Korelasi Antara Tingkat Keaktifan Peserta didik dengan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning

Meri Meri* -  Tanjungpura University, Indonesia
Haratua Tiur Maria -  Universitas Tanjungpura, Indonesia
Venny Karolina -  Universitas Tanjungpura, Indonesia

DOI : 10.24269/dpp.v11i1.8448

Terdapat faktor menentukan kesuksesan hasil belajar satu diantaranya keaktifan belajar peserta didik.Tujuan penelitian mengetahui bagaimana keantifan belajar dan hasil belajar serta korelasi antara keaktifan dan hasil belajar peserta didik. subjek penelitian yaitu 38 orang kelas XII MIPA SMA Negeri 4 Pontianak. metode penelitian kuantitatif dengan teknik penelitian studi kasus melalui observasi dengan angket keatifivitas dan data hasil asessment formatif peserta didik. analisis data dengan SPSS. Keaktifan belajar peserta didik di kelas XII MIPA 1 SMA Negeri 4 Pontianak menunjukkan tingkat yang cukup dengan persentase sebesar 67,76%. Sementara itu, hasil belajar peserta didik mencapai rata-rata 86,60, yang dapat dikategorikan sebagai tinggi. Analisis statistik menggunakan SPSS mengungkapkan adanya korelasi signifikan antara keaktifan dan hasil belajar peserta didik,  nilai r adalah 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Korelasi ini sangat kuat, mencapai koefisien 0,874, menunjukkan hubungan positif: ketika keaktifan belajar tinggi, hasil belajar peserta didik juga tinggi, dan sebaliknya.

Keywords
Keaktifan Peserta Didik, Hasil Belajar, Discovery Learning
  1. Astuti, Cahyaning, C. (2017). AnalisisKorelasiuntuk Mengetahui Keeratan Hubunganantara Keaktifan Mahasiswadengan Hasil Belajar Akhir. JICTE (Journal of Information and Computer Technology Education), 1(1), 1–7.
  2. Dadi, A. F. P., & Kewa, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Time Token Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar PPKn Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 357–366. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.703
  3. Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v1i1.236
  4. Kawuri, Tinon, Retna, Yosephien, Maria., & Fayanto, S. (2020). Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas X MIPA SMAN 1 Piyungan Yogyakarta. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 5(1), 1–8.
  5. Meri, M., Enawaty, E., Masriani, M., Muharini, R., & Ulfah, M. (2022). Hubungan Motivasi dengan Hasil Belajar IPA Siswa Selama Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 10(1), 21–33. https://doi.org/10.33394/hjkk.v10i1.5176
  6. Nasrah, A. M. (2020). Analisis Motivasi Belajaar dan Hasil Belajar Daring Mahasiswa Pada Masa Pandemik Covid-19. Riset Pendidikan Dasar, 3(2), 207–213.
  7. Nuraini, N., Fitriani, F., & Fadhilah, R. (2018). Hubungan Antara Aktivitas Belajar Siswa Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas X Sma Negeri 5 Pontianak. AR-RAZI Jurnal Ilmiah, 6(1). https://doi.org/10.29406/arz.v6i1.939
  8. Nurul Istikomah, Stefanus Christian Relmasira, A. T. A. H. (2018). Penerapan Model Discovery Learning Pada Pembelajaran Ips Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO), 6(3), 139.
  9. Prasetyo, A. D., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Discovery Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1717–1724. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/991
  10. Putri, F. E., Amelia, F., & Gusmania, Y. (2019). Hubungan Antara Gaya Belajar dan Keaktifan Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 83–88. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v2i2.406
  11. Sispariyanto, Esy., Relmasira, C., & Hardini, Asri, T, A. (2019). UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DI KELAS IV SD. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2), 87–83.
  12. Sumianingrum, N. E. (2017). Efektivitas Metode Discovery Learning Berbantuan E-Learning di SMA Negeri 1 Jepara. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 1(1), 17. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v1i1.3710
  13. Yulia, P., & Ningsih, Utami, S. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Probing Promptingdan Contextual Teaching and LearningTerhadap Hasil Belajar Ditinjau dariMotivasiBelajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Edumatika Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 56–62. http://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/edumatika/article/view/218/203

Full Text:
Article Info
Submitted: 2023-12-13
Published: 2023-12-30
Section: Artikel
Article Statistics: