Nature Fun Learning in Early Childhood Education based on Nature (In The Bulukerto Nature Play Group)

Kuswanto Kuswanto* -  Muhammadiyah Ponorogo University, Indonesia
Betty Yulia Wulansari -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia
Muhammad Azam Muttaqin -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia

DOI : 10.24269/jin.v9i1.8911

Nature-based early childhood education (PAUD) is currently one of the trend centers for educational institutions. Nature-based PAUD is PAUD whose learning uses nature as a learning resource, learning media and outdoor play area. KB Alam Bulukerto is one of the nature-based PAUDs in Wonogiri Regency. This KB is one of the favorite KBs with the advantage of Nature Fun Learning. Nature Fun Learning is a natural activity typical of the Alam Bulukerto Play Group (KB) which needs to be researched in order to spread good practice in its activities. This research method uses qualitative descriptive research with the research subjects being principals, teachers, students and guardians of KB Alam Bulukerto. The aim of this research is to examine good practices of Nature Fun Learning at KB Alam Bulukerto. The results of this research found good practices in Nature Fun Learning activities in the form of (1) Nature Walk, (2) Gardening, and (3) Raising.

 

 

Keywords
Nature-Based ECE, Nature Fun Learning, Anak Usia Dini
  1. Aprilia, Trihantoyo, Pembelajaran Berbasis Alam dalam Membentuk Karakter Siswa Cinta Lingkungan dan Berbasis Religi Islami di Jenjang SD Sekolah Alam Al-Izzah Krian. Jurnal: Universitas Negeri Surabaya. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=cdQAXgkAAAAJ&citation_for_view=cdQAXgkAAAAJ:MXK_kJrjxJIC
  2. Bamawi dan Arifin (2016:55) Pengertian secara khusus, karakter adalah nilai-nilai yang khas baik (tahu nilai kebaikan, mau berbuat baik, nyata berkehidupan baik, dan berdampak baik terhadap lingkungan) yang terpatri dalam diri dan terwujud dalam perilaku.
  3. bangan Fisik, Jakarta: Universitas Terbuka
  4. Beetlestone, F. (2012). Creative Learning: Strategi Pembelajaran untuk Melesatkan
  5. Bungin, Penelitian Kualitatif, Komunikasi, Ekonomi, kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial lainnya. Jakarta: PT. Prenada Media Group, (Bungin, 2015:18).
  6. Cinda, Jacobus. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah melalui Keteladan dan Pembiasaan. Jurnal: STKIP Singkawang kalbar, 2016. http://repository.iainkudus.ac.id/6402/5/5.%20BAB%20II.pdf
  7. di Taman Kanak-Kanak. ITB: Jurnal Tingkat Sarjana Seni Rupa dan Desain, 1, 1-10. https://jurnal.uns.ac.id/kumara/article/view/35108
  8. Didik dalam Interaksi Edukatif .
  9. Doddington dan Hilton. Pendidikan berpusat pada Anak. Jakarta: PT Indeks, (Doddington & Hilton, 2010:8).
  10. Fadlillah (2016) Karakter adalah sebuah kebiasaan yang sudah terpatri dalam jiwa setiap individu dan sulit untuk dihilangkan. http://eprints.umpo.ac.id/2019/2/Prosiding%20Semnas%20PPKN.pdf
  11. Ghony & F Amanshur. Metode Penelitian Kualitatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
  12. Gunawan. Metode Penelitian Kualitatif, Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara, . (Gunawan, 2017:218).
  13. Herdianing, M. (2014). Desain Sarana Berkebun dan Bermain Untuk Anak Usia 4-6 Tahun
  14. Heryanto. (2017). Pendidikan karakater Anak Usia Dini Berbasis Lingkungan Alam. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 3(2). www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/a
  15. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2018.41-06
  16. Jakarta: Rineka Cipta.
  17. Kreatifitas Siswa. Bandung: Nusa Media.Bobbi, Mark, Sarah Singer-Nourie.(2008).Quantum Teaching.Bandung:PT Mizan Pustaka.
  18. Kristiana, Peningkatan Nilai - Nilai karakter Anak Usia Dini Melalui Kesenian Reyog Ponorogo http://journal.umpo.ac.id/index.php/indria/index
  19. Moeslichatoen R. Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta:Rineka Cipta, (Moeslichatoen, 2014:13).
  20. Pendidikan Anak. Volume 4 Nomor 1 Juni. 2018. 85-102.
  21. Rahmawati 2016:12, CD interaktif sebagai media pembelajaran berbahasa bagi anak usia dini di ponorogo. http://journal.umpo.ac.id/index.php/indria/index
  22. Rohmah, “Pengembangan Karakter pada Anak Usia Dini (AUD).” Al-Athfal: Jurnal. (Rohmah, 2018 85-102)
  23. Sanusi, Pembelajaran dengan Pendekatan Humanistik . Penelitian pada MTs Negeri Model Cigugur Kuningan, (Sanusi,2013:125). https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=wN0JfZoAAAAJ&citation_for_view=wN0JfZoAAAAJ:u-x6o8ySG0sC
  24. Septiani. Penyelenggaraan Pembelajaran Berbasis Alam guna Mengembangkan Karakter Kepemimpinan (Leadership) Anak Kelompok B di ECE Alam Ungaran. Skripsi: Universitas Negeri Semarang, (Septiani,2016). http://lib.unnes.ac.id/28456/1/1201412018.pdf
  25. Sujiono. 2007. Metode Pengembangan Fisik. Jakarta: Universitas Terbuka.
  26. Susmiyati J, Suryono. Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Alam untuk Pengembangan Koginitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal: Universitas Negeri Yogyakarta, 2014. https://journal.uny.ac.id/index.php/jppm/article/view/2691
  27. Sutrisno & Harjono, H.S. (2005). Pengenalan Lingkungan Alam Sekitar sebagai Sumber Belajar Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan Dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.
  28. Wells & Nancy. (2014). School Gardens grow kids’ physical activity. Human Ecology. 42(1).
  29. wlady
  30. Wulansari, sugito. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Alam untuk Meningkatkan Kualitas Proses Belajar Anak Usia Dini (Jurnal: Universitas Negeri Yogyakarta), Wulansari (2016:8). https://journal.uny.ac.id/index.php/jppm/article/view/7919
  31. Wulansari. Model Pembelajaran berbasis Alam sebagai Alternatif Pengembangan Karakter Peduli Lingkungan. Jurnal: Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 2017. https://journal.umpo.ac.id/index.php/dimensi/article/view/575
  32. Young, Menghibur dan Mendidik Anak. (Jakarta: Penerbit Erlangga, (Young, 2009:82).

Full Text:
Article Info
Submitted: 2024-02-01
Published: 2024-03-19
Section: Artikel
Article Statistics: