Bimbingan Konseling Islam untuk Meningkatkan Spiritual Quotient Siswa SMP Islam Ambulu Jember
DOI : 10.24269/dpp.v11i2.7224
Setelah masa pandemi dan pembelajaran dilakukan secara luring (luar jaringan) kembali, kegiatan keagamaan siswa di sekolah makin menurun. Hal ini dibuktikan dengan terdapat siswa yang kurang sopan terhadap guru dan teman, tidak tertib beribadah, dan tidak mematuhi guru. Maka diperlukan bimbingan konseling Islam agar kegiatan keagaamaan siswa di sekolah dapat berjalan efektif kembali. Selain itu, diharapkan kecerdasan spritual siswa dapat meningkat dengan adanya bimbingan konseling Islam. Hal inilah yang menjadi inti permasalahan dalam penelitian ini yaitu peran bimbingan konseling Islam dalam meningkatkan Spiritual Quotient pada siswa SMP Islam Ambulu Jember, dan penerapan Spritual Quotient di SMP Islam Ambulu Jember dalam mencetak generasi muda. Cara pemecahannya menggunakan rancangan deskripstif kualitatif. Subjek penelitian yaitu guru Bimbingan Konseling atau Guru BK dan siswa kelas VIII SMP Islam Ambulu Jember. Instrumen penelitian adalah peneliti sebagai instrumen utama sehingga peneliti yang mengumpulkan dan mendapatkan data. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil yang diperoleh yaitu kegiatan bimbingan konseling Islam membantu siswa menyelesaikan masalah dengan proses irsyad yang memiliki enam unsur yaitu mursyid, maadah, wasilah, ushlub, mursyadbih dan ghoyah. Proses irsyad tersebut didukung dengan langkah-langkah pengantaran, penjajakan, penafsiran, dan pembinaan. Penerapan Spritual Quotient di SMP Islam Ambulu Jember dalam mencetak generasi muda diwujudkan dengan kebiasaan melakukan ibadah keagamaan selama di sekolah. Kegiatan ibadah yang dimaksud yaitu membaca Al-Qur’an, solat sunah, dan solat berjamaah
- Afif, M.K. & Pahlawati, E.F. (2022). Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Menurut Dr. Ary GinanjarAgustian (Kajian Terhadap Buku Emotional Spiritual Quotient (ESQ) 165). Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya, 7 (2), 260 – 272.
- Alfiyanto, A., Ibrahim, I., Mustika, A., & Marlina, L. (2022). Pelaksanaan Bimbingan Konseling Dalam Membentuk Kecerdasan Spiritual Siswa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 321-327. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3072
- Anjani, A.R., Mulyadi, A., & Hasibuan, A.R.G. (2022). Penguatan Kecerdasan Spiritual Melalui Kegiatan Keagamaan Berbasis Fun Learning. Al-Ihsan : Journal of Community Development in Islamic Studies, 1 (2), 89 – 99.
- Asmaniar, I. U. (2019). Psikologi Remaja. Yogyakarta: IDEA Press Yogyakarta.
- Athfal, N., Sura’, H., Suryani, A., & Sudirman, M. (2022). Bimbingan Konseling Islam Dalam Membentuk Kecerdasan Spiritual Siswa SMP Belajar Di Rumah. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 4(2), 132-136. https://doi.org/10.33487/edupsycouns.v4i2.4705
- Atsma, S., Usmaidar, & Febriyanni, R. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Metakognitif melalui Konsep Spiritual Quotient Pendidikan Agama Islam di SMP Swasta Tunas Mandiri Tanjung Pura. Journal Pusat Studi Pendidikan Rakyat, 3 (1), 95-106.
- Ermalianti & Ramadan, W. (2022). Penguatan Kompetensi Konselor dalam Memberikan Layanan Bimbingan dan Konseling Islam. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Antasari, 20 (2), 81-92
- Fajri, J.E.Y., Ardimen, A., & Silvianetri, S. (2023). Efektivitas Bimbingan Kelompok Pendekatan Muhasabah Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Santri. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 5738–5746. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14612
- Sulasmi, K., Istiatin, & Sudarwati. (2022). Peningkatan Prestasi Belajar Siswa MTs Negeri 3 Sragen. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 10 (2), 112 – 122.
- Jannah, M. (2021). Konsep Bimbingan Konseling Islam dalam Meningkatkan Moral Remaja. Idealita : Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan, 1 (1), 64 – 85.
- Jannah, R. (2022). Peranan Bimbingan Konseling Islam dalam Mengaktifkan Kecerdasan Spiritual Santri Pondok Pesantren Darul Khair Babakan Lebaksiu Tegal. Al-Ihath: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 2(1), 1-17. https://doi.org/10.53915/jbki.v2i1.162
- Mahaly, S. (2021). Efektivitas Pelaksanaan Layanan Bimbingan Pribadi Oleh Guru Bimbingan Konseling. Al-Ittizaan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 4 (1), 1-6.
- Miharja, S. (2020). Menegaskan Definisi Bimbingan Konseling Islam, Suatu Pandangan Ontologis. Jurnal At-Taujih : Bimbingan dan Konseling Islam, 3 (1), 14 – 28.
- Muqsith, L., Nubudiyani, I., & Toun, N. (2023). Penerapan Konsep Spiritual Quotient dalam Perspektif Pendididkan Islam di Kabupaten Katingan. Jurnal Darma Agung, 30(2), 1234 - 1241.
- Salsabila, U.H., Insani, A.P.S., Mustofa, H., Kalma, M.E.Z., & Wibisono, M.I. (2023). Teknologi Pendidikan: PemanfaatanTeknologi dalam Pendidikan Pasca Pandemi. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 11 (1), 79 – 88.
- Santosa. (2014). Pendidikan Kecerdasan Spiritual. Walisongo: eprints
- Sumarno & Rosidin, D,N. (2022). Romance sebagai Media Pemunculan Gaya Pacaran Remaja dalam Kacamata Islam. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 10 (1), 48 – 62.
- Potabuga, Y. F. (2020). Pendekatan Realitas dan Solution Focused Brief Therapy Dalam Bimbingan Konseling Islam. Al-Tazkiah : Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 9(1), 40–55. https://doi.org/10.20414/altazkiah.v9i1.1833
- Prasetyo, A., Venty, V., & Yuliati, K. . (2023). Hubungan Kecerdasan Spiritual dengan Konformitas Siswa Kelas VII SMP Negeri 37 Semarang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 2802–2807. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13654
- Rahman, T. N., Supraha, W., & Ahmad, A. (2022). Peningkatan kecerdasan spiritual Islam perspektif Syaikh al-Islam Ibnu Taimiyah dalam Kitab Al-Tuhfah al-‘Iroqiyyah. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 15(3), 397–408. https://doi.org/10.32832/tawazun.v15i3.7732
- Rambe, S. R., & Lubis, L. . (2023). Peran Pembimbing dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Anak Asuh di Panti Asuhan. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 429-440. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i2.479
- Tambak, S. M., Lubis, A. K., Lestari, U. W., & Damanik, R. R. (2022). Peran Guru BK dalam Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Siswa SMP di Desa karya Jadi Kecamatan Batang Serangan. Jurnal Edukasi Nonformal, 3(2), 625-633. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/5353
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.