Inovasi E-Modul Berbasis MooDis Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X MA Ma’arif Durensewu Pandaan
DOI : 10.24269/dpp.v12i2.9585
Kurangnya motivasi siswa dalam pembelajaran menyebabkan rendahnya motivasi belajar siswa, maka tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi belajar dengan mempergunakan media pembelajaran E-Modul berbasis MooDis, media ini diasumsikan menarik dan dapat membantu siswa kelas X di MA Ma’arif Durensewu Pandaan dalam memahami mata pelajaran Al-Qur’an Hadis. E-Modul berbasis MooDis adalah sebuah penelitian pengembangan research and development (R&D) yang memanfaatkan model pengembangan anlyze, design, development, implementation dan evaluation (ADDIE). Cara pengumpulan data dengan menyebarkan angket siswa kelas X sejumlah 16 siswa kemudian dianalisis melalui uji paired sample t test sebagai data kuantitatif. Penelitian ini didapatkan hasil bahwa penggunaan E-Modul berbasis MooDis ini memperoleh skor rata-rata sebesar 91,4% dan dapat dikategorikan sangat layak. Maka, kesimpulan yang didapatkan adalah media pembelajaran E-Modul berbasis MooDis yang telah dikembangakan valid dan sangat layak untuk digunakan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.
Keywords
E-Modul, MooDis, Al-Qur’an Hadis, MA
- Agustini, K., & Ngarti, J. G. (2020). Pengembangan Video PemAgustini, K., & Ngarti, J. G. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model R & D. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(April 2020), 62–78. https://ejournal.undiksha.ac.id. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(April 2020), 62–78. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/download/18403/14752
- Bahri, A., Novia Arifin, A., & Abrar, A. (2021). Pengembangan E-Modul Biologi untuk Siswa Sma Kelas XII.
- Basaroh, A. S., Al Muhdhar, M. H. I., Prasetyo, T. I., Sumberartha, I. W., Mardiyanti, L., & Fanani, Z. (2021). Pengembangan E-Modul Model Eksperiental Jelajah Alam Sekitar (Ejas) Pada Materi Plantae. Jurnal Pendidikan Biologi, 12(1), 30. https://doi.org/10.17977/um052v12i1p30-39
- Dewi, M. S. A., & Lestari, N. A. P. (2020). E-Modul Interaktif Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 433–441.
- Fajriati, I. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Lectora Inspire Pengembangan E-Modul Berbasis Lectora Inspire Mata Pelajaran Administrasi Humas dan Keprotokolan Pada Siswa Kelas XI APK di SMK PGRI 2 Sidoarjo Indah Fajriati. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 6(2), 132–137. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/JPAPUNESA/article/view/32138
- Febrista, D., & Efrizon, E. (2021). Pengembangan e-Modul Interaktif Berbasis Android pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika Kelas XI Teknik Audio Vidio. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 9(3), 102. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v9i3.113750
- Hadi, M. N., & Yusuf, W. F. (2022). Inovasi pendidikan agama islam. Jurnal Mu’allim, 4(1).
- Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada mata pelajaran Kimia kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424
- Khairinal, K., Suratno, S., & Aftiani, R. Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Berbasis Flip Pdf Profesional untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X IIS 1 SMA Negeri 2 Kota Sungai Penuh. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 458–470.
- Laraphaty, N. F. R., Riswanda, J., Anggun, D. P., Maretha, D. E., & Ulfa, K. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MODUL ELEKTRONIK (E-MODUL). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, 145–156. http://proceedings.radenfatah.ac.id/index.php/semnaspbio
- M. S. Zaini And J. Nugraha. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Premiere Pro Pada Kompetensi Dasar Mengelola Kegiatan Humas Kelas Xi Administrasi Perkantoran Di Smk Negeri 2 Buduran Sidorajo. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (Jpap), 9.
- Masruroh, D., & Agustina, Y. (2021). E-modul berbasis Android sebagai pendukung pembelajaran daring dan upaya untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Pendidikan, 1(6), 559–568. https://doi.org/10.17977/um066v1i62021p559-568
- Muzakki, A., Zainiyati, H. S., Rahayu, D. C., & Khotimah, H. (2021). Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam Vol . 10 / No . 01 , Februari 2021 Desain Pembelajaran Model Assure Berbasis … Analisis Implementasi Adab Berdialog …. Jurnal Pendidikan Islam, 10(01), 149–162.
- Nafisah, D., & Astuti, C. C. (2023). Development of U-Inform Learning Media in Informatics Class X of Smk Negeri 1 Bangil [Pengembangan Media Pembelajaran U-Inform pada Mata Pelajaran Informatika Kelas X di Smk Negeri 1 Bangil].
- Nopiani, R., Made Suarjana, I., & Sumantri, M. (2021). EModul Interaktif Pada Pembelajaran Tematik Tema 6 Subtema 2 Hebatnya Citacitaku. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2), 276. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36058
- Pradnyana, I. K. A., Agustini, K., & Santyasa, I. W. (2021). Pengembangan E-Modul Interaktif Kolaboratif Pada Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar. Jurnal Jendela Pendidikan, 1(04), 218–225. https://doi.org/10.57008/jjp.v1i04.24
- R. Agustien, N. Umamah, S. S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dua Dimensi Situs Pekauman Di Bondowoso Dengan Model Addie Mata Pelajaran Sejarah Kelas X Ips. Jurnal Edukasi.
- Ramadhani, R., & Fitri, Y. (2020). Validitas E-Modul Matematika Berbasis EPUB3 Menggunakan Analisis Rasch Model. Jurnal Gantang, 5(2), 95–111. https://doi.org/10.31629/jg.v5i2.2535
- Ricu Sidiq, & Najuah. (2020). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Sejarah, 9(1), 1–14. https://doi.org/10.21009/jps.091.01
- Ripai, I., & Ropiah, O. (2023). Media Pembelajaran Digital Berbasis Prezi pada Matakuliah E Commerce terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi STKIP Muhammadiyah Kuningan. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(2), 130–141. https://doi.org/10.24269/dpp.v11i2.6205
- Salfia, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis E-Modul Interaktif Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Intergal SMA Kelas XII.
- Wulandari, C. Y., & Sulistyowati, R. (2022). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Flip Pdf Professional Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan di Sekolah Menengah Kejuruan. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4882–4889. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.3027
- Yolanda, R., & Basri, W. (2021). Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Flip PDF Pro Mata Pelajaran Sejarah Indonesia untuk Madrasah Aliyah. Jurnal Kronologi, 3(2), 125–136. https://doi.org/10.24036/jk.v3i2.155
- Zahrotissa’adah, U., & Sulistyowati, R. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Buku Saku Perencanaan Bisnis pada Kompetensi Dasar Menganalisis Lingkungan Pemasaran Untuk Kelas X BDP SMKN 2 Kediri. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(2), 1223–1229. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/download/40550/35134/
Copyright (c) 2024 Dini Nahdiyah, Muhammad Nur Hadi, Anang Sholekhudin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.