Application of the Outdoor Study Methodto the interests and learning outcomes of class VIII social studies subjects at MTsN 4 Tulungagung

Penerapan Metode Outdoor Study Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Di MTsN 4 Tulungagung

Rinda Fitria Nur Afifah -  Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Indonesia
Anggoro Putranto* -  Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Indonesia

DOI : 10.24269/dpp.v11i2.7144

Metode pembelajaran yang dilaksanakan secara monoton pada proses pembelajaran mata pelajaran IPS membuat peserta didik menjadi jenuh, bosan, serta pasif dalam kegiatan pembelajaran, sehingga menimbulkan minat belajar dan hasil belajar yang kurang maksimal. Tujuan pada penelitian ini ialah pertama, Untuk mengetahui minat belajar siswa dengan menggunakan metode outdoor study pada mata pelajaran IPS kelas VIII di MTsN 4 Tulungagung. Kedua, Untuk mengetahui hasil belajar dengan metode outdoor study pada mata pelajaran IPS kelas VIII di MTsN 4 Tulungagung. Penelitian ini memakai penelitian kuantitatif dengan metode penelitian quasi experimental design. Hasil dari penelitian ialah (1) terdapat pengaruh signifikan terkait penerapan metode outdoor study terhadap minat belajar (2) terdapat pengaruh yang signifikan terkait penerapan metode outdoor study terhadap hasil belajar. Berdasarkan hal tersebut penerapan variasi dalam metode pembelajaran sangatlah berpengaruh pada minat dan hasil belajar peserta didik kelas VIII MTsN 4 Tulungagung.
Keywords
Metode Outdoor Study, Minat Belajar, Hasil Belajar
  1. Andriani, R., & Rasto. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80–86. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958
  2. Ariesandy, K. T. (2021). Pengaruh Pembelajaran Luar Kelas (Outdoor Learning) Berbentuk Jelajah Lingkungan Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa. Wahana Matematika Dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 15(1), 110–120. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPM/article/view/31695
  3. Cintami, C., & Mukminan, M. (2018). Efektivitas outdoor study untuk meningkatkan hasil belajar Geografi berdasarkan locus of control di SMA Kota Palembang. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 15(2), 164–174. https://doi.org/10.21831/socia.v15i2.22675
  4. Darmansyah, A., Miftakhuddin, M., & As, U. S. (2022). Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Menggunakan Metode Outdoor Study untuk Siswa Kelas IV SD. Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 10–27. https://doi.org/10.23960/pdg.v10i1.23811
  5. Darmansyah, A., Muktadir, A., & Anggraini, D. (2021). Pengaruh Penerapan Metode Outdoor Learning Dengan Memanfaatkan Barang Bekas Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik. Juridikdas Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 4(2), 179–189.
  6. Desmulyani. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Saintifik Tipe Discovery Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas Xi Ips 1 Man 2 Kota Padang. Journal of Education and Culture, 2(1), 40–52. https://doi.org/10.58707/jec.v2i1.136
  7. Dimas Yanuardana, M., & Tamalla, M. (2022). Pendidikan Peningkatan Minat Belajar Siswa Kelas 4 UPTD SDN LABANG Pada Pembelajaran IPA Denngan Menggunakan Model Pembelajaran Outdoor Learning. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 02(1), 01–12.
  8. Febriani, M. (2021). IPS Dalam Pendekatan Konstruktivisme (Studi Kasus Budaya Melayu Jambi). Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(1), 61. https://doi.org/10.37905/aksara.7.1.61-66.2021
  9. Febrianti, S., Nursafwa, H., Bustanul, A., Isra, H., & Zailani. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Mahasiswa di Masa Pandemi Pada Mata Kuliah Penulisan Karya Ilmiah di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Al-Ulum: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 48–57. https://doi.org/10.56114/al-ulum.v2i1.115
  10. Fitri, S. F. N. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1617–1620.
  11. Hadiprayogo, B. (2023). Pengaruh Penerapan Kebijakan Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Di PG PAUD Universitas PGRI Argopuro Jember. JDPP :Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(1), 47–56.
  12. Karmila. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Outdoor Learning Berbasis Kelompok Terhadap Hasil Belajar IPS di SDN. Journal of EST, 2(1), 26–32.
  13. Lestari, O. R., Misdalina, & Suryani, I. (2022). Pengaruh Metode Outdoor Study Terhadap Minat Belajar Tema 6 Kelas V SD Negeri 10 Betung Tahun 2021/2022. Jurnal Sekolah PGSD FIP UNMED, 7(1), 10–17. https://doi.org/10.21608/pshj.2022.250026
  14. Magdalena, I., Hidayah, A., & Safitri, T. (2021). Analisis Kemampuan Peserta Didik Pada Ranah Kognitif, Afektif, Psikomotorik Siswa Kelas II B SDN Kunciran 5 Tanggerang. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 48–62. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
  15. Mahfirah, A. R., & Arisona, R. D. (2022). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar IPS Terpadu Melalui Small Group Discussion Berbasis Outdoor Study. JIIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 2(2), 199–214.
  16. Merryanty, R. I., Nuraeni, S., & Nugraha, V. (2019). Pembelajaran Menulis Puisi Dengan Menggunakan Metode Outdoor Study Pada Siswa Kelas X SMAN 1 Katapang. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 2(5), 761–770. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/view/3441
  17. Sa’diyah, E. C., & Wulandari, F. (2021). Study Literatur Penerapan Metode Outdoor Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Pada Mata Pelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Elementeris : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 3(2), 16–28. https://doi.org/10.33474/elementeris.v3i2.10905
  18. Sarlota, I. (2019). Pengaruh Metode Outdoor Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XB Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Di SMA YPK Bethel. Biolearning Journal, 6(2), 41–46.
  19. Sarumaha, M., Harefa, D., Ziraluo, Y. P. B., Fau, A., Venty Fau, Y. T., Bago, A. S., Telambanua, T., Hulu, F., Telaumbanua, K., Lase, I. P. S., Laia, B., Ndraha, L. D. M., & Novialdi, A. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Artikulasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 2045–2052. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.2045-2052.2022
  20. Sati, S., Setiana, D., & Amelia, A. N. (2022). Implementasi Pembelajaran E-Learning Terhadap Minat Belajar Peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(1), 51–57. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1899
  21. Suriadi, H. J., Firman, F., & Ahmad, R. (2021). Analisis Problema Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 165–173. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.251
  22. Uki, F., & Ilham, A. (2020). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar di SDN 03 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(1), 89. https://doi.org/10.37905/aksara.6.1.89-95.2020
  23. Ulfaida, & Pahlevi, T. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Online Terhadap Hasil Belajar Melalui Minat Belajar Siswa Pada Kelas X OTKP di SMKN 1 Lamongan. Jurnal Edukasi, 8(2), 25–31. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/26902/10210
  24. Wersa, S. (2022). Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar IPS Melalui Metode Outdoor Study SIswa SMPN 5 Kota Bengkulu. SOCIAL: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 2(4), 186–195.
  25. Wulandari, G. (2018). Peningkatan Minat Belajar Ipa Kelas V SDN 2 Brangkal Melalui Metode Outdoor Learning Process. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 408–417.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2023-05-16
Published: 2023-08-01
Section: Artikel
Article Statistics: