Pemanfaatan Aplikasi Quizizz untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.24269/dpp.v12i1.7344Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan aplikasi Quizizz dalam pembelajaran dan melihat dampak apa saja yang meningkatkan motivasi belajar siswa. Melalui kombinasi observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan siswa kelas VIII A di SMP Negeri 8 Salatiga, manfaat penggunaan aplikasi Quizizz dan elemen-elemen yang meningkatkan motivasi siswa telah diidentifikasi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Quizizz efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran melalui kuis interaktif yang menarik. Fitur-fitur beragam yang disediakan oleh Quizizz, seperti penggunaan gambar, video, dan audio, memperkaya pengalaman belajar siswa. Selain itu, batas waktu dalam menjawab pertanyaan kuis mendorong siswa untuk berpikir cepat dan membuat keputusan dengan cepat. Umpan balik instan setelah menyelesaikan kuis memungkinkan siswa untuk mengevaluasi pemahaman mereka dan memperbaiki kelemahan. Penggunaan Quizizz juga meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pencapaian dalam kuis dan penghargaan dalam belajar. Secara keseluruhan, penggunaan aplikasi Quizizz menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan memenuhi faktor motivasi belajar siswa, baik intrinsik maupun ekstrinsik. Penelitian ini mengkonfirmasi bahwa Quizizz dapat menjadi alat pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa secara keseluruhan.
References
ARIANTI, ARIANTI. 2019. “Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.†DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan 12(2):117–34. doi: 10.30863/didaktika.v12i2.181.
Baber, Hasnan. 2020. “Determinants of Students’ Perceived Learning Outcome and Satisfaction in Online Learning during the Pandemic of COVID19.†Journal of Education and E-Learning Research 7(3):285–92. doi: 10.20448/JOURNAL.509.2020.73.285.292.
Citra, Cahyani Amildah, and Brillian Rosy. 2020. “Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Teknologi Perkantoran Siswa Kelas X SMK Ketintang Surabaya.†Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) 8(2):261–72. doi: 10.26740/jpap.v8n2.p261-272.
Emda, Amna. 2018. “Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran.†Lantanida Journal 5(2):172. doi: 10.22373/lj.v5i2.2838.
Fadli, Muhammad Rijal. 2021. “Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif.†Humanika 21(1):33–54. doi: 10.21831/hum.v21i1.38075.
Istiqlal, Abdul. 2018. “Manfaat Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Dan Mengajar Mahasiswa Di Perguruan Tinggi.†E-Jurnal STKIP Pesisir Selatan - Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 3(2):4.
Laka, Beatus Mendelson, Jemmi Burdam, and Elizabet Kafiar. 2020. “Role of Parents in Improving Geography Learning Motivation in Immanuel Agung Samofa High School.†Jurnal Inovasi Penelitian 1(2):69–74. doi: 10.47492/jip.v1i2.51.
Miftah, M. 2013. “Fungsi, Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa.†Jurnal Kwangsan 1(2):95. doi: 10.31800/jkwangsan-jtp.v1n2.p95--105.
Nurmalia, L., Lutfi, Rosm, F., & Emorad, A. I. (2021). PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA MELALUI APLIKASI EDUKASI QUIZIZZ PADA MATA KULIAH PERKEMBANGAN PENDIDIKAN SD UMJ. Jurnal Ilmiah PGSD, 133-140.
Pane, Aprida, and Muhammad Darwis Dasopang. 2017. “Belajar Dan Pembelajaran.†FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman 3(2):333. doi: 10.24952/fitrah.v3i2.945.
Pangestu, Aji, Muhammad Firman Fatah, Ashfiyatul Untsa, and Siti Lailiyah. 2022. “Efektivitas Penggunaan Media Youtube Dan Quiziz Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah.†Jurnal Basicedu 6(5):8775–84. doi: 10.31004/basicedu.v6i5.3952.
Pribadi, Benny A. 2020. “MODEL ARCS Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar.Pdf.†41.
Rahman, Rahmania, Erric Kondoy, and Awaluddin Hasrin. 2020. “Penggunaan Aplikasi Quizziz Sebagai Media Pemberian Kuis Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa.†JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan) 4(3):60–66. doi: 10.58258/jisip.v4i3.1161.
Rahman, Sunarti. 2021. “Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar.†Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0 (November):289–302.
Rahmasari, Dwi Wulan, and Universitas Ahmad Dahlan. 2022. “Platform Quiziz Meningkatkan Motivasi Belajar Anak.†1(1):2002–6.
Salsabila, Unik Hanifah, Iefone Shiflana Habiba, Isti Lailatul Amanah, Nur Asih Istiqomah, and Salsabila Difany. 2020. “Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA.†Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi|JIITUJ| 4(2):163–73. doi: 10.22437/jiituj.v4i2.11605.
Sitorus, Destri Sambara, and Tri Nugroho Budi Santoso. 2022. “Pemanfaatan Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Game Pada Masa Pandemi Covid-19.†Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 12(2):81–88. doi: 10.24246/j.js.2022.v12.i2.p81-88.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright
Authors who publish their manuscripts in this journal agree to the following terms:
- The copyright on each article belongs to the author.
- The author acknowledges that Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran has the right to be the first to publish under a Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International CC BY 4.0) license.
- Authors may submit articles separately, arranging for the non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal to other versions (e.g., sent to the author's institutional repository, publication into books, etc.), acknowledging that the manuscript was first published in the Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran.
Â
License
Use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently published under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
Â
This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify, and make derivatives of this material for any purpose, including commercial purposes, as long as they give credit to the author for the original work.
 
							

_001.jpg)



