Pengaruh Komunikasi Efektif Guru dan Apresiasi Terhadap Kepercayaan Diri Anak
DOI:
https://doi.org/10.24269/jin.v10i2.10387Kata Kunci:
Effective Teacher Communication, Appreciation, Children's Self-ConfidenceAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana komunikasi efektif guru dan apresiasi dapat meningkatkan kepercayaan diri anak di TKIT Nur Sa’adah Depok Dengan menggunakan metode asosiatif dan pendekatan kuantitatif, penelitian ini mengeksplorasi hubungan antara variabel bebas (komunikasi efektif guru dan apresiasi) dan variabel terikat (kepercayaan diri anak). Data dikumpulkan melalui kuesioner yang diisi oleh guru dan orang tua anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara komunikasi efektif guru dan apresiasi terhadap kepercayaan diri anak di TKIT Nur Sa’adah Depok Guru yang mampu berkomunikasi dengan efektif dan memberikan apresiasi secara tepat dan pada waktu yang tepat dapat meningkatkan kepercayaan diri anak. Komunikasi efektif guru dan apresiasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepercayaan diri anak di TKIT Nur Sa’adah Depok Oleh karena itu, penting bagi lembaga pendidikan untuk mengimplementasikan pelatihan komunikasi bagi guru dan menggunakan apresiasi sebagai bagian dari strategi pendidikan untuk meningkatkan kepercayaan diri anak.
Referensi
Hartz, K., Williford, A. P., & Koomen, H. M. Y. (2017). Teachers’ Perceptions of Teacher–Child Relationships: Links With Children’s Observed Interactions. Early Education and Development. https://doi.org/10.1080/10409289.2016.1246288
Hillda Faddilah Mediani. (2022). PENGARUH PEMBERIAN REWARD VERBAL TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI ANAK USIA DINI. UIN Sunan Gunung Jati Bandung, 2003, 1–20.
Illeris, K. (2018). Contemporary Theories of Learning. In Contemporary Theories of Learning. https://doi.org/10.4324/9781315147277
Jones, A. D., Watzlawick, P., Bevin, J. H., & Jackson, D. D. (1969). Pragmatics of Human Communication: A Study of Interactional Patterns, Pathologies, and Paradoxes. Man. https://doi.org/10.2307/2798146
Kurnia, A., Nurdiansyah, N., & Mediani, H. F. (2022). Pengaruh Pemberian Reward Verbal Terhadap Kepercayaan Diri Anak Usia Dini. Gunung Djati Conference Series, 13, 102–120.
Masriani, M., & Dina Liana. (2022). Optimalisasi Pengembangan Percaya Diri pada Anak Usia Dini. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling. https://doi.org/10.46963/mash.v5i01.475
Puspita, L., Umar, M. Y., Wardani, P. K., & Kumalasari, D. (2019). Edukasi Orang Tua Tentang Stimulasi Pertumbuhan Dan Perkembangan Pada Balita Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 2 Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu. 1(1), 64–68.
Saidah. (2014). Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Mengatasi Rasa TIdak Percaya Diri.
Sofia, S., Syaidah, K., & Shunhaji, A. (2023). Principal’s Effective Communication and Teacher Performance: A Classroom Perspective. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan. https://doi.org/10.24246/j.jk.2023.v10.i2.p101-114
Sugiyono. (2018). Metode Peneiltian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. In Alfabeta Bandung.
Wahyuni, S. (2019). Asesmen Aspek Perkembangan Nilai Agama dan Moral Menggunakan Teknik Penilaian Penugasan (Unjuk Kerja) di TK Al-Fadillah Kelompok (B) Usia 5-6 Tahun Sleman DIY. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2), 80–91. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/KINDERGARTEN
Wibawati, K. A., & Watini, S. (2022). Implementasi Reward Asyik dalam Meningkatkan Percaya Diri pada Anak Kelompok B di TK Aisyiyah 24 Kayu Putih Pulo Gadung Jakarta Timur. In JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan (Vol. 5, Issue 8). https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.811
Yuliawati, Asnamawati, L., Herawati, I. E., Resti, S. N. E., & Nurmalia, A. (2023). Kajian Teori Modernisasi: Komunikasi Pendidikan Untuk Pembelajaran Mandiri di Era Revolusi Industri. JOTE.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 JURNAL INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Awal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak Cipta Tanpa Batasan
Jurnal ini memungkinkan penulis (penulis tunggal atau tim penulis) untuk mempertahankan hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan. Naskah yang dikirimkan dianggap tidak mengandung materi hak milik yang tidak dilindungi oleh paten atau permohonan paten; tanggung jawab atas konten teknis dan perlindungan materi hak milik sepenuhnya berada pada penulis (penulis tunggal atau tim penulis) dan organisasi mereka, dan bukan tanggung jawab Jurnal INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Awal) atau staf redaksinya. Penulis utama (penulis pertama/penulis korespondensi) bertanggung jawab untuk memastikan bahwa artikel telah dilihat dan disetujui oleh semua penulis lainnya. Penulis bertanggung jawab untuk memperoleh semua izin pelepasan hak cipta yang diperlukan untuk penggunaan materi berhak cipta dalam naskah sebelum pengiriman. Apa hak-hak saya sebagai penulis?
|

JURNAL INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Awal) diterbitkan di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.