Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Articulate Storyline 3 Berbasis Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MP Di SMK Nurul Islam Gresik
DOI:
https://doi.org/10.24269/dpp.v11i2.7220Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan multimedia interaktif articulate storyline 3 berbasis problem based learning kelas XI MP di SMK Nurul Islam Gresik, untuk mengetahui pengaruh penggunaan multimedia interaktif articulate storyline 3 berbasis problem based learning kelas XI MP di SMK Nurul Islam Gresik, dan untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan penggunaan multimedia interaktif articulate storyline 3 berbasis problem based learning terhadap hasil belajar siswa kelas XI MP di SMK Nurul Islam Gresik. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design dengan rancangan non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MP SMK Nurul Islam Gresik dan sampel yang diambil, yaitu XI MP 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MP 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur dan tes 25 multiple-choice. Berdasarkan analisis uji t independent sample t-test atau uji t dengan melihat nilai sig (2-tailed) pada data selisih pretest dan posttest dua kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol), yaitu 0.425 > 0.05, yang artinya H0 diterima dan H1 ditolak. Kesimpulannya, multimedia interaktif articulate storyline 3 berbasis problem based learning tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yang mempengaruhi salah satunya adalah kurangnya antusias dan keterlibatan selama pembelajaran online dari siswa hingga masalah teknis lainnya.
References
Anitasari, R. W., & Utami, R. D. (2022). Implementasi Media Articulate Storyline dalam Pembelajaran sebagai Penunjang Pelaksanaan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5926–5935. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3167
Asysyura, F., Adnan, A., & Faisal, F. (2023). The Effect of Interactive Multimedia on Students’ Cognitive Learning Outcomes on System Materials. BIODIDAKTIKA: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 18(1), 9–23. https://doi.org/10.30870/biodidaktika.v18i1.17808
Darise, G. N. (2022). Implementasi Pembelajaran Daring Berbasis WhatsApp Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas X di MAN Model Manado. Jurnal Pendidikan: Riset & Konseptual, 6(2), 226–235. http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/475
Daryanto, D. (2016). Media Pembelajaran. Gava Media.
Dewi, I. P., Sofya, R., & Huda, A. (2021). Membuat Media Pembelajaran Inovatif dengan Aplikasi Articulate Storyline 3. UNP PRESS.
Donnellan, J. (2021). Articulate Storyline 360. Computer Assisted Language Learning Electronic Journal (CALL-EJ), 22(3), 251–260.
Fathurrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Ar-Ruzz Media.
Fauhah, H., & Rosy, B. (2021). Analisis Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 9(2), 321–334. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap
Febriana, R. (2019). Evaluasi Pembelajaran. Bumi Aksara.
Fikri, H., & Madona, A. S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif (Vol. 13, Nomor 1). Samudra Biru.
Halimah, A. N., & Pujianto. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Software Articulate Storyline 3 Untuk Meningkatkan Minat Dan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(3), 1–9.
Hasiru, D., Badu, S. Q., & Uno, H. B. (2021). Media-Media Pembelajaran Efektif dalam Membantu Pembelajaran Matematika Jarak Jauh. Jambura Journal of Mathematics Education, 2(2), 59–69. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v2i2.10587
Husain, R., & Ibrahim, D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Articulate Storyline Di Sekolah Dasar. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 07(3), 1365–1374. https://doi.org/10.37905/aksara.7.3.1357-1366.2021
Imanulloh, M. F., Fajriyah, I., & Aziz, M. F. A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS Sejarah di SMPN 1 Sidoarjo. Jurnal Edukasi: Kajian Ilmu Pendidikan, 9(1), 1–11.
Jais, M., & Amri, U. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 3 Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA di SDN 2 Gantarang Keke Kabupaten Bantaeng. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(3), 795–801. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.3.2021.1531
Khayati, N., & Sarjana, S. (2015). Self-Efficacy and Creativity to Create Teacher Innovation. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 21(3), 243–262.
Khotimah, C., Bunyamin, & Kusuma, R. H. (2023). Implementasi Layanan Bimbingan Klasikal dalam Memberikan Pemahaman Mengenai Dampak Prokrastinasi Akademik. Journal of Social Computer and Religiosity, 1(1), 43–55.
Khusnah, N., Sulasteri, S., Suharti, & Nur, F. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Jimat Menggunakan Articulate Storyline . Jurnal Analisa, 6(2), 197–208. http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/analisa/index
Mahardhika, L. J., & Wiyatmo, Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Software Articulate Storyline 3 untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMA N 1 Kasihan Kelas X Development of Interactive Learning Media Based on Articulate Storyline 3. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(4), 1–8.
Martin, F., & Bolliger, D. U. (2018). Engagement matters: Student perceptions on the importance of engagement strategies in the online learning environment. Online Learning Journal, 22(1), 205–222. https://doi.org/10.24059/olj.v22i1.1092
Moallem, M., Hung, W., & Dabbagh, N. (2019). The Wiley Handbook of Problem-Based Learning. John Wiley & Sons.
Mufidah, E., & Khori, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid 19. IBTIDA’ : Media Komunikasi Hasil Penelitian Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 124–132. https://doi.org/10.37850/ibtida
Mustakim. (2020). The Effectiveness of Mathematics Learning Using Online Media During the Covid-19 Pandemic. Al asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.30595/alphamath.v8i2.13540
Naselia, B., & Indrayuda. (2021). Penggunaan Aplikasi Whatsapp Dalam Pembelajaran Seni Tari Di SMA N 12 Padang. Jurnal Sendratasik, 10(3), 43–51. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/sendratasik/user
Novianti, A., Arjo, S., & Komala, R. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Group Investigation dengan Media Articulate Storyline dalam Pembelajaran Daring Fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(2), 264–274. https://doi.org/10.20527/jipf.v6i2.4897
Nurfajriani, Hajar, S., & Halimah, N. (2020). Pengaruh Multimedia Articulate Storyline Berbasis Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Laju Reaksi. Prosiding Seminar Kimia, 75–80.
Nurlia, A. C. A., Kristin, K., Lukas, S., & Sepsiati, S. F. (2022). Keterampilan Belajar Mandiri Pebelajar Program Ilmu Sosial Kelas 11 Saat Pembelajaran Jarak Jauh. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(4), 402–411. https://doi.org/10.17977/um038v5i42022p402
Octavia, S. A. (2020). Model-Model Pembelajaran. Deepublish.
Oktavian, R., & Aldya, R. F. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Terintegrasi di Era Pendidikan 4.0. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 129–135. https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4763
Panduwinata, L. F., Wulandari, R. N. A., & Zanky, M. N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality (AR) pada Materi Prosedur Penyimpanan Arsip. Lectura : Jurnal Pendidikan, 12(1), 15–28. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5958
Prasanti, N., Sofiyanurriyanti, Hidrajawan, Y., Marlinda, Hartati, R., Kasmawati, Irmayani, Basuki, M., & Akmal, A. K. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di Sekolah Dasar. ADMA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 393–400. https://doi.org/10.30812/adma.v3i2.2671
Qomaruddin. (2021). Manajemen Pendidikan Online Berbasis Zoom Cloud Meeting . Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 19(2), 287–306.
Rasyidin, R. A., & Pahlevi, T. (2021). Efektivitas Penerapan E-Performance di Kelurahan Gunung Anyar Tambak Kota Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(1), 169–185. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n1.p169-185
Rianto. (2020). Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 . Indonesian Language Education and Literature, 6(1), 84–92. https://doi.org/10.24235/ileal.v6i1.7225
Rohmah, F. N., & Bukhori, I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Korespondensi Berbasis Android Menggunakan Articulate Storyline 3 . Economic & Education Journal, 2(2), 169–182.
Rulviana, V. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline Terhadap Hasil Pembelajaran Tematik Kelas IV SD. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan, 120–131.
Sa’adah, U., & Ariati, J. (2018). Hubungan Antara Student Engagement (Keterlibatan Siswa) dengan Prestasi Akademik Mata Pelajaran Matematika Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Semarang. Jurnal EMPATI, 7(1), 69–75. https://doi.org/10.14710/empati.2018.20148
Salsabila, S., Sundawa, D., & Dahliyana, A. (2022). Pengaruh Multimedia Interaktif Articulate Storyline 3 Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 6(2), 70–79. https://doi.org/10.23887/pips.v6i2.1135
Salsabila, U. H., & Agustian, N. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran. Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 123–133. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/islamika
Saputri, O. F. W., & Tirtoni, F. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis ICT Terhadap Hasil Belajar PKN Kelas V SD Muhammadiyah 1 Krembung Pada Masa Pandemi. Didaktik: Jurnal Ilmiah FKIP Universitas Mandiri, 7(2), 628–637.
Saskia, R. A., Ajizah, A., & Hafizah, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Articulate Storyline pada Materi Sistem Tata Surya untuk Kelas VII SMP/MTs. In Indonesian Journal of Science Education and Applied Science (Vol. 2, Nomor 2).
Savery, J. R. (2015). Overview of Problem-Based Learning: Definitions and Distinctions. Essential readings in problem-based learning: Exploring and extending the legacy of Howard S. Barrows, 9(2), 5–15.
Schoepp, K. (2019). The State of Course Learning Outcomes at Leading Universities. Studies in Higher Education, 44(4), 615–627. https://doi.org/10.1080/03075079.2017.1392500
Septiana, I. G. Y., Wibawa, I. M. C. W., & Trisna, G. A. P. S. (2022). Interactive Multimedia Based on Articulate Storylines in the Topic of Plant Anatomy and Physiology. International Journal of Elementary Education, 6(2), 182–194. https://doi.org/10.23887/ijee.v6i2.46837
Simarmata, J., Raja, H. D. L., Samosir, K., Rahmah, S. A., Hamzah, M. A., Saputra, H., Khadijah, K., Sihotang, J. I., Andryanto, A., & Butsiarah, B. (2022). Sistem Multimedia. Yayasan Kita Menulis.
Sindu, I. G. P., Santyadiputra, G. S., & Permana, A. A. J. (2020). The Effectiveness of the Application of Articulate Storyline 3 Learning Object on Student Cognitive on Basic Computer System courses. Jurnal Pendidikan Vokasi, 10(3), 290–299. https://doi.org/10.21831/jpv.v10i3.36094
Sofyananjani, B., Setyawan, C., Aqomaddina, F., Monika, M., & Ruhaena, L. (2021). Manajemen Waktu Belajar Anak Selama Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi. Abdi Psikonomi, 2(2), 73–77. https://doi.org/10.23917/psikonomi.v2i2.339
Soulisa, I., Supratman, M., Rosfiani, O., Renaldi, R., Sopiah, Utomo, W. T., Hermawan, C. M., Ariati, C., Riyanti, A., Tauran, S. F., Irwanto, Astiswijaya, N., Yenni, & Sutisnawati, A. (2022). Evaluasi Pembelajaran. Widina Bhakti Persada Bandung.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD. Alfabeta.
Suhailah, F., Muttaqin, M., Suhada, I., Jamaluddin, D., & Paujiah, E. (2021). Articulate Storyline : Sebuah Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Materi Sel. Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(1), 19–25. http://journal.unpak.ac.id/index.php/pedagonal
Sukmarini, F., Mauludiyah, L., Roziqi, M. A., & Nurdianto, T. (2021). Interactive Arabic Learning Media based on Articulate Storyline 3 to Increase Students’ Motivation / Pemanfaatan Articulate Storyline 3 sebagai Media Pembelajaran Interaktif untuk meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa. al MahÄra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 7(1), 106–121. https://doi.org/10.14421/almahara.2021.071-06
Suryani, M., Melisa, & Rismen, S. (2022). Pelatihan Pembuatan Soal Matematika Online dengan Menggunakan Google Form Bagi Guru SMA PGRI 2 Padang. GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 6(1), 12–27.
Trinawindu, I. B. K., Dewi, A. K., & Narulita, E. T. (2016). Multimedia Interaktif Untuk Proses Pembelajaran. Prabangkara : Jurnal Seni Rupa dan Desain, 19(23), 35–35. https://jurnal.isi-dps.ac.id/index.php/prabangkara/article/view/135
Utami, Y. S., & Wahyudi. (2021). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Articulate Storyline pada Pembelajaran Tematik Peserta Didik Kelas V SD. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 4(1), 62–71. http://journal.unismuh.ac.id/index.php/jrpd
Widyastuti, A., Mawati, A. T., Yuniwati, I., Simarmata, J., Pakpahan, A. F., Ardiana, D. P. Y., Gandasari, D., & Inayah, A. N. (2020). Pengantar Teknologi Pendidikan. Yayasan kita menulis.
Wulandari, R. N. A. (2015). Pengaruh Motivasi Dan Persepsi Tentang Pembelajaran Mata Diklat Kompetensi Kejuruan Apk Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Smk Negeri 1 Pamekasan. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 3(1), 35–47. https://doi.org/10.26740/jepk.v3n1.p35-47
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright
Authors who publish their manuscripts in this journal agree to the following terms:
- The copyright on each article belongs to the author.
- The author acknowledges that Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran has the right to be the first to publish under a Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International CC BY 4.0) license.
- Authors may submit articles separately, arranging for the non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal to other versions (e.g., sent to the author's institutional repository, publication into books, etc.), acknowledging that the manuscript was first published in the Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran.
Â
License
Use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently published under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
Â
This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify, and make derivatives of this material for any purpose, including commercial purposes, as long as they give credit to the author for the original work.


_001.jpg)


