Pengembangan Kompetensi Abad 21 melalui Bahan Ajar Digital pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Tria Cahya Julisa* -  , Indonesia
Wika Hardika Legiani -  Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
Ronni Juwandi -  Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia

DOI : 10.24269/dpp.v11i2.7187

Kehidupan di abad 21 ini dicirikan dengan semakin pesatnya kemajuan teknologi terhadap berbagai sendi kehidupan yang mengharuskan untuk terciptanya sumber daya manusia yang dapat bersaing. Pada dunia pendidikan di abad 21 masalah yang kerap ditemukan ialah masih kurang tertanamnya kompetensi abad 21 pada diri siswa, siswa kurang berpikir kritis dan kreatif dalam mengerjakan tugas, kurang berani berkomunikasi didalam kelas, kurang berkolaborasi dalam tugas kelompok, dan masih kurang pemanfaatan teknologi digitalisasi dalam proses pembelajaran, sehingga diperlukannya pembaharuan dari gaya belajar, konsep berpikir dalam menumbuhkan kreativitas, serta sistem pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk menentukan kelayakan serta efektifitas bahan ajar digital dalam mengembangkan kompetensi abad 21. Metode yang digunakan menggunakan metode Research and Development dengan model pengembangan ADDIE dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil temuan menunjukkan bahwa kualitas bahan ajar digital dalam mengembangkan kompetensi abad 21 termasuk kategori “Sangat Layak” 96,4% dari ahli materi, 90% dari ahli media, dan respon siswa terhadap efektivitas  pengembangan kompetensi abad 21 melalui bahan ajar digital pada uji coba terbatas 20 responden sebesar 82,2% dengan kategori “Sangat Baik” dan pada uji lapangan 30 responden sebesar 84,2% dengan kategori “Sangat Baik”. Dengan ini disimpulkan pengembangan kompetensi abad 21 melalui bahan ajar digital pada pembelajaran PPKn layak dan efektif  untuk digunakan.

Keywords
Pengembangan, Kompetensi Abad 21, Bahan Ajar Digital, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
  1. Angko, N., Mustaji. (2013). Pengembangan Bahan Ajar dengan Model ADDIE untuk Mata Pelajaran Matematika Kelas 5 SDS Mawar Sharon Surabaya. Jurnal Kwangsan, 1(1), 1-15.
  2. Astutik, Puji., Hariyanti, Nunuk. (2021). Peran Guru dan Strategi Pembelajaran dalam Penerapan Keterampiln Abad 21 pada pendidikan Dasa dan Menengah. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(3), 619-638.
  3. Dwi prayogi, Rayinda., Estetika, Rio. (2019). Kecakapan Abad 21 : Kompetensi Digital Pendidik Masa Depan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 14(2), 141-151.
  4. Gandamana, A. (2017). Perbandingan Kompetensi Kewarganegaraan Dalam Kurikulum 2006 (KTSP) Dan Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar.
  5. Hidayat, Fitria. (2021). Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam.
  6. Indriani, Egita D., Dewi, Dini A., Furnamasari, Yayang F. (2021). Karakteristik Media Pembelajaran dalam Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 11230-11235.
  7. Lenaini, Ika. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive an Snowball Sampling. Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33-39.
  8. Magalena, Ina.,Sundari, Tini., Nurkamilah, Silvi. (2020). Analisis Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(2), 311-326.
  9. Marlina, Lina., Dwi Untari, Aryanti. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Teks PPKn Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pengetahuan Warga Negara Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Civics : Media Kajian Kewarganegaraan, 17(1), 1- 4.
  10. Mashudi. (2021). Pembelajaran Modern : Membekali Peserta Didik Keterampilan Abad 21. Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 4(1), 93-144.
  11. Muqodas, Idat. (2015). Mengembangkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Metodik Didaktik, 9(2), 25-33.
  12. Nurjanah, Siti Ahadiah. (2019). Analisis Kompetensi Abad 21 dalam Bidang Komunikasi Pendidikan. Jurnal Kehumasan, 2(2).
  13. Ramdani, Ramdani dkk. (2020). Strategi Kolaborasi dalam Manajemen Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Educational Guidance and Counseling Development Journal, 3(1), 1-7.
  14. Sanjayanti, N. P. A. H., Darmayanti Sri, N. W., Qondias, D., dkk. (2020). Integrasi Keterampilan 4C Dalam Modul Metodologi Penelitian. 3(3), 407-415.
  15. Sari, Ni Ayunda., Ayu Wulandari, I Gusti., Wiarta, I Wayan. (2022). Bahan Ajar Digital Interaktif Berbasis Problem Based Learning Materi Keragaman Budaya. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 127-136.
  16. Septikasari, Resti., Frasandi, Rendi N. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, 8(2), 112-122.
  17. Siahaan, S. D. N., Putriku, A. E., Saragih, L. S. (2022). Penyusunan Bahan Aja (Buku0 Berbasis Teori dan Praktik pada Mata Kuliah PengenalanBisnis di Prodi Kewirausahaan Universitas Negeri Medan. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 11(1), 26-38.
  18. Sudarsiman. (2015). Memahami Hakikat dan Karakteristik Pembelajaran Biologi dalam Upaya Menjawab Tantangan Abad 21 serta Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Florea, 2(1), 29-35.
  19. .Sugiarni, R., Kurniawati, N. (2019). Penerapan Media Ajar Digital Berbasis 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking And Problem Solving, Dan Creativity And Innovation) Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0 Di Kalangan Guru Yayasan Mandiri Bersemi. Jurnal Qardhul Hasan; Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2).
  20. Sutrisno. (2023). “Pendidikan Kewarganegaraan Berwawasan Global Untuk Penanaman Kecakapan Belajar Dan Berinovasi Warga Negara Abad Ke-21.” Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(1).
  21. Trisnawati, Winda Winda, and Arini Kumala Sari. 2019. Integrasi Keterampilan Abad 21 Dalam Modul Sociolinguistics: Keterampilan 4C (Collaboration, Communication, Critical Thinking, Dan Creativity). Jurnal Muara Pendidikan 4(2), 455–66. doi: 10.52060/mp.v4i2.179.
  22. Wakhidah, L. N., Sunismi., Alifiani. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis
  23. Literasi Digital Dan Kompetensi Abad XII Pada Materi Barisan Kelas IX. 15(33).
  24. Wewe, Melkior. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika dan Problem Solving pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Golewa Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Math Educator Nusantara, 3(1), 01-57.
  25. Wijaya, I Komang. (2020). Pengembangan Kompetensi 4C Dan Keterampilan Proses Sains Melalui Pembelajaran Berbasis Catur Pramana. Guna Widya. Jurnal Pendidikan Hindu, 7(1).

Full Text:
Article Info
Submitted: 2023-05-24
Published: 2023-08-01
Section: Artikel
Article Statistics: