Peran Pendidikan Holistik Bagi Pengembangan Karakter Anak Usia Dini

Riza Mi’rotul Rohmah* -  , Indonesia
Arba’iyah Yusuf -  Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
Rohmatul Azizah -  Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
Risyaf Nabiel M -  Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia

DOI : 10.24269/dpp.v11i1.8268

Pendidikan Holistik pada Anak Usia Dini: Membentuk Karakter dan Kontribusi Positif pada Masyarakat. Penelitian ini menyoroti peran penting pendidikan holistik dalam membentuk individu seimbang dan memberikan kontribusi positif pada masyarakat, khususnya pada masa perkembangan anak usia dini. Metode penelitian ini menggunakan study literature dengan meneliti buku dan jurnal kredibel untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang pendidikan holistik pada anak usia dini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan holistik, yang mencakup aspek-aspek agama, imajinasi, kecerdasan, budaya, estetika, emosi, dan keterampilan fisik, membentuk karakter anak melalui pengembangan kecerdasan emosional, rangsangan kognitif yang beragam, pembentukan etika, serta keterlibatan aktif orang tua dan masyarakat. Artikel ini menegaskan pentingnya implementasi model pendidikan holistik berbasis karakter di sekolah umum sebagai bagian dari kurikulum nasional, sebagai upaya untuk memastikan perkembangan anak usia dini yang seimbang dan kontribusi positif mereka pada masyarakat. 

Keywords
Pendidikan Holistik, Pengembangan Karakter, Anak Usia Dini.
  1. Akhmad, F. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Konsep Pendidikan Muhammadiyah. Al-Misbah (Jurnal Islamic Studies), 8(2). https://doi.org/10.26555/almisbah.v8i2.1991
  2. Ambariani, A., & Suryana, D. (2022). Hambatan Implementasi PAUD Berbasis Holistik Integratif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1599
  3. Amini, M., & Aisyah, S. (2014). Hakikat Anak Usia Dini Amini. Perkembangan Dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini.
  4. Anhira, U. (2008). Membumikan Pendidikan Holistik. Buku.
  5. Antara, P. A. (2019). IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN KARAKTER ANAK USIA DINI DENGAN PENDEKATAN HOLISTIK. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 14(1). https://doi.org/10.21009/jiv.1401.2
  6. Ardiyanti, S., & Khairiah, D. (2021). HAKIKAT PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENINGKATKAN KUALITAS DIRI PADA ANAK USIA DINI. BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 1(2). https://doi.org/10.24952/alathfal.v1i2.3024
  7. Desy Damayanti, A. K. N. (2023). EVALUASI EFEKTIVITAS PENGGUNAAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DALAM PENGAJARAN METODE PENDIDIKAN TRADISIONAL DI SEKOLAH DASAR. JOURNAL OF SCIENTECH RESEARCH AND DEVELOPMENT, 5(1).
  8. Dini, J. (2022). Urgensi bahasa inggris dikembangkan sejak anak usia dini. In Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
  9. Fadhli, A. (2014). PENDIDIKAN TRADISIONAL SEBAGAI UPAYA PREVENTIF DALAM PRAKTEK KEKERASAN ANAK. Terampil - Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 1(2).
  10. Fauziah, A. (2012). Sekolah Holistik : Pendidikan Karakter Ala Ihf. Prosiding Seminar Nasional Psikologi Islami.
  11. Hajati, K. (2018). Pelaksanaan Pendidikan Holistik-Integratif dalam Pelayanan Kebutuhan Dasar Anak Usia Dini di Kabupaten Mamuju Sulawesi-Barat. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 1(1). https://doi.org/10.31605/ijes.v1i1.133
  12. Imeldawati, T., Nainggolan, Y., & Sihombing, W. F. (2021). Keunggulan Kurikulum Holistik Integratif dalam Pembentukan Kepribadian Anak di PPA Cluster Medan – Pancur Batu. PEADA’ : Jurnal Pendidikan Kristen, 2(2). https://doi.org/10.34307/peada.v2i2.47
  13. Karimah, F., Sagala, A. C. D., & Nugroho, A. A. (2022). PENGEMBANGAN NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PROGRAM PENDIDIKAN INDONESIA HERITAGE FOUNDATION (IHF). JP3 (Jurnal Pendidikan Dan Profesi Pendidik), 8(1). https://doi.org/10.26877/jp3.v8i1.12972
  14. Khairi, H. (2018). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini dari 0-6 Tahun. Jurnal Warna, 2(2).
  15. Khoiriyah, Z. (2021). Pengaruh Penerapan Kurikulum Pendidikan Holistik Berbasis Karakter (PHBK) Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di TK Karakter Indonesia Heritage Foundation Cimanggis Depok. Khazanah, 14(1).
  16. Latifah, M., & Hernawati, N. (2009). “Dampak Pendidikan Holistik pada Pembentukan Karakter dan Kecerdasan Majemuk Anak Usia Prasekolah.” Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 2(1). https://doi.org/10.24156/jikk.2009.2.1.32
  17. Ma`arif, M. A., & Rusydi, I. (2020). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN HOLISTIK DI PONDOK PESANTREN AMANATUL UMMAH MOJOKERTO. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 18(1). https://doi.org/10.32729/edukasi.v18i1.598
  18. Maunah, B. (2016). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN HOLISTIK SISWA. Jurnal Pendidikan Karakter, 1. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.8615
  19. Megawangi, R. (2009). Pengembangan Program Pendidikan Karakter Di Sekolah : Pengalaman Sekolah Karakter. Jurnal Pendidikan Vokasional, 1.
  20. Mukti, N. S. (2010). Teori-teori Pendidikan: Tradisional, (Neo) Liberal, Marxis-Sosialis Postmodern. In Ar-Ruzz Media.
  21. Nuridayu, N., Kiya, A., & Wahyuni, I. W. (2020). Pengembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Permainan Gerakan Binatang. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.32678/as-sibyan.v5i2.2701
  22. Prastyan, R. D. N. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Anak SD Melalui Konsep Pembelajaran Berbasis Kesenian Budaya Daerah dan Permainan Tradisional di Kampoeng Dolanan Nusantara Borobudur Magelang. Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (PPDN), 1(1).
  23. Primarni, A. (2014). Konsep Pendidikan Holistik Dalam Perspektif Islam. Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 3(2).
  24. Sarinastitin, E. (2019). Pendidikan Holistik Integratif Dan Terpadu Untuk Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Early Childhood Education Journal of Indonesia, 2(1).
  25. Sriyahani, Y., Kuryanto, M. S., & Rondli, W. S. (2022). Pendidikan Karakter melalui Permainan Tradisional di Desa Sitimulyo. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10). https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.946
  26. Suarta, I. N., & Rahayu, D. I. (2018). Model Pembelajaran Holistik Integratif di PAUD Untuk Mengembangkan Potensi Dasar Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 3(1). https://doi.org/10.29303/jipp.v3i1.48
  27. Syafrawi, S. (2018). PARADIGMA PENDIDIKAN TRADISIONAL SEBAGAI MODAL PENDIDIKAN TRANSFORMASIONAL. Al-Ulum : Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Ke Islaman, 5(1). https://doi.org/10.31102/alulum.5.1.2018.92-100
  28. Talango, S. R. (2020). KONSEP PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI. Early Childhood Islamic Education Journal, 1(1). https://doi.org/10.54045/ecie.v1i1.35
  29. Umar, M., Ismail, F., & Syawie, N. (2021). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS MODERASI BERAGAMA PADA JENJANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 19(1). https://doi.org/10.32729/edukasi.v19i1.798
  30. Vianty, M., Amrullah, A., & Fiftinova, F. (2020). ENGLISH READING MOTIVATION, STRATEGIES, ATTITUDE, AND INTEREST OF STATE JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS. The Journal of English Literacy Education: The Teaching and Learning of English as a Foreign Language, 6(2). https://doi.org/10.36706/jele.v6i2.10825
  31. Widodo, H. (2021). Pendidikan Holistik Berbasis Budaya Sekolah. In Uad Press.
  32. Widyaning Tyas, R., & Widyasari, C. (2023). Permainan Tradisional dalam Mengembangkan Karakter Kerjasama Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1). https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.255
  33. Widyastono, H. (2012). Muatan Pendidikan Holistik dalam Kurikulum Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 18(4). https://doi.org/10.24832/jpnk.v18i4.102
  34. Widyastuti, I., Savitri, A. M., Prastianing Tyas, D. A., Nistiani, S., & Zuliyanti, Z. (2020). Optimalisasi Sekolah Permainan Tradisional Sebagai Wahana Pendidikan Karakter. Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran, 2(2). https://doi.org/10.15294/panjar.v2i2.41309
  35. Yusuf, M. (2013). Pendidikan holistik menurut para ahli. In Encephale (Vol. 53, Issue 1).

Full Text:
Article Info
Submitted: 2023-11-25
Published: 2023-12-30
Section: Artikel
Article Statistics: