Pengaruh Media Busy Book Terhadap Kemampuan Literasi dan Motorik Halus Anak di TK Santa Clara Mamuju

Penulis

  • Grace Octaviana Markus Universitas Negeri Makassar
  • Syamsuardi Saodi Universitas Negeri Makassar
  • Sri Rika Amriani Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.24269/jin.v10i2.12200

Kata Kunci:

Busy Book Media, Literacy Skills, Fine Motor Skills, Language Development

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan media busy book dapat mempengaruhi kemampuan literasi dan motorik halus anak. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental design. Adapun variabel dalam penelitian ini adalah media busy book (X) dan kemampuan literasi dan motorik halus (Y) dengan desain penelitian Non-equivalent design atau eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah 80 anak. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 anak yang terdiri dari 20 anak pada kelas eksperimen dan 20 anak pada kelas kontrol. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang akan digunakan yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik parametrik uji paired sample t-test. Hasil menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara kelompok yang menggunakan media busy book dengan kelompok yang tidak menggunakan media busy book. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan penggunaan media busy book dapat memberi peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan literasi dan motorik halus anak.

Referensi

Afrianti, Y., & Wirman, A. (2020). Penggunaan Media Busy Book Untuk Menstmulasi Kemampuan Membaca Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1156–1163.
Amriani, S. R., Asti, S. W., Lismayani, A., & Ramadhani, N. R. (2024). Pengaruh Kegiatan Menggambar , Merobek , Menempel ( 3M ) Terhadap Keterampilan Motorik Halus Anak PENDAHULUAN Keadaan saat ini menurut WHO ( 2018 ) menyebutkan bahwa di seluruh dunia terdapat 52 , 9 juta anak dibawah usia 5 tahun , 54 % anak laki-laki men. 5(2), 409–414.
Erika, E., Agrina, A., Novita, S., & Komariah, M. (2021). Tantangan Orang Tua Mendampingi Anak Usia 6-7 tahun Belajar di Rumah selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 252–260. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1225
Fitasari, N., & Wirman, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Busy Book Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Yayasan Amalan Parupuk Tabing. Ar-Raihanah: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 91–101.
Fitriyah, Q. F., Purnama, S., Febrianta, Y., Suismanto, S., & ‘Aziz, H. (2021). Pengembangan Media Busy Book dalam Pembelajaran Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 719–727. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.789
Fuadah, Y. T. (2022). Penggunaan media cerita bergambar dalam pembelajaran anak usia dini. 1–23.
Hadiyanti, S. M., Elan, & Rahman, T. (2021). Analisis Media Loose Part Untuk Meningkatkan. Jurnal PAUD Agapedia, 5(2), 237–245.
Hasanah Masra Tangse, U. (2022). Literasi Dalam Pendidikan Anak Usia Dini: Pentingnya Lingkungan Terhadap Kemampuan Membaca Awal Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan,Agama Dan Sains, VI(1), 37–47.
Lestari, P. R., & Hanum, R. (2024). Penerapan Media Busy Book Untuk Meningkatkan Literasi Membaca Anak Usia Dini. 6, 31–44.
Nur, A., & Hikmah, N. (2025). Peran Orang Tua dalam Mendukung Literasi Dini Anak pada Era Digital.
Putri, B. M., Khadijah, S., & Rahma, A. A. (2024). Jurnal Pendidikan Multidisipliner PENGARUH MEDIA BUKU “ BUSY BOOK ” TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF DAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN. 7, 6–13.
Rahmasari, A., & Ismet, S. (2022). Efektivitas Permainan Busy Book Dalam Melatih Motorik Halus Anak. JCE (Journal of Childhood Education), 6(2), 304. https://doi.org/10.30736/jce.v6i2.996
Rahmawati, S. A. (2021). Pengaruh Media Busy Book Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak. Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 62–68. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgpaud/article/view/17404
Rupnidah, R., & Suryana, D. (2022). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Papan Aktivitas sebagai Stimulus Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 6(1), 49–58. http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PGTK/197010221998022-CUCU_ELIYAWATI/MEDIA_PEMBELAJARAN_ANAK_USIA_DINI-PPG_UPI.pdf
Shoffa, S. (2023). Buku Media Pembelajaran gunawan (Issue January).
Sulistiyowati, W. (2017). Buku Ajar Statistika Dasar. Buku Ajar Statistika Dasar, 14(1), 15–31. https://doi.org/10.21070/2017/978-979-3401-73-7
Syamsuardi., Herlina., Ruslan, Z. A., & Lismayani, A. (2024). Pengaruh Media Alphabet Flipchart Terhadap Kemampuan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Negeri Pembina Bulukumba. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan …, 09, 4144–4150. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/14125
Tasya, N., Syamsurizal, Arsih, F., & Anggriyani, R. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Busy Book Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. Validitas Modul Ajar Hereditas Manusia Berbasis Problem Based Learning (PBL), 4, 242–250.
Wahyuningrum, M. D. S., & Watini, S. (2022). Inovasi Model ATIK dalam Meningkatkan Motorik Halus pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5384–5396. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.3038
Wulan, W. M., & Watini, S. (2023). Implementasi Model ASYIK dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus di KB Inklusi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 323–335. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3107
Yulia, R., Eliza, D., Kunci, K., Literasi, :, Pengembangan, ;, Berbahasa, L., Anak, ;, & Dini, U. (2021). Pengembangan Literasi Bahasa Anak Usia Dini. Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 53–60. https://doi.org/10.29313/ga

Diterbitkan

2025-09-30

Terbitan

Bagian

Artikel