Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Menggunakan Media Audio Visual pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila di UPT SDN 010 Siabu
DOI:
https://doi.org/10.24269/dpp.v12i1.8486Abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa di kelas IV UPT SDN 010 Siabu. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas IV UPT SDN 010 Siabu. Penelitian ini merupakan penelitian tindalan kelas, yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini yaitu 1 orang guru dan 26 orang siswa, sedangkan objeknya adalah menggunakan media audio visual berupa vidio dari aplikasi capcut untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Instrumen yang dugunakan dalam penelitian ini terdiri dari lembar observasi guru dan lembar observasi siswa selama pembelajaran berlangsung dengan menggunakan media audio visual. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan ditemukan bahwa ketuntasan secara klasikal dari data pada siklus 1 pertemuan I sebesar 19, 23% dan pada pertemuan II menjadi 23, 08%. Pada siklus II pertemuan I sebesar 88, 46% dan di pertemuan II meningkat lagi menjadi 92, 30%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan media audio visual dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
References
													Anggraini, I, S. (2016). Motivasi Belajar dan Faktor-Faktor yang Berpengaruh pada Interaksi Pembelajaran Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 1(2), 100–109.
Arianti. (2018). Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Didaktika Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i6.284
Darmawati, J. (2013). Pengaruh Motivasi Belajar dan Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa SMA Negeri di Kota Tuban. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 1(1), 79–90.
Dewi, N., Murtinugraha, R, E., & Arthur, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Kuliah Teori dan Praktik Plambiang di Program Studi S1 PVKB UNJ. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 7(2), 25–34.
Emarawati, J, A. (2020). Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMKN 34 Jakarta Pusat.
Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172–182.
Fauziah, A., Rosnaningsih, A., & Azhar, S. (2017). Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Minat Belajar Siswa Kleas IV SDN Poris Gaga 05 Kota Tangerang. Jurnal JPSD, 4(2), 47–53.
Haryanti, T. (2023). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Dasar-Dasar Administrasi Pada Siswa Jurusan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran di SMK Tunas Pemuda. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 407–413. http://www.nber.org/papers/w16019
Ilhamira, G. (2015). Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Inggris melalui Video Pembelajaran.
Lubis, L, E. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Wudhu. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(6), 63–72.
Magdalena, I., Haq, A, S., & Ramdhan, F. (2020). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar Bojong 3 Pinang. Bintang: Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(3), 418–430.
Perwitasari, A., & Abidin, Z. (2014). Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKn melalui Model Time Token Arends dengan Media Audio visual. Joyful Learning Juornal, 3(1), 31–37.
Purnaningsih, P. (2017). Strategi Pemanfaatan Media Audio visual Untuk Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnak Informatika Universitas Pamulung, 2(1), 34–41.
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, November, 289–302.
Rahmawati, R. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Pada Mata Pelajaran Ekonomi Tahun Ajaran. In Skripsi.
Ramadhon, R., Jaenudin, R., & Fatimah, S. (2017). Pengaruh Beasiswa Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Sriwijaya. Jurnal Profit, 4(2), 203–213.
Sapriyah. (2019). Media pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 470–477.
Siregar, R. (2017). Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Permainan Menggunakan Bola Besar Dalam Pendidikan Jasmani di Kelas V SD. Jurnal Ilmiah PGSD, XII(2), 11–21.
Supardianto. (2022). Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MI Miftahul Huda Lehan. Skula: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Madrasah, 2(4), 29–36.
Yusuf, A., Suardana, I, N., & Selamet, K. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard IPA SMP Materi Tata Surya. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains, 4(1), 69–80.
				Arianti. (2018). Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Didaktika Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i6.284
Darmawati, J. (2013). Pengaruh Motivasi Belajar dan Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa SMA Negeri di Kota Tuban. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 1(1), 79–90.
Dewi, N., Murtinugraha, R, E., & Arthur, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Kuliah Teori dan Praktik Plambiang di Program Studi S1 PVKB UNJ. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 7(2), 25–34.
Emarawati, J, A. (2020). Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMKN 34 Jakarta Pusat.
Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172–182.
Fauziah, A., Rosnaningsih, A., & Azhar, S. (2017). Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Minat Belajar Siswa Kleas IV SDN Poris Gaga 05 Kota Tangerang. Jurnal JPSD, 4(2), 47–53.
Haryanti, T. (2023). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Dasar-Dasar Administrasi Pada Siswa Jurusan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran di SMK Tunas Pemuda. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 407–413. http://www.nber.org/papers/w16019
Ilhamira, G. (2015). Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Inggris melalui Video Pembelajaran.
Lubis, L, E. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Wudhu. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(6), 63–72.
Magdalena, I., Haq, A, S., & Ramdhan, F. (2020). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar Bojong 3 Pinang. Bintang: Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(3), 418–430.
Perwitasari, A., & Abidin, Z. (2014). Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKn melalui Model Time Token Arends dengan Media Audio visual. Joyful Learning Juornal, 3(1), 31–37.
Purnaningsih, P. (2017). Strategi Pemanfaatan Media Audio visual Untuk Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnak Informatika Universitas Pamulung, 2(1), 34–41.
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, November, 289–302.
Rahmawati, R. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Pada Mata Pelajaran Ekonomi Tahun Ajaran. In Skripsi.
Ramadhon, R., Jaenudin, R., & Fatimah, S. (2017). Pengaruh Beasiswa Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Sriwijaya. Jurnal Profit, 4(2), 203–213.
Sapriyah. (2019). Media pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 470–477.
Siregar, R. (2017). Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Permainan Menggunakan Bola Besar Dalam Pendidikan Jasmani di Kelas V SD. Jurnal Ilmiah PGSD, XII(2), 11–21.
Supardianto. (2022). Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MI Miftahul Huda Lehan. Skula: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Madrasah, 2(4), 29–36.
Yusuf, A., Suardana, I, N., & Selamet, K. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard IPA SMP Materi Tata Surya. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains, 4(1), 69–80.
Downloads
Published
																			2024-01-30
																	
				Issue
Section
								Artikel
							
						License
Copyright
Authors who publish their manuscripts in this journal agree to the following terms:
- The copyright on each article belongs to the author.
- The author acknowledges that Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran has the right to be the first to publish under a Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International CC BY 4.0) license.
- Authors may submit articles separately, arranging for the non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal to other versions (e.g., sent to the author's institutional repository, publication into books, etc.), acknowledging that the manuscript was first published in the Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran.
Â
License
Use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently published under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
Â
This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify, and make derivatives of this material for any purpose, including commercial purposes, as long as they give credit to the author for the original work.
 
							

_001.jpg)



