orang Tua dalam Islam. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(2), 165-187.
Lase, F., & Zega, A. (2021). Sikap Kepribadian Guru PAUD yang Menarik dan Disukai Peserta Didik. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2107-2126.
Mainuddin, M. (2022). Konsep Pendidikan Anak Dalam Islam Perspektif Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah. TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Kemanusiaan, 6(2), 149-159.
Mulia, A. R. (2021). Konsep Pendidikan Ibadah Anak Usia Dini Menurut Ibnu Qayyim dalam Buku “Hanya Untukmu Anakku†(Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry).
Prasetiya, B., Tobroni., Cholily., Khozin. (2021). Metode Pendidikan Karakter Religius Paling Efektif di Sekolah. Malang: Academia Publication.
Sari, N. (2017). Menjadi Guru Profesional di Era Globalisasi. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang.
Saputra, M. A. (2019). Tata Kelola Fasilitas Pembelajaran Oleh Guru Sebagai Fasilitator Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Di MTS Al-Hikmah Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2019/2020 (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Sulistriani, S. S. (2021). Peran Guru Sebagai Fasilitator Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Journal Of Elementary School Education (JOuESE), 1(2), 57-68.
Umar, Mardan. (2019). “Urgensi Nilai-Nilai Religius Dalam Kehidupan Masyarakat Heterogen Indonesia†Jurnal Civic Education, no. 1, 72-73.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta Tanpa Batasan
Jurnal ini memungkinkan penulis (penulis tunggal atau tim penulis) untuk mempertahankan hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan. Naskah yang dikirimkan dianggap tidak mengandung materi hak milik yang tidak dilindungi oleh paten atau permohonan paten; tanggung jawab atas konten teknis dan perlindungan materi hak milik sepenuhnya berada pada penulis (penulis tunggal atau tim penulis) dan organisasi mereka, dan bukan tanggung jawab Jurnal INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Awal) atau staf redaksinya. Penulis utama (penulis pertama/penulis korespondensi) bertanggung jawab untuk memastikan bahwa artikel telah dilihat dan disetujui oleh semua penulis lainnya. Penulis bertanggung jawab untuk memperoleh semua izin pelepasan hak cipta yang diperlukan untuk penggunaan materi berhak cipta dalam naskah sebelum pengiriman. Apa hak-hak saya sebagai penulis?
|

JURNAL INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Awal) diterbitkan di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.