Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Budaya Literasi Ilmiah Mahasiswa Pai Uin Sunan Aampel Surabaya

Alaika M. Bagus Kurnia PS -  Institut Kesehatan dan Bisnis Surabaya, Indonesia
Sutikno Sutikno Sutikno -  Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
Dwi Erlindatur Rohmah* -  Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
Fary Achmad Julio -  Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
Fitri Ullynda Sari -  Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia

DOI : 10.24269/dpp.v11i1.8417

memakai model Problem based-learning (PBL). Karena tidak seluruh minat litarasi setiap individu itu sama. Oleh karena itu sang penulis mengangkat permasalahan ini melalui beberapa rumusan masalah, yaitu; Apa konstruksi model PBL pada tingkat mahasiswa? Bagaimana budaya literasi di perguruan tinggi? Bagaimana penerapan model Problem based-learning (PBL) dalam membangkitkan budaya literasi mahasiswa?. Metode yang digunakan, metode kualitatif melalui wawancara, observasi, library reaserch, serta pengumpulan data dengan memahami dan mempelajari teori-teori yang terkait dengan penelitian dari berbagai literature. Hasil yang didapati dari penelitian ini, pertama; pembahasan (PBL) model pembelajaran yang menciptakan mahasiswa menjadi mandiri, aktif, serta menyenangkan. Kedua budaya literasi di perguruan tinggi dimana tingkat literasi mahasiswa bisa terbilng rendah. Ketiga dapat meningkatkan budaya literasi mahasiswa dengan memberikan konteks nyata dalam pembelajaran, maka dari itu sangatlah penting mendalami penerapan model pembelajaran ini dengan budaya literasi ilmiah ini.

Keywords
Model Problem Based Learning, Literasi ilmiah, Penerapan
  1. Akbar, Aulia. "Minat Literasi Mahasiswa." Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran 4.2b (2020): 593-596.
  2. Dewiana Novitasari anad Masduki Absari, “Leaders Coaching di Sekolah: Apa Perannya Terhadap Kinerja Guru?, “Edumaspul: Jurnal Pendidikan” Vol. 5, no 1 (March 1, 2021): hal. 580-97, https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.1299.
  3. Dwi Novaria Misidawati, Pipit.Sundari, “Penerapan Model PBL dalam Matakuliah Teori Pengambilan Keputusan untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa,” "Jurnal Educatio FKIP UNMA" Vol. 7, no. 3 (August 7, 2021): hal. 922–28, https://doi.org/10319049/educatio.v7i3.1290.
  4. Hariyati, Nunuk, Syunu Trihantoyo, and Moh Syahidul Haq. "Optimalisasi Budaya Literasi Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya." El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 4.1 (2018): 91-104.
  5. Husnul..Hotimah, “Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar”. Jurnal edukasi, 2020, Vol. 7, No. 2: 7.”
  6. Ika.Trisni.Simangunsong, Deo Demonta Panggabean, Dede Parsaoran Damanik. “Problem Based Learning Untuk. Meningkatan Kreativitas Mahasiswa Berbasis Literasi Digital”. Journal on Education, 2023, Vol. 5 No. 2: hal. 5232.”
  7. Izzah.Muyassaroh,.Liyana Sunanto,.Ira Restu Kurnia. UPAYA PENINGKATAN LITERASI SAINS..MAHASISWA..MELALUI..BLENDED-COLLABORATIVE..PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS MULTIPLE REPRESENTATIVES. Jurnal Cakrawala Pendas, 2022 Vol. 8 No. 3: hal. 917.”
  8. Mansyur, Umar. "Minat baca mahasiswa: potret pengembangan budaya literasi di Universitas Muslim Indonesia." Literasi: Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Pembelajarannya 4.2 (2020): 135-141.
  9. Mustaji, Pengembangan.Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pola Kolaborasi dalam Mata Kuliah Masalah Sosial. Disertasi. Malang: Program Pascasarjana UIniversitas Negeri Malang, 2009, h 76.”
  10. Nurhadina, Akmaluddin, Syarfuni. “Penerapan..Model..Problem..Based..Learning..(PBL) Dalam.Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Kelas V SD Negeri Kahju..Aceh Besar”: Jurnal Ilmiah Mahasiswa. 2023 Vol. 4 No. 1”
  11. Ojaleye, O. & Awofala, A.O.A. Blended Learning and Problem-Based Learning Instructional Strategies as Determinants of Senior econdary School Students’ Achievement in Algebra. International Journal of Research in Education and Science (IJRES), 4(2) . (2018). 486-501
  12. .Santyasa, I. W., Rapi, N. K., & Sara, I. W. W. PBL.and.Academic.Procrastination.of.Students.in Learning Physics. “International Journal of Instruction”, Vol. 13 No.1, hal. 489-508. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13132a
  13. Setyaningsih, Agus suprijono. “Pengaruh Penerapan Teknik Literasi Silang Dalam Model Problem Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sejarah Kelas X SMAN 1 Menganti Gresik”:. “Journal Pendidikan Sejarah”. 2021 Vol. 11 No. 1”
  14. Setyawan Adiwiguna, Nyoman Dantes, Made.Gunamantha. “Pengaruh model .Problem Based Learning (PBL) berorientasi.stem.terhadap.kemampuan.berpikir kritis dan literasi sains siswa Kelas.V SD.di.Gugus.I.Gusti Ketut Pudja”. PENDASI: Jurnal Pendidikan. Dasar Indonesia, 2019 Vol 3 No.2: 97.”
  15. Shofwani,..S. A., & Siti Rochmah. Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Managemen Operasional di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, Vol. 7 (2), (2021) 432-445.”
  16. Sudarman. 2007. Problem Based Learniing: Model Pembelajaran untuk Mengembangkan dan the Approach. JVME. Vol. 32 No. 1 : (2007) hal. 12-20.
  17. Widiawati, L., Joyoatmojo, S., & Sudiyanto. (2018). Higher order thinking skills as effect of problem based learning in the 21st century learning. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 5(3), (2018)96–105
  18. Wulandari, Nadiah,.Sjarkawi & Damris M. Pengaruh Problem Based Learning dan Kemampuan Berpikir Kritis.Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Tekno-Pedagogi. 1(1).( 2011).14-24.
  19. Mansyur, U. (2020). Minat Baca Mahasiswa: Potret Pengembangan Budaya Literasi di Universitas muslim Indonesia. Literasi : Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Pembelajarannya, 4(2), 149–156. https://doi.org/10.25157/literasi.v4i2.3900
  20. Sari, E. S., & Pujiono, S. (2017). Budaya Literasi di Kalangan mahasiswa FBS UNY. LITERA, 16(1), 105–113. https://doi.org/10.21831/ltr.v16i1.14254
  21. Sani, R. A. (2019). High Order Thinking Skill. Tangerang: TSmart.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2023-12-11
Published: 2023-12-30
Section: Artikel
Article Statistics: