Pengaruh Model Pembelajaran Simulasi Berbantuan Media Pembelajaran Kumospace terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI MP pada Mata Pelajaran Manajemen Perkantoran di SMK Negeri 1 Ngawi

Wulan Fitri Ramadhani* -  Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
Triesninda Pahlevi -  Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI : 10.24269/dpp.v11i2.7143

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui pengaruh yang terdapat pada hasil belajar dan motivasi siswa kelas XI MP 2 setelah melakukan pembelajaran menggunakan model pembelajaran simulasi berbantuan media pembelajaran kumospace. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain non-equivalent posttest only control group design yang terdiri dari 34 siswa sebagai kelas eksperimen serta 35 siswa sebagai kelas kontrol. Populasi penelitian ini berjumlah 69 dengan pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling untuk menentukan kelas yang akan menjadi kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan beberapa uji untuk menganalisis data yang diperoleh yaitu uji normalitas, homogenitas, analisis deskriptif, dan uji hipotesis dengan H1 ialah terdapat pengaruh model pembelajaran simulasi berbantuan media pembelajaran kumospace terhadap hasil belajar siswa kelas XI MP pada mata pelajaran manajemen perkantoran di SMK Negeri 1 Ngawi dah H2 ialah terdapat pengaruh model pembelajaran simulasi berbantuan media pembelajaran kumospace terhadap motivasi belajar siswa kelas XI MP pada mata pelajaran manajemen perkantoran di SMK Negeri 1 Ngawi. Berdasarkan uji t hitung, H0 disetujui dan H1 ditolak karena t hitung < t tabel yaitu 0,926<1,996 dan nilai signifikansi lebih dari 0,05 yaitu 0,358. Kesimpulan mengani hasil belajar siswa ialah model pembelajaran simulasi dengan bantuan media kumospace tidak memiliki pengaruh pada hasil belajar secara signifikan dikarenakan beberapa faktor seperti desain simulasi yang buruku, hingga permasalahan teknis lainnya. Sedangkan pada variable motivasi belajar memiliki thitung>ttabel yaitu 4,854>1,996 dan nilai signifikansi kurang dari 0,05 yaitu 0,000. Sehingga, dapat dinyatakan terdapat pengaruh model pembelajaran simulasi berbantuan media pembelajaran kumospace terhadap motivasi belajar siswa kelas XI MP pada mata pelajaran manajemen perkantoran di SMK Negeri 1 Ngawi.
Keywords
Model pembelajaran, simulasi, kumospace, hasil belajar, motivasi belajar
  1. Aris, S. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.
  2. Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57
  3. Citra, C. A., & Rosy, B. (2020). Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Teknologi Perkantoran Siswa Kelas X SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(2), 261–272. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n2.p261-272
  4. Dailey, A. (2022). Student Perspective on Using Virtual Reality to Create Informal Connection and Engagement. 17(8.5.2017).
  5. Dyah, L., & Niko, S. (2021). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR SISWA DI ERA PANDEMI COVID-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(01), 145–161. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i01.1271
  6. Etikan, I., & Bala, K. (2017). Sampling and Sampling Methods. Biometrics & Biostatistics International Journal, 5(6), 215–217. https://doi.org/10.15406/bbij.2017.05.00149
  7. Flannelly, K. J., Flannelly, L. T., & Jankowski, K. R. B. (2018). Threats to the internal validity of experimental and quasi-experimental research in healthcare. Journal of Health Care Chaplaincy, 24(3), 107–130. https://doi.org/10.1080/08854726.2017.1421019
  8. Herman, R. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Simulasi terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Akuntantsi di SMK Negeri 5 Pinrang.
  9. Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2004). Model of Teaching Seventh Edition.
  10. Julie, S. B., Minie, L. B., Rissa, L. M., Carlo, P. C., Romel, A. D., Caroline, A. G., & Maricar, P. N. (2022). Effectiveness of Kumospace Apps on the Academic Performance of Grade 9 Students in Online Physics Class. American Journal of Education and Technology, 1(3), 1–8. https://doi.org/10.54536/ajet.v1i3.767
  11. Makniyah, J., & Nasirah, A. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh. Al-Riwayah : Jurnal Kependidikan, 1(1), 65–90. https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v1i1.346
  12. Mukrimah, S. S. (2014). 53 Metode Belajar Pembelajaran. 212.
  13. Mustika, J. (2016). Modul Psikologi Pendidikan.
  14. Nurani, D., Anggraini, D. L., Misiyanto, & Mulia, K. R. (2022). Serba-Serbi Kurikulum Merdeka. 1–51.
  15. Prihandini, K. L., & Panduwinata, L. F. (2022). Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kepegawaian di Smk Negeri 2 Buduran Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 13273–13284.
  16. PUSPASARI, D., & PUSPASARI, D. (2014). Penerapan Model Direct Instruction Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Administrasi …. Prosiding TCuraCisme DaCam Ekonomi …. http://ekp.fe.um.ac.id/wp-content/uploads/2017/06/33.-Durinda-dan-Durinta.pdf
  17. Riswanto, A., & Aryani, S. (2017). Learning motivation and student achievement : description analysis and relationships both. COUNS-EDU: The International Journal of Counseling and Education, 2(1), 42. https://doi.org/10.23916/002017026010
  18. Sartika, S. B., Efendi, N., & Wulandari, F. E. (2022). Efektivitas Pembelajaran IPA Berbasis Etno-STEM Dalam Melatihkan Keterampilan Berpikir Analisis. Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(1), 1–9.
  19. Schroeder, B. (2010). Microsoft Live Meeting 2007 : Web Conferencing System for Virtual Classrooms Using Web Conferencing in Education Understanding Microsoft Live Meeting 2007. Access, 1(1).
  20. Shukla, S. (2020). Concept of Population and Sample. How to Write a Research Paper, June, 1–6. https://www.researchgate.net/publication/346426707_CONCEPT_OF_POPULATION_AND_SAMPLE
  21. Spector, J. M., & Merrill, M. D. (2014). Handbook of Research on Educational Communications and Technology (Fourth). Springer Science+Business Media. https://doi.org/10.1007/978-1-4614-3185-5
  22. Suwartono. (2014). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian. CV Andi Offset.
  23. Tappen, R. (2015). Advanced Nursing Research: From Theory to Practice. Second edition (2nd ed.). Jones and Bartlett Learning, Burlington MA.
  24. Trisnawati, N., Pahlevi, T., Rosy, B., Farida Panduwinata, L., & Yogie Hermanto, F. (2021). Students’ Statements on Utilization of Learning Media during Online Learning in the Covid-19 Pandemic in Indonesia. SAR Journal - Science and Research, 4(3), 128–132. https://doi.org/10.18421/sar43-05

Full Text:
Article Info
Submitted: 2023-05-15
Published: 2023-08-01
Section: Artikel
Article Statistics: