Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Media Sosial Terhadap Intensi Berwirausaha dengan Literasi Keuangan Sebagai Mediator
DOI : 10.24269/dpp.v12i1.9588
Kewirausahaan menjadi kunci dalam menciptakan inovasi dan lapangan kerja yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi suatu negara. Akan tetapi permasalahannya adalah rendahnya intensi berwirausaha pada masyarakat, dimana intensi berwirausaha berfungsi sebagai indikasi awalseseorang bertindak sebagai wirausahawan atau tidak, dan menunjukkan bagaimana seseorang berusaha dengan keras untuk mencapai tujuan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan intensi berwirausahaan mahasiswa Program Studi Manajemen FEB Universitas Kuningan dan juga mengetahui bagaimana pendidikan kewirausahaan dan media sosial mempengaruhi intensi berwirausaha melalui literasi keuangan sebagai mediator. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan survei terhadap mahasiswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Manajemen FEB Universitas Kuningan angkatan 2020-2021 yang berjumlah 812 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan membagikan angket kepada mahasiswa Manajemen FEB Universitas Kuningan angkatan 2020-2021. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian adalah random sampling, dengan jumlah mahasiswa yang dipilih sebanyak 268 siswa. Temuan penelitian ini mengungkapkan tiga poin utama: pertama, pendidikan kewirausahaan berdampak positif dan signifikan meningkatkan intensi berwirausaha; kedua, media sosial berperan positif dan signifikan dalam mendorong intensi berwirausaha; ketiga, literasi keuangan bertindak sebagai faktor mediasi antara pendidikan kewirausahaan dan intensi berwirausaha; keempat, literasi keuangan menjadi mediator antara media sosial dan intensi berwirausaha. Untuk meningkatkan intensi berwirausaha dapat dilakukan pelatihan, seminar, workshop literasi keuangan, literasi digital serta kwirausahaan.
- Achmat, Z. (2010). Theory of planned behavior, masihkah relevan. Jurnal Universitas Sumatera Utara, 23(2), 1-20.
- Alshebami, Ali Saleh & Al Marri, Salem Handhal. (2022). “The Impact of Financial Literacy on Entrepreneurial Intention: The Mediating Role of Saving Behavior”. Frontiers in Psychology. 13, 1-10
- Assidiq, M.Z., Amirotu I.I., Qonita, A.Z., & Leksona, B. (2024). 17 Teori Komunikasi Massa Menurut Para Ahli. Mahasiswa Ilmu Komunikasi Wajib Tahu!. Diakses pada Mei 19, 2024, dari https://telkomuniversity.ac.id/17-teori-komunikasi-massa-menurut-para-ahli-mahasiswa-ilmu-komunikasi-wajib-tahu/
- Cahayaningrum, A. F., & Susanti, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Sosial Media, Pendidikan Kewirausahaan, Dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Berwirausaha Online Pada Siswa SMK Negeri 1 Pangkalan Bun. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan), 5(1), 104-118.
- Dadag. (2023, March 10). Rasio Kewirausahaan Jadi Prasyarat Indonesia Menuju Negara Maju Tahun 2045. Diakses pada November 15, 2023, dari https://pasardana.id/news/2023/3/10/rasio-kewirausahaan-jadi-prasyarat-indonesia-menuju-negara-maju-tahun-2045/#:~:text=Pasardana.id%20%2D%20Menteri%20Koperasi%20dan,4%20persen%20dari%20populasi%20penduduk.
- Djohan, H. A. (2021). Intensi Berwirausaha Ditinjau Dari Efikasi Diri Dan Kreativitas. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 18 (1), 12-21
- Essel, E. O., Min, W., Essel, C. H., & Dumor, K. (2020). Unemployment blues: analysis of the dual mediating effects of knowledge and perception on entrepreneurial intentions in the environment. Sage Open, 10(3), 2158244020936218.
- Fernando & Handoyo. (2022). “Pengaruh Literasi Digital, Media Sosial, Dan E-Commerce Terhadap Keputusan Berwirausaha Mahasiswa”, Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan. 4, (1), 99-106
- Heriyanto, Y. (2020). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Self Efficacy, Dan Penggunaan Media Sosial Melalui Motivasi Berwirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Ekonomi Pembangunan Unnes Angkatan 2017. Jurnal Ekonomi & Bisnis, 4(2), 2-19.
- Hidayat, H. (2020). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga Terhadap Motivasi Berwirausaha Pada Mahasiswa HIPMI PT Universitas Telkom (Doctoral dissertation, Universitas Komputer Indonesia).
- Indrianto, Nur dan Bambang Supomo. (1999). Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta
- Iskandar, I., Yuliati, Y., Suryani, Y., & Mulyati, S. (2023). THE EFFECT OF ENTREPRENEURIAL KNOWLEDGE ON ENTREPRENEURIAL INTENTION WITH THE MEDIATION OF ENTREPRENEURIAL ATTITUDES, SUBJECTIVE NORMS, AND SELF-EFFICACY. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 17(2), 313-321.
- Lathifah, N. N., Siregar, F. A., & Risqiani, R. (2023). PENGARUH PEMASARAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP CUSTOMER BRAND ENGAGEMENT DAN BRAND LOYALTY. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 20(02), 119-130.
- Pérez-Macías, N., Gismera Tierno, L., & De Nicolas, V. L. (2023). Educational Innovation Boosting Students’ Entrepreneurial Intentions. SAGE Open, 13(3), 21582440231196457.
- Nandy. Pengertian Media Sosial, Sejarah, Fungsi, Jenis, Manfaat, dan Perkembangannya. Diakses pada Novemeber 23, 2023, dari https://www.gramedia.com/literasi/pengertian-media-sosial/
- Rahmat, P. S. (2020). Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Perilaku Kewirausahaan Terhadap Perkembangan Usaha. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 17(1), 24-34. DOI: 10.25134/equi.v17i01.
- Rastiti, M. S. (2023). “Niat Berwirausaha: Pendidikan Kewirausahaan, Literasi Ekonomi dan Self Efficacy”, Jurnal Jukom. 1, (1), 1-20
- Sahroh, A. F. (2018). Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Tingkat Penggunaan Media Sosial Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi Di Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 6(3).
- Salsabila, P. A. N., & Wibowo, A. (2023). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan Dan Media Sosial Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta. Mufakat: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 2(4), 67-89.
- Setiawan, I., Mulyati, S., Suryani, Y., Pratiwi, R. T., Wulandini, S., & Putri, A. (2023). Analisis Persepsi Mahasiswa Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 20(02), 169-177.
- Sulasiningsih. (2015). “Pendidikan Kewirausahaan Di Perguruan Tinggi: Pentingkah Untuk Semua Profesi?”, Jurnal Economia. 11, (1). 1-9
- Tangkeallo, D. I. & Tangdialla, R. (2021). “Analisis Pendidikan Kewirausahaan dan Penggunaan Media Sosial Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi UKI Toraja”, JEKPEND. 4, (1). 74-79
- Xu, H., Gong, Y., Zhang, Q., & Xie, J. (2020). Relationship between social media activities and thinking styles. Marketing Intelligence & Planning, 38(2), 195-208.Wiratno, Siswo. (2012). “Pelaksanaan Pendidikan Kewirausahaan Di Pendidikan Tinggi”, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 18, (4). 453-466
- Wibowo, S., & Pramudana, K. A. S. (2016). Pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha yang dimediasi oleh sikap berwirausaha (Doctoral dissertation, Udayana University).
- Woli, S. G., & Wardani, D. K. (2021). Pengaruh Budaya Bisnis Masyarakat, Literais Keuangan, Self Efficacy Dan Lingkunga Keluarga Terhadap Minat Berwirahusaha Di Kota Yogyakarta. Jurnal Akuntansi, 9(1), 1-14.
- Yanuardianto, E. (2019). Teori Kognitif Sosial Albert Bandura (Studi Kritis Dalam Menjawab Problem Pembelajaran di Mi). Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 94-111.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.