Nature Fun Learning in Early Childhood Education based on Nature (In The Bulukerto Nature Play Group)

Authors

  • Kuswanto Kuswanto Muhammadiyah Ponorogo University
  • Betty Yulia Wulansari Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Muhammad Azam Muttaqin Universitas Muhammadiyah Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.24269/jin.v9i1.8911

Abstract

Nature-based early childhood education (PAUD) is currently one of the trend centers for educational institutions. Nature-based PAUD is PAUD whose learning uses nature as a learning resource, learning media and outdoor play area. KB Alam Bulukerto is one of the nature-based PAUDs in Wonogiri Regency. This KB is one of the favorite KBs with the advantage of Nature Fun Learning. Nature Fun Learning is a natural activity typical of the Alam Bulukerto Play Group (KB) which needs to be researched in order to spread good practice in its activities. This research method uses qualitative descriptive research with the research subjects being principals, teachers, students and guardians of KB Alam Bulukerto. The aim of this research is to examine good practices of Nature Fun Learning at KB Alam Bulukerto. The results of this research found good practices in Nature Fun Learning activities in the form of (1) Nature Walk, (2) Gardening, and (3) Raising.

 

 

Author Biography

Kuswanto Kuswanto, Muhammadiyah Ponorogo University

PG PAUD

References

Aprilia, Trihantoyo, Pembelajaran Berbasis Alam dalam Membentuk Karakter Siswa Cinta Lingkungan dan Berbasis Religi Islami di Jenjang SD Sekolah Alam Al-Izzah Krian. Jurnal: Universitas Negeri Surabaya. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=cdQAXgkAAAAJ&citation_for_view=cdQAXgkAAAAJ:MXK_kJrjxJIC
Bamawi dan Arifin (2016:55) Pengertian secara khusus, karakter adalah nilai-nilai yang khas baik (tahu nilai kebaikan, mau berbuat baik, nyata berkehidupan baik, dan berdampak baik terhadap lingkungan) yang terpatri dalam diri dan terwujud dalam perilaku.
bangan Fisik, Jakarta: Universitas Terbuka
Beetlestone, F. (2012). Creative Learning: Strategi Pembelajaran untuk Melesatkan
Bungin, Penelitian Kualitatif, Komunikasi, Ekonomi, kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial lainnya. Jakarta: PT. Prenada Media Group, (Bungin, 2015:18).
Cinda, Jacobus. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah melalui Keteladan dan Pembiasaan. Jurnal: STKIP Singkawang kalbar, 2016. http://repository.iainkudus.ac.id/6402/5/5.%20BAB%20II.pdf
di Taman Kanak-Kanak. ITB: Jurnal Tingkat Sarjana Seni Rupa dan Desain, 1, 1-10. https://jurnal.uns.ac.id/kumara/article/view/35108
Didik dalam Interaksi Edukatif .
Doddington dan Hilton. Pendidikan berpusat pada Anak. Jakarta: PT Indeks, (Doddington & Hilton, 2010:8).
Fadlillah (2016) Karakter adalah sebuah kebiasaan yang sudah terpatri dalam jiwa setiap individu dan sulit untuk dihilangkan. http://eprints.umpo.ac.id/2019/2/Prosiding%20Semnas%20PPKN.pdf
Ghony & F Amanshur. Metode Penelitian Kualitatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Gunawan. Metode Penelitian Kualitatif, Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara, . (Gunawan, 2017:218).
Herdianing, M. (2014). Desain Sarana Berkebun dan Bermain Untuk Anak Usia 4-6 Tahun
Heryanto. (2017). Pendidikan karakater Anak Usia Dini Berbasis Lingkungan Alam. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 3(2). www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/a
https://doi.org/10.14421/al-athfal.2018.41-06
Jakarta: Rineka Cipta.
Kreatifitas Siswa. Bandung: Nusa Media.Bobbi, Mark, Sarah Singer-Nourie.(2008).Quantum Teaching.Bandung:PT Mizan Pustaka.
Kristiana, Peningkatan Nilai - Nilai karakter Anak Usia Dini Melalui Kesenian Reyog Ponorogo http://journal.umpo.ac.id/index.php/indria/index
Moeslichatoen R. Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta:Rineka Cipta, (Moeslichatoen, 2014:13).
Pendidikan Anak. Volume 4 Nomor 1 Juni. 2018. 85-102.
Rahmawati 2016:12, CD interaktif sebagai media pembelajaran berbahasa bagi anak usia dini di ponorogo. http://journal.umpo.ac.id/index.php/indria/index
Rohmah, “Pengembangan Karakter pada Anak Usia Dini (AUD).” Al-Athfal: Jurnal. (Rohmah, 2018 85-102)
Sanusi, Pembelajaran dengan Pendekatan Humanistik . Penelitian pada MTs Negeri Model Cigugur Kuningan, (Sanusi,2013:125). https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=wN0JfZoAAAAJ&citation_for_view=wN0JfZoAAAAJ:u-x6o8ySG0sC
Septiani. Penyelenggaraan Pembelajaran Berbasis Alam guna Mengembangkan Karakter Kepemimpinan (Leadership) Anak Kelompok B di ECE Alam Ungaran. Skripsi: Universitas Negeri Semarang, (Septiani,2016). http://lib.unnes.ac.id/28456/1/1201412018.pdf
Sujiono. 2007. Metode Pengembangan Fisik. Jakarta: Universitas Terbuka.
Susmiyati J, Suryono. Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Alam untuk Pengembangan Koginitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal: Universitas Negeri Yogyakarta, 2014. https://journal.uny.ac.id/index.php/jppm/article/view/2691
Sutrisno & Harjono, H.S. (2005). Pengenalan Lingkungan Alam Sekitar sebagai Sumber Belajar Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan Dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.
Wells & Nancy. (2014). School Gardens grow kids’ physical activity. Human Ecology. 42(1).
wlady
Wulansari, sugito. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Alam untuk Meningkatkan Kualitas Proses Belajar Anak Usia Dini (Jurnal: Universitas Negeri Yogyakarta), Wulansari (2016:8). https://journal.uny.ac.id/index.php/jppm/article/view/7919
Wulansari. Model Pembelajaran berbasis Alam sebagai Alternatif Pengembangan Karakter Peduli Lingkungan. Jurnal: Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 2017. https://journal.umpo.ac.id/index.php/dimensi/article/view/575
Young, Menghibur dan Mendidik Anak. (Jakarta: Penerbit Erlangga, (Young, 2009:82).

Downloads

Published

2024-03-19

Issue

Section

Artikel