PENGARUH BERMAIN SIANIDA (SUARA, IRAMA, DAN NADA) TERHADAP KECERDASAN MUSIK ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.24269/jin.v2i2.561Abstrak
This study aims to investigate the effect of playing sianida (sound, rhythm and tone) in improving the musical intelligence of early childhood in Dharma Wanita VI Kepung Kindergarten Kepung Subdistrict Kediri. The research method used the Nonequevalent control Group Design, in this design the control group experimental group was not chosen randomly. The experimental group consisted of 18 children and a control group of 20 children. Data collection techniques used were pretest and posttest, while data analysis techniques inferential statistic. The results showed significant effect of playing sianida(sound, rhythm and tone) on early childhood musical intelligence. The results of the study can be used as a recommendation to kindergarten owners to use sianida to improve early childhood music intelligence’                           Â
Referensi
https://id.wikipedia.org/wiki/Nada
http://www.e-jurnal.com/2013/12/pengertian-suara-dan-jenis-jenisnya.html
Lwin, May, dkk . 2008. How to Multiply Your Child’s Intelligence. Jakarta : PT. Indeks.
Musfiroh, Tadkiroatun. 2008. Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Jakarta.Universitas Terbuka.
Moeslichatoen, R. 2004. Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak. Jakarta : Rineka Cipta
Rachmi, Tetty, dkk. 2014. Keterampilan Musik dan Tari. Jakarta : Universitas Terbuka.
Safriena, Rien. 1999. Pendidikan Seni Musik. Jakarta : TT
Santi, Danar. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini Antara Teori dan Praktek. Jakarta: Indeks.
Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : CV. Alfabeta.
Sousa, David A.2012. Bagaimana Otak Belajar. Jakarta : PT. Indeks.
Tyas, Esti. E.A. 2008. Cerdas Emosional dengan Musik. Tips Jitu Membangun Kecerdasan Emosional Anak. Yogyakarta : Arti Bumi Intaran.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta Tanpa Batasan
Jurnal ini memungkinkan penulis (penulis tunggal atau tim penulis) untuk mempertahankan hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan. Naskah yang dikirimkan dianggap tidak mengandung materi hak milik yang tidak dilindungi oleh paten atau permohonan paten; tanggung jawab atas konten teknis dan perlindungan materi hak milik sepenuhnya berada pada penulis (penulis tunggal atau tim penulis) dan organisasi mereka, dan bukan tanggung jawab Jurnal INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Awal) atau staf redaksinya. Penulis utama (penulis pertama/penulis korespondensi) bertanggung jawab untuk memastikan bahwa artikel telah dilihat dan disetujui oleh semua penulis lainnya. Penulis bertanggung jawab untuk memperoleh semua izin pelepasan hak cipta yang diperlukan untuk penggunaan materi berhak cipta dalam naskah sebelum pengiriman. Apa hak-hak saya sebagai penulis?
|

JURNAL INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Awal) diterbitkan di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.