Inovasi E-Modul Berbasis MooDis Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X MA Ma’arif Durensewu Pandaan

Dini Nahdiyah* -  , Indonesia
Muhammad Nur Hadi -  Universitas Yudharta Pasuruan, Indonesia
Anang Sholekhudin -  Universitas Yudharta Pasuruan, Indonesia

DOI : 10.24269/dpp.v12i2.9585

Kurangnya motivasi siswa dalam pembelajaran menyebabkan rendahnya motivasi belajar siswa, maka tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi belajar dengan mempergunakan media pembelajaran E-Modul berbasis MooDis, media ini diasumsikan menarik dan dapat membantu siswa kelas X di MA Ma’arif Durensewu Pandaan dalam memahami mata pelajaran Al-Qur’an Hadis. E-Modul berbasis MooDis adalah sebuah penelitian pengembangan research and development (R&D) yang memanfaatkan model pengembangan anlyze, design, development, implementation dan evaluation (ADDIE). Cara pengumpulan data dengan menyebarkan angket siswa kelas X sejumlah 16 siswa kemudian dianalisis melalui uji paired sample t test sebagai data kuantitatif. Penelitian ini didapatkan hasil bahwa penggunaan E-Modul berbasis MooDis ini memperoleh skor rata-rata sebesar 91,4% dan dapat dikategorikan sangat layak. Maka, kesimpulan yang didapatkan adalah media pembelajaran E-Modul berbasis MooDis yang telah dikembangakan valid dan sangat layak untuk digunakan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.
Keywords
E-Modul, MooDis, Al-Qur’an Hadis, MA
  1. Agustini, K., & Ngarti, J. G. (2020). Pengembangan Video PemAgustini, K., & Ngarti, J. G. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model R & D. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(April 2020), 62–78. https://ejournal.undiksha.ac.id. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(April 2020), 62–78. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/download/18403/14752
  2. Bahri, A., Novia Arifin, A., & Abrar, A. (2021). Pengembangan E-Modul Biologi untuk Siswa Sma Kelas XII.
  3. Basaroh, A. S., Al Muhdhar, M. H. I., Prasetyo, T. I., Sumberartha, I. W., Mardiyanti, L., & Fanani, Z. (2021). Pengembangan E-Modul Model Eksperiental Jelajah Alam Sekitar (Ejas) Pada Materi Plantae. Jurnal Pendidikan Biologi, 12(1), 30. https://doi.org/10.17977/um052v12i1p30-39
  4. Dewi, M. S. A., & Lestari, N. A. P. (2020). E-Modul Interaktif Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 433–441.
  5. Fajriati, I. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Lectora Inspire Pengembangan E-Modul Berbasis Lectora Inspire Mata Pelajaran Administrasi Humas dan Keprotokolan Pada Siswa Kelas XI APK di SMK PGRI 2 Sidoarjo Indah Fajriati. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 6(2), 132–137. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/JPAPUNESA/article/view/32138
  6. Febrista, D., & Efrizon, E. (2021). Pengembangan e-Modul Interaktif Berbasis Android pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika Kelas XI Teknik Audio Vidio. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 9(3), 102. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v9i3.113750
  7. Hadi, M. N., & Yusuf, W. F. (2022). Inovasi pendidikan agama islam. Jurnal Mu’allim, 4(1).
  8. Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada mata pelajaran Kimia kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424
  9. Khairinal, K., Suratno, S., & Aftiani, R. Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Berbasis Flip Pdf Profesional untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X IIS 1 SMA Negeri 2 Kota Sungai Penuh. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 458–470.
  10. Laraphaty, N. F. R., Riswanda, J., Anggun, D. P., Maretha, D. E., & Ulfa, K. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MODUL ELEKTRONIK (E-MODUL). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, 145–156. http://proceedings.radenfatah.ac.id/index.php/semnaspbio
  11. M. S. Zaini And J. Nugraha. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Premiere Pro Pada Kompetensi Dasar Mengelola Kegiatan Humas Kelas Xi Administrasi Perkantoran Di Smk Negeri 2 Buduran Sidorajo. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (Jpap), 9.
  12. Masruroh, D., & Agustina, Y. (2021). E-modul berbasis Android sebagai pendukung pembelajaran daring dan upaya untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Pendidikan, 1(6), 559–568. https://doi.org/10.17977/um066v1i62021p559-568
  13. Muzakki, A., Zainiyati, H. S., Rahayu, D. C., & Khotimah, H. (2021). Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam Vol . 10 / No . 01 , Februari 2021 Desain Pembelajaran Model Assure Berbasis … Analisis Implementasi Adab Berdialog …. Jurnal Pendidikan Islam, 10(01), 149–162.
  14. Nafisah, D., & Astuti, C. C. (2023). Development of U-Inform Learning Media in Informatics Class X of Smk Negeri 1 Bangil [Pengembangan Media Pembelajaran U-Inform pada Mata Pelajaran Informatika Kelas X di Smk Negeri 1 Bangil].
  15. Nopiani, R., Made Suarjana, I., & Sumantri, M. (2021). EModul Interaktif Pada Pembelajaran Tematik Tema 6 Subtema 2 Hebatnya Citacitaku. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2), 276. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36058
  16. Pradnyana, I. K. A., Agustini, K., & Santyasa, I. W. (2021). Pengembangan E-Modul Interaktif Kolaboratif Pada Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar. Jurnal Jendela Pendidikan, 1(04), 218–225. https://doi.org/10.57008/jjp.v1i04.24
  17. R. Agustien, N. Umamah, S. S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dua Dimensi Situs Pekauman Di Bondowoso Dengan Model Addie Mata Pelajaran Sejarah Kelas X Ips. Jurnal Edukasi.
  18. Ramadhani, R., & Fitri, Y. (2020). Validitas E-Modul Matematika Berbasis EPUB3 Menggunakan Analisis Rasch Model. Jurnal Gantang, 5(2), 95–111. https://doi.org/10.31629/jg.v5i2.2535
  19. Ricu Sidiq, & Najuah. (2020). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Sejarah, 9(1), 1–14. https://doi.org/10.21009/jps.091.01
  20. Ripai, I., & Ropiah, O. (2023). Media Pembelajaran Digital Berbasis Prezi pada Matakuliah E Commerce terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi STKIP Muhammadiyah Kuningan. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(2), 130–141. https://doi.org/10.24269/dpp.v11i2.6205
  21. Salfia, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis E-Modul Interaktif Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Intergal SMA Kelas XII.
  22. Wulandari, C. Y., & Sulistyowati, R. (2022). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Flip Pdf Professional Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan di Sekolah Menengah Kejuruan. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4882–4889. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.3027
  23. Yolanda, R., & Basri, W. (2021). Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Flip PDF Pro Mata Pelajaran Sejarah Indonesia untuk Madrasah Aliyah. Jurnal Kronologi, 3(2), 125–136. https://doi.org/10.24036/jk.v3i2.155
  24. Zahrotissa’adah, U., & Sulistyowati, R. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Buku Saku Perencanaan Bisnis pada Kompetensi Dasar Menganalisis Lingkungan Pemasaran Untuk Kelas X BDP SMKN 2 Kediri. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(2), 1223–1229. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/download/40550/35134/

Full Text:
Article Info
Submitted: 2024-06-15
Published: 2024-07-21
Section: Artikel
Article Statistics: