EARLY CHILDHOOD SEX EDUCATION WITH AL ISLAM MUHAMMADIYAH VALUES INSIGHTS (A CASE STUDY IN BUSTANUL ATHFAL BANGUNSARI PONOROGO)
DOI:
https://doi.org/10.24269/jin.v3i2.1063Abstrak This research was entitled Early Childhood Sex Education with Al Islam Muhammadiyah Values Insights (A Case Study in Bustanul Athfal Bangunsari Ponorogo). This research used a case study method with data collection observations, interviews, and documentation. Data validity was conducted by examining the degree of trust, transfer, dependency and certainty. Data analysis with interactive models consisted of data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results of the study included cognitive relating to the transfer of knowledge, psychomotor skills provision, and affective relating to the norms of sex education and the values of Al Islam Muhammadiyah. The supporters and inhibitors came from teachers, parents, and infrastructure.
Referensi
Abdul baqi Muhamad Fuad. 2012. Terjemahan Al-Lu’lu’uwalmarjan (kumpulan hadits shahih bukhari muslim). Semarang: PT. Pustaka Riski Putra.
Ahmad Rusydi. 2012. Pendidikan Seks dalam Perspektif Psikologi Islam. Makalah disampaikan dalam Seminar Parenting Orang Tua Murid SDIT Ibnu Sina, Sabtu, 14 April 2012.
Al-Qur’an dan Terjemahnya. 2008. Departement Agama Republik Indonesia: Bandung
BKKBN. 2008. Modul Kesehatan Reproduksi Remaja. Yogjakarta : BKKBN.
Chomaria, Nurul. 2009. Tips Jitu Dan Praktis Mengusir Stress. Jakarta. Diva
Edy Sukardi dan Suyatno, 2005. Refleksi satu abad pendidikan Muhammadiyah konsep dan manajemen pendidikan menuju pencerahan peradaban. UHAMKA Press: Jakarta.
Fatwa Majelis Tarjih dan Tajdid tentang Aurat dan Jilbab. http://tarjih.muhammadiyah.or.id/download-fatwa-234.html (diunduh 6 Juni 2018)
Haedar Nasyir, 2009. Manhaj gerakan Muhammadiyah, Ideologi, Khittah, dan langkah. Suara Muhammadiyah: Yogyakarta.
Haedar Nasyir. 2014. Memahami ideologi Muhammadiyah. Suara Muhammadiyah: Yogyakarta
Hamalik, Oemar. 2007. Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Hamdan Hambali, 2006. Ideologi dan strategi Muhammadiya. Suara Muhammadiyah: Yogyakarta
Lickona, T. 1991. Educating for character, how our school can teach respect and responsibility. Suite: Bantam Books.
Madani, Y. 2003. Pendidikan Seks Untuk Anak Dalam Islam. Jakarta: Pustaka Zahra.
Michael Reiss dan J Mark Heistead, Sex Education: From Principle to Practice, Ter. Kuni Khairun Nisak, (Yogyakarta: Alenia Press, 2004) hlm. 3
Milles & Huberman. 1994. Analisis data kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press.
Moeslichatoen. 2004. Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Rineka Cipta
Mulyasa. 2013. Manajemen pendidikan karakter. Jakarta: Bumi aksara.
Nasution. 1992. Nasution, M.A. 1992. Metode Research. Yogyakarta: Rake Sarasin
Nuryanto, Sidik. 2015. Dongeng Dan Pendidikan Karakter Kajian Empiris Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Kaifa Publishing: Bandung.
Nuryanto, Sidik. 2015. Implementasi pendidikan karakter dengan dongeng pada anak usia dini. Prosiding seminar nasional pendidikan 2015. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Republik Indonesia 2003. Undang-undang RI nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional
Sadiman, dkk. 2014. Media pendidikan pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. Jakarta: Rajagrafindo.
Samani, M & Haryanto. 2013. Konsep dan model pendidikan karakter. Bandung; Remaja Rosda Karya.
Sugijokanto,Suzie. 2014. Cegah Kekerasan Pada Anak. Bandung: Elex Media Komputindo
Surtiretna, Nirna. 2001. Bimbingan Seks bagi Remaja. Bandung : Remaja Rosda Karya.
Wilhelm, G.M & Firmin, M.W 2008. Character education: christian education perspectives. Journal of research on christian education.
http://nasional.republika.co.id/berita/nasional/hukum/16/05/15/o77luc382-kekerasan-seksual-dominasi-kasus-kejahatan-terhadap-anak. Diakses tanggal 20 November 2016
http://www.kpai.go.id/artikel/peta-permasalahan-perlindungan-anak-di-indonesia/.Diakses tanggal 20 November2016.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta Tanpa Batasan
Jurnal ini memungkinkan penulis (penulis tunggal atau tim penulis) untuk mempertahankan hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan. Naskah yang dikirimkan dianggap tidak mengandung materi hak milik yang tidak dilindungi oleh paten atau permohonan paten; tanggung jawab atas konten teknis dan perlindungan materi hak milik sepenuhnya berada pada penulis (penulis tunggal atau tim penulis) dan organisasi mereka, dan bukan tanggung jawab Jurnal INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Awal) atau staf redaksinya. Penulis utama (penulis pertama/penulis korespondensi) bertanggung jawab untuk memastikan bahwa artikel telah dilihat dan disetujui oleh semua penulis lainnya. Penulis bertanggung jawab untuk memperoleh semua izin pelepasan hak cipta yang diperlukan untuk penggunaan materi berhak cipta dalam naskah sebelum pengiriman. Apa hak-hak saya sebagai penulis?
|

JURNAL INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Awal) diterbitkan di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.