Pengaruh Komunikasi Efektif Guru dan Apresiasi Terhadap Kepercayaan Diri Anak

Penulis

  • Lilis Retnowati Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Ajat Universitas Panca Sakti Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.24269/jin.v10i2.10387

Kata Kunci:

Effective Teacher Communication, Appreciation, Children's Self-Confidence

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana komunikasi efektif guru dan apresiasi dapat meningkatkan kepercayaan diri anak di TKIT Nur Sa’adah Depok Dengan menggunakan metode asosiatif dan pendekatan kuantitatif, penelitian ini mengeksplorasi hubungan antara variabel bebas (komunikasi efektif guru dan apresiasi) dan variabel terikat (kepercayaan diri anak). Data dikumpulkan melalui kuesioner yang diisi oleh guru dan orang tua anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara komunikasi efektif guru dan apresiasi  terhadap kepercayaan diri anak di TKIT Nur Sa’adah Depok Guru yang mampu berkomunikasi dengan efektif dan memberikan apresiasi  secara tepat dan pada waktu yang tepat dapat meningkatkan kepercayaan diri anak. Komunikasi efektif guru dan apresiasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepercayaan diri anak di TKIT Nur Sa’adah Depok Oleh karena itu, penting bagi lembaga pendidikan untuk mengimplementasikan pelatihan komunikasi bagi guru dan menggunakan apresiasi  sebagai bagian dari strategi pendidikan untuk meningkatkan kepercayaan diri anak.

Referensi

Dr. Ruliana, P., & Puji, D. L. (2019). Teori Komunikasi Pendidikan. Salemba Humanika.
Hartz, K., Williford, A. P., & Koomen, H. M. Y. (2017). Teachers’ Perceptions of Teacher–Child Relationships: Links With Children’s Observed Interactions. Early Education and Development. https://doi.org/10.1080/10409289.2016.1246288
Hillda Faddilah Mediani. (2022). PENGARUH PEMBERIAN REWARD VERBAL TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI ANAK USIA DINI. UIN Sunan Gunung Jati Bandung, 2003, 1–20.
Illeris, K. (2018). Contemporary Theories of Learning. In Contemporary Theories of Learning. https://doi.org/10.4324/9781315147277
Jones, A. D., Watzlawick, P., Bevin, J. H., & Jackson, D. D. (1969). Pragmatics of Human Communication: A Study of Interactional Patterns, Pathologies, and Paradoxes. Man. https://doi.org/10.2307/2798146
Kurnia, A., Nurdiansyah, N., & Mediani, H. F. (2022). Pengaruh Pemberian Reward Verbal Terhadap Kepercayaan Diri Anak Usia Dini. Gunung Djati Conference Series, 13, 102–120.
Masriani, M., & Dina Liana. (2022). Optimalisasi Pengembangan Percaya Diri pada Anak Usia Dini. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling. https://doi.org/10.46963/mash.v5i01.475
Puspita, L., Umar, M. Y., Wardani, P. K., & Kumalasari, D. (2019). Edukasi Orang Tua Tentang Stimulasi Pertumbuhan Dan Perkembangan Pada Balita Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 2 Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu. 1(1), 64–68.
Saidah. (2014). Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Mengatasi Rasa TIdak Percaya Diri.
Sofia, S., Syaidah, K., & Shunhaji, A. (2023). Principal’s Effective Communication and Teacher Performance: A Classroom Perspective. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan. https://doi.org/10.24246/j.jk.2023.v10.i2.p101-114
Sugiyono. (2018). Metode Peneiltian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. In Alfabeta Bandung.
Wahyuni, S. (2019). Asesmen Aspek Perkembangan Nilai Agama dan Moral Menggunakan Teknik Penilaian Penugasan (Unjuk Kerja) di TK Al-Fadillah Kelompok (B) Usia 5-6 Tahun Sleman DIY. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2), 80–91. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/KINDERGARTEN
Wibawati, K. A., & Watini, S. (2022). Implementasi Reward Asyik dalam Meningkatkan Percaya Diri pada Anak Kelompok B di TK Aisyiyah 24 Kayu Putih Pulo Gadung Jakarta Timur. In JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan (Vol. 5, Issue 8). https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.811
Yuliawati, Asnamawati, L., Herawati, I. E., Resti, S. N. E., & Nurmalia, A. (2023). Kajian Teori Modernisasi: Komunikasi Pendidikan Untuk Pembelajaran Mandiri di Era Revolusi Industri. JOTE.

Diterbitkan

2025-09-30

Terbitan

Bagian

Artikel