Pengaruh Media Pembelajaran Safari 3D Berbasis Teknologi Augmented Reality pada Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Naura Nashyefan, Kabupaten Maros

Penulis

  • Mir'a Aulyah Ramadhani Universitas Negeri Makassar
  • Rusmayadi Universitas Negeri Makassar
  • Sri Rika Amriani Universitas Negeri Makassar
  • Faradillah Rusliana Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.24269/jin.v10i2.12039

Kata Kunci:

Learning Media, Animal AR 3D Safari, Augmented Reality, English Language Early Childhood Education

Abstrak

TK Naura Nahyefa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental design. Desain penelitian ini menggunakan nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini terdiri dari 30 anak, dengan teknik pengambilan sampel menggunkan sampling jenuh sehingga sampel penelitian ini terdiri dari 30 anak, yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu 15 anak sebagai kelompok eksperimen dan 15 anak sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes perlakuan dan dokumentasi dengan indikator kemampuan bahasa Inggris mencakup menyebutkan kembali kosa kata bahasa Inggris, meyebutkan kata dalam bahasa Inggris, dan mengartikan kosa kata bahasa Inggris . Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik non parametrik dengan menggunakan Uji Wilcoxon Sign Rank Test. Hasil analisis data yang diperoleh Asym (2-tailed) = 0,001 < 0,05 artinya H1 diterima dan H0 ditolak dengan demikian kemampuan bahasa Inggris pada kelas eksperimen lebih meningkat dari pada kelas kontrol, ini menjelaskan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan media pembelajaran Animal AR 3D Safari Berbasis Teknologi Augmented Reality terhadap kemampuan bahasa Inggris pada anak usia 5-6 tahun di TK Naura Nashyefa.

Referensi

Arumsari, A. D., Arifin, B., & Rusnalasari, Z. D. (2017). Pembelajaran Bahasa Inggris padal Anak Usia Dini di Kec Sukolilo Surabaya. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usial Dini, 4(2), 133.
Atikah, C., Rusdiyani, I., & Ridelal, R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality pada Tema Binatang Purba Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Kelompok B (5-6) Tahun di TK Tunas Insan Kamil Kotal Serang. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 9(2), 89–101.
Hajerah, H., Ilyas, S. N., Amal, AL., & ... (2024). Pkm Pelatihan Pembuatan Media Loose Parts Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini. Paramacitra Jurnal …, 01(02), 102–108.
Kholilullah, Hamdan, & Heryani. (2020). Perkembangan Bahasa Pada Anak Usial Dini. Penelitian Sosial Dan Keagamaan, 10(1), 75–94.
Mayer, R. E. (2024). The Past, Present, and Future of the Cognitive Theory of Multimedia Learning. Educational Psychology Review, 36(1), 1–25.
Muryaningsih, S. (2021). Media Pembelajaran Berbahan Loose Part Dalam Pembelajaran Eksak Di Mi Kedungwuluh Lor. Khazanah Pendidikan, 15(1), 84.
Mustaqim, I., & Kurniawan, N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. Jambura Journal of Informatics, 4(2), 82–93.
Mutia, U., & Na’imah. (2020). Peran Keluarga dalam Konsep Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Aulad : Journal on Early Childhood, 3(1), 20–28.
Ningsih, D. A., Sholeha, Gabe Deliana Sihombing, Siti Aisah Azarah, Siti Anggraini Pancenang, & Yesi Novitasari. (2024). Strategi pembelajaran Bahasa Inggris Anak Usia Dini melalui Pendekatan Gerak dan Lagu. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 92–109.
Pahlevi, N. R., Degeng, M. D. K., & Ulfa, S. (2024). Storybook berbasis augmented reality (AR) meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris siswa. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 7(1), 1–8.
Puspitadewi, F., Dewi, F., & Renta Maranatha, J. (2020). Analisis Tiga Aplikasi Augmented Reality Dalam Mengenalkan Nama Binatang Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini.
Safitri, L., Adjie, N., & Finita, D. (2022). Pengaruh Bermain Kartu Kata Bergambar Augmented Reality Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Analk Usia 4-5 Tahun (Penelitian Kuantitatif Yang Menggunakan Single Subjek Research Dilakukan Pada Anak Usia 4-5 tahun di Kabupaten Cirebon).
Saidah, D. N. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Teknologi Augmented Reality Padal Aplikasi Animal 4d+ Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Peserta Didik Pada Kelas II SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung Skripsi Diajukan Untuk Melengkapi Tugas-tugas dan Memenuhi Syarat-Sy.

Diterbitkan

2025-09-30

Terbitan

Bagian

Artikel