Dampak Rasio Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa di RA Yaspi Muneng 2
DOI:
https://doi.org/10.24269/jin.v10i2.12250Kata Kunci:
Early Childhood Education, learning achievement educator ratioAbstrak Pendidikan anak usia dini menjadi pondasi utama bagi anak agar dapat berkembang dimasa yang akan datang. Interaksi optimal dengan lingkungan belajar sangat diperlukan untuk menunjang tumbuh kembang secara menyeluruh. Salah satu faktor krusial dalam mendukung proses tersebut adalah rasio antara pendidik dan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak rasio pendidik terhadap prestasi belajar siswa di RA Yaspi Muneng 2. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi kelas, wawancara mendalam dengan pendidik dan orang tua siswa, serta dokumentasi capaian pembelajaran siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa satu orang guru yang membimbing dua kelompok usia dalam satu ruang kelas mengalami kesulitan dalam memberikan perhatian individual, keterbatasan dalam evaluasi perkembangan siswa, dan tantangan administratif. Hasil wawancara dengan orang tua siswa juga menunjukkan bahwa perkembangan siswa berbeda dengan saudaranya yang berada pada sekolah yang berbeda, disebutkan bahwa karena terbatasnya jumlah pendidik. Rasio pendidik yang tidak ideal berdampak signifikan terhadap efektivitas pembelajaran dan prestasi belajar siswa.
Referensi
Banamtuan, M., Baun, S., & Saetban, S. (2022). Prestasi Belajar Anak Petani. Discreet: Journal Didache of Christian Education, 2(1), 22—30. https://doi.org/10.52960/jd.v2i1.90
Desri, A. (2021). Pentingnya peran orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar anak. 4, 564—576.
Disma, D. R. I., Aunurrahman, A., Halida, H., & Sulistiyaningrum, F. (2023). Memahami Landasan Pendidikan Dalam Mengoptimalkan Proses Belajar-Mengajar Bagi Peningkatan Kualitas Pendidikan. Academy of Education Journal, 14(2), 1547—1556. https://doi.org/10.47200/aoej.v14i2.2139
Doi, |, Poltak, H., & Rianto Widjaja, R. (2024). Local Engineering Journal of Local Architecture and Civil Engineering-NC-SA 4.0 DEED) license (https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/) Pendekatan Metode Studi Kasus dalam Riset Kualitatif. Journal of Local Architecture and Civil Engineering, 2(1), 31—34. https://doi.org/10.59810/localengineering
Hakim, A. L. (2017). Pengaruh Pendidikan Prasekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas I Sekolah Dasar. PARAMETER: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 27(II), 115. https://doi.org/10.21009/parameter.272.03
Haryani, M., & Qalbi, Z. (2021). Pemahaman Guru Paud Tentang Alat Permainan Edukatif (Ape) Di Tk Pertiwi 1 Kota Bengkulu. Jurnal Educhild : Pendidikan Dan Sosial, 10(1), 6. https://doi.org/10.33578/jpsbe.v10i1.7699
Hayati, N., & Pahlevi, T. (2022). Pengaruh Kompetensi Guru dan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar melalui Motivasi Belajar. Journal of Office Administration : Education and Practice, 2(2), 79—95. https://doi.org/10.26740/joaep.v2n2.p79-95
Ibrahim, A. A., Kayla, A. R., Supriyani, C., & Fitri, S. A. (2024). Pengaruh Jumlah Murid yang Berlebihan Terhadap Kualitas Pengajaran Guru di Madrasah Nurul Athfal RW 007 Desa Waluya. Proceedings Uin Sunan Gunung Djati Bandung, 5(4), 1—6.
Marpaung, J. (2016). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. KOPASTA: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 2(2), 13—17. https://doi.org/10.33373/kop.v2i2.302
Nafiah, S. A., & Islakhudin, M. (2020). Pengaruh Rasio Siswa Terhadap Perkembangan Kognitif Peserta Didik Di Mi MaArif Ngampeldento Salaman Kab.Magelang Jawa Tengah. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 8(1), 139. https://doi.org/10.21043/elementary.v8i1.6839
Novi Rudiyanti, Mela Aprillia, Fanesha Rahma Fitri, & Pupung Purnamasari. (2025). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Penambahan Segmen Pasar Baru Di Restoran Kopi Express. JISOSEPOL: Jurnal Ilmu Sosial Ekonomi Dan
Politik, 3(1), 132—138. https://doi.org/10.61787/zk322946
Nurkolis, N., Muhdi, M., & Yuliejantiningsih, Y. (2023). Urgensi Pengutamaan PAUD dalam Kebijakan Pendidikan di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 6313—6326. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.4187
Qomaruddin, Q., & Sadiyah, H. (2024). Kajian Teoritis tentang Teknik Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif: Perspektif Spradley, Miles dan Huberman. Journal of Management, Accounting, and Administration, 1(2), 77—84. https://doi.org/10.52620/jomaa.v1i2.93
Rahmanisari, D. (2024). Analisis Perspektif Orangtua Tentang Kesiapan Literasi Dalam Program Transisi Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Ke Sekolah Dasar (Sd). 1—55.
Retnasari, L., Pratomo, M. I., Irayanti, I., Istianah, A., Hariyanti, H., & Sari, B. I. (2023). Implementasi Karakter Integritas Berbasis Budaya Sekolah pada Peserta Didik Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 187—200. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.161
Sari, A. K., Amelia, C. S., Williem, J., Pasar, I., & Estate, V. M. (2025). Rahmilawati Ritonga Universitas Negeri Medan Amelia Alifah Sagala Miftahul Aisyiyah Bakti Ayu Fadhilah Yunanda Universitas Negeri Medan. 3(3), 793—799.
Setiyawati, A., Suci Wulandari, R., & Novitasari, L. (2021). Pencapaian aspek perkembangan anak usia dini selama pembelajaran daring di masa covid-19. Jurnal Mentari, 1, 51—59.
Suriani, N., Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Konsep Populasi dan Sampling Serta Pemilihan Partisipan Ditinjau Dari Penelitian Ilmiah Pendidikan. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 24—36. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.55 22—31. http://journal.upgris.ac.id/index.php/cm/article/view/12769%0Ahttp://journal.upgris.ac.id/index.php/cm/article/download/12769/6427
Suryani, L. (2007). Analisis Permasalahan Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Masyarakat Indonesia. Jiv, 2(1), 42—48. https://doi.org/10.21009/jiv.0201.6
Susanto, M. Y., Mumpuni, A. D., & Fadhilah, I. N. (2019). Pengembangan Pola Pikir Rasional dan Objektif dalam Pembelajaran IPA melalui Pendekatan Scientific. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 1(1), 12—18. https://doi.org/10.23917/blbs.v1i1.9302
Yuwono, I. (2019). Rasio Sekolah dengan Siswa Berpengaruh pada Hasil Ujian Nasional. Bina Manfaat Ilmu: Jurnal Pendidikan, 2(4), 625—630.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 JURNAL INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Awal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak Cipta Tanpa Batasan
Jurnal ini memungkinkan penulis (penulis tunggal atau tim penulis) untuk mempertahankan hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan. Naskah yang dikirimkan dianggap tidak mengandung materi hak milik yang tidak dilindungi oleh paten atau permohonan paten; tanggung jawab atas konten teknis dan perlindungan materi hak milik sepenuhnya berada pada penulis (penulis tunggal atau tim penulis) dan organisasi mereka, dan bukan tanggung jawab Jurnal INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Awal) atau staf redaksinya. Penulis utama (penulis pertama/penulis korespondensi) bertanggung jawab untuk memastikan bahwa artikel telah dilihat dan disetujui oleh semua penulis lainnya. Penulis bertanggung jawab untuk memperoleh semua izin pelepasan hak cipta yang diperlukan untuk penggunaan materi berhak cipta dalam naskah sebelum pengiriman. Apa hak-hak saya sebagai penulis?
|

JURNAL INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Awal) diterbitkan di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.