Penerapan Metode Inquiry untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dalam Pembelajaran IPA di UPT SDN 010 Siabu

Authors

  • Regita Berlian Widodo Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Sumianto Sumianto Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Melvi Lesmana Alim Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Rizki Ananda Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Yenni Fitra Surya Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.24269/dpp.v12i1.8524

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi pembelajaran yang masih didominasi oleh guru, siswa tidak berani tampil dan menyampaikan pendapat, serta siswa kesulitan memahami materi yang disampaikan guru. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perencanaan dan pelaksanaan metode inquiry untuk meningkatkan keterampilan proses sains dalam muatan IPA di SDN 010 Siabu. Penelitian ini adalah jenis penelitian Tindakan kelas dengan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II dengan tahapan perencanaa, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V SDN 010 Siabu yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi dengan menggunakan instrument berupa lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta lembar observasi keterampilan proses sains. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dari hasil wawancara dengan guru dan analisis kuantitatif dari hasil observasi keterampilan proses sains siswa. Hasil penelitian menunjukkan perencanaan pembelajaran metode inquiry yaitu mempersiapkan silabus, RPP, lembar kerja  siswa dan lembar observasi siswa dan guru serta lembar observasi keterampilan proses sains. Keterlaksanaan pembelajaran terlihat dari aktivitas guru menerapkan metode inquiry dari 85% meningkat menjadi 90,84% terlaksana dengan sangat baik. Hal ini menyebabkan peningkatan juga pada keterampilan proses sains siswa dari 63,71 pada siklus I meningkat sebanyak 28,13 menjadi 91,84 sangat baik pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode inquiry dapat meningkatkan keterampilan proses sains dalam pembelajaran muatan IPA di SDN 010 Siabu.

References

Aguss, R. M., Amelia, D., Abidin, Z., & Permata, P. (2021). Pelatihan Pembuatan Perangkat Ajar Silabus Dan Rpp Smk Pgri 1 Limau. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 2(2), 48. https://doi.org/10.33365/jsstcs.v2i2.1315
Baho, A. G., Puang, D. M. El, & Timba, F. N. S. (2021). Pengaruh Penerapan Model Project Basse Learning (PJBL) Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas IV SDK Wairpelit. Nagalalang Primary Education, 3(1), 16–23.
Damayanti, I. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ipa Sekolah Dasar. Jpgsd, 2(3), 1–12.
Desstya, A. (2015). Keterampilan Proses Sains Dan Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar (Telaah Buku Siswa Kelas Iv Sd Tema 2 Karya Sumini). Profesi Pendidikan Dasar, 2(2), 95–102.
Dewi, A. C. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Berbantuan Media Animasi Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Journal for Lesson and Learning Studies, 1(3), 165–173. https://doi.org/10.23887/jlls.v1i3.15371
Dewi, P. S. (2016). Perspektif Guru Sebagai Implementasi Pembelajaran Inkuiri Terbuka dan Inkuiri Terbimbing terhadap Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 1(2), 179. https://doi.org/10.24042/tadris.v1i2.1066
Handayani, B. T., Arifuddin, M., & Misbah, M. (2017). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Melalui Model Guided Discovery Learning. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(3), 143. https://doi.org/10.20527/jipf.v1i3.1016
Iswari, M., Kasiyati, K., Zulmiyetri, Z., & Ardisal, A. (2017). Bimbingan Teknis Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Artikel pada Guru-Guru Sekolah dasar di SD N 17 Limau Manis Padang. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(3), 156–162. https://doi.org/10.29210/119700
Juma’iyah, S. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Tentang Cara Perkembangbiakan Tumbuhan Dengan Keterampilan Proses Di Kelas Vi Sdn Sumberagung 03 Kecamatan Plumpang Tuban Pada Semester I Tahun Pelajaran 2015/2016. Education and Human Development Journal, 3(1). https://doi.org/10.33086/ehdj.v3i1.92
Kelas, S., Sdn, I. V, & Aceh, B. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri Pada Subtema Gerak Dan Gaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sdn 16 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, 3(4), 73–83.
Khotimah, K., Yuwono, I., & Rahardjo, S. (2016). Penerapan pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar trigonometri pada siswa kelas X. Jurnal Pendidikan, 1(11), 2158–2162.
Masus, S. B., & Fadhilaturrahmi, F. (2020). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Ipa Dengan Menggunakan Metode Eksperimen Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(2), 161–167. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.1129
Mitasari, R. N. (2018). Model Pembelajaran Edutainment Dalam Perkembangan Kognitif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(1), 41–49.
Muakhirin, B. (2014). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Pendekatan Pembelajaran Inkuiri Pada Siswa Sd. Jurnal Ilmiah Guru “COPE,” 01, 51–55. https://journal.uny.ac.id/index.php/cope/article/viewFile/2933/2453
Nur Jannah, I. (2020). Efektivitas Penggunaan Multimedia dalam Pembelajaran IPA di SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 54. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24135
Nurbani, D., Gusrayani, D., & Jayadinata, A. K. (2016). Pengaruh Model Learning Cycle Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Sd Kelas Iv Pada Materi Hubungan Antara Sifat Bahan Dengan Kegunaannya. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 211–220.
Prasasti, P. A. T. (2018). Efektivitas Scientific Approach With Guided Experiment Pada Pembelajaran Ipa Untuk Memberdayakan Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 16. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.3623
Qasim, M., & Maskiah. (2016). Perencanaan Pengajaran dalam Kegiatan Pembelajaran. E-Jurnal UIN Alauddin Makassar, 04(3), 484–492.
Rahayu, A. H., & Angg. (2017). Analisis Profil Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Sumedang. Pesona Dasar (Jurnal Pendidikan Dasar Dan Humaniora), 5(2), 22–33. https://doi.org/10.24815/pear.v7i2.14753
Rosiana, S., & Mulyani, M. (2017). Keefektifan Penggunaan Metode Parafrase dan Metode Inkuiri dalam Pembelajaran Apresiasi Puisi Berdasarkan Minat Baca pada Peserta Didik SMKN 1 Manonjaya dan SMK Nurul Wafa Tasikmalaya. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(1), 68–73.
Sari. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Alat-Alat Optik di SMA Negeri 11 Surabaya. 52–67.
Sayekti, I. C. (2019). Analisis Hakikat Ipa Pada Buku Siswa Kelas Iv Sub Tema I Tema 3 Kurikulum 2013. Profesi Pendidikan Dasar, 1(2), 129–144. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i2.9256
Setiawan, B., Widodo, W., & Astriani, D. (2017). Pendampingan Pembuatan Artikel Ptk Bagi Guru Ipa Kota Probolinggo. Jurnal ABDI, 2(2), 18. https://doi.org/10.26740/ja.v2n2.p18-22
Sholehat, M., Hairida, & Rasmawan, R. (2016). Analisis Keterampilan Kerja Ilmiah Siswa Di Sma Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatuistiwa, 5(10), 1–12.
Silalahi, W. (2018). SEJ (School Education Journal) Vol. 8. No 2 Juni 2018. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Iv Sdn Nomor 14 Simbolon Purba, 8(2), 112.
Tarigan, B. N. B., Agung, A. A. G., & Parmiti, D. P. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Bermuatan Karakter Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa. Journal of Education Technology, 3(3), 179. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21743
Wicaksana, A., & Rachman, T. (2018). Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(1), 10–27. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
Widiyatmoko, A. (2013). Pengembangan perangkat pembelajaran ipa terpadu berkarakter menggunakan pendekatan humanistik berbantu alat peraga murah. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1), 76–82. https://doi.org/10.15294/jpii.v2i1.2513
Wijana, G. N., Ngurah, G., Smpn, W., & Jember, S. (n.d.). Dan luas segitiga dengan metode inkuiri.
Yuliati, Y. (2016). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v2i2.335
Yusuf, M., & Wulan, A. R. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Pembelajaran Tipe Shared dan Webbed untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 1(2), 19–26. https://doi.org/10.21009/1.01204

Published

2024-01-30