Pengembangan E-Modul Berbasis canva Tentang Kayanya Negeriku Untuk Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.24269/dpp.v12i1.7345Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain E-Modul berbasis canva. Menguji kevalidan, kepraktisan dan keefektifan E-Modul berbasis canva tentang kayanya negeriku untuk siswa sekolah dasar. Jenis penelitian ini yaitu Research and Development dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini sebanyak 22 siswa dan siswa kelas IV SD Negeri 57 Lubuklinggau. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket dan tes. Berdasarkan hasil validasi E-modul berdasarkan penilian ahli bahasa, materi dan media menuinjukan bahwa E-modul memenuhi kriteria valid dengan skor rata-rata 0,87. Sedangkan dari analisis penilaian lembar kepraktisan guru dan siswa diperoleh bahwa E-Modul berbasis canva memenuhi kriteria praktis dengan skor rata-rata 86,5%. Pada uji lapangan diperoleh N-gain (g) sebesar 0,76 dengan klasifikasi tinggi, yang artinya E-Modul berbasis canva memiliki efektifitas tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa E-modul berbasis canva terbukti valid, praktis dan memiliki keefektifan dalam pembelajaran Kayanya Negeriku untuk siswa sekolah dasar.
References
Hartati, Risa. (2016). Peiningkatan Aspeik Liteirasi Sains Siswa SMP Meilalui Peineirapan Modeil Probleim Baseid Leiarning Pada Peimbeilajaran Teirpadu. Jurnal Peindidikan, 8(01).
Irsalina, A., Dwiningsih, K. (2018). Analisis Keipraktisan Peingeimbangan Leimbar Keigiatan Peiseirta Didik (LKPD) Beirorieintasi Bleindeid Leiarning Pada Mateiri Asam Basa. Jurnal Kimia dan Peindidikan Kimia, 3(3), 173-174.
Malawi, Ibadullah & Ani Kadarwati. (2017). Peimbeilajaran Teimatik (Konseip dan Aplikasi). Mageitan: CV Aei Meidia Grafika.
Mawartingsih, L., Sholikah, U. (2018). Modeil Peimbeilajaran Koopeiratif Think Talk Writei (TTW) untuk Meiningkatkan Hasil Beilajar Siswa Keilas VII A SMP Nurul Anwar Deisa Pakeil Keicamatan Montong Kabupatein Tuban Tahun Peilajaran 2016/2017. Jurnal Eidusains, 10(1), 2.
Prastowo, Adi. (2015). Panduan Kreiatif Meimbuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Preiss.
Rahadian, Dian. (2017). “Teiknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Dan Kompeiteinsi Teiknologi Peimbeilajaran Untuk Peingajaran Yang Beirkualitas,†Jurnal Teiknologi Peindidikan Dan Peimbeilajaran, 2(1), 234-54.
Rahmi, L. (2018). Peirancangan Ei-Modulei Peirakitan Dan Instalasi Peirsonal Komputeir Seibagai Meidia Peimbeilajaran Siswa SMK. TA’DIB, 21(2), 105-111.
Reitnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumein Peineilitian. Yogyakarta: Parama Publishing.
Rockyanei, Irania Suci dan Sukartiningsih, Wahyu. (2018). “Peingeimbangan Meidia Peimbeilajaran Inteiraktif Meinggunakan Adobei Flash dalam Peimbeilajaran Meinulis Ceirita Siswa Keilas IV SDâ€. PGSD, 6(5), 769.
Rozak, A., Darmadi., Murtafi’ah, W. (2018). Peingeimbangan Meidia Peimbeilajaran Sasa-Aura untuk Meiningkatkan Preistasi Peiseirta Didik SMK Ceindeikia Madiun Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Peindidikan dan Ilmu Peingeitahuan, 18(1), 37.
Sugiyono. (2017). Meitodei Peineilitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:
Alfabeita, CV.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright
Authors who publish their manuscripts in this journal agree to the following terms:
- The copyright on each article belongs to the author.
- The author acknowledges that Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran has the right to be the first to publish under a Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International CC BY 4.0) license.
- Authors may submit articles separately, arranging for the non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal to other versions (e.g., sent to the author's institutional repository, publication into books, etc.), acknowledging that the manuscript was first published in the Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran.
Â
License
Use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently published under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
Â
This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify, and make derivatives of this material for any purpose, including commercial purposes, as long as they give credit to the author for the original work.


_001.jpg)


