Penguatan Dimensi Bernalar Kritis Melalui Kegiatan Proyek Dalam Kurikulum Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.24269/dpp.v11i2.7100Abstract
Bagian yang paling penting dalam pendidikan di Indonesia salah satunya adalah kurikulum. Kurikulum merupakan daftar ketetapan dalam kegiatan belajar yang memiliki fungsi sebagai panduan atau arah untuk kegiatan belajar mengajar. Landasan kurikulum merdeka pada pembentukan profil pelajar yang menjalankan kehidupannya dengan jiwa dan berbagai nilai yang terkadung dalam sila Pancasila. Sebuah program proyek berfungsi sebagai dasar dari Kurikulum Merdeka. Profil Pelajar Pancasila melaksanakan proyek yang berguna memberikan terorganisirnya pengalaman belajar, pembelajaran interaktif, fleksibel, dan nilai yang terkandung dalam profil pelajar pancasila tercakup. Dimensi profil pancasila salah satunya yaitu bernalar kritis, kemampuan tereebut harus dikembangkan di pembeljaran proyek. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif dengan subjek penelitiannya kepala sekolah, guru, pengampu proyek P5 dan peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Sawit. Snowball sampling digunakan untuk menentukan subjek penelitian sedangkan observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Teknik analisis data alir digunakan untuk menganalisis data penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa SMP Negeri 2 Sawit terdapat penguatan bernalar kritis melalui kegiatan proyek dalam kurikulum merdeka. Guru, peserta didik, dan sekolah mendapatkan suasana baru melalui kegiatan proyek ini, sehingga agar kegiatan belajar tidak terganggu waktu pelaksanaan proyek diatur oleh sekolah sendiri. Kegiatan proyek di P5 memerlukan manajemen waktu dan persiapan yang memadai dari pihak guru.
References
Avianty, D.dan Tobing, S. M. (2022). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan “4C†Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pandemi. Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi, Dan Sosial Budaya, 28 (1).
Dhewi, A. S., & Ningrum, W. W. (2022). Strategi Literasi Digital Sebagai Sarana Penguatan Berpikir Kritis Mahasiswa Peminatan Jurnalistik. In Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung IV, Vol. 3(No. 1).
Gunawan, B. I. (2017). Perbandingan implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dan kurikulum 2013 di SMAN 1 Sinjai Utara. Jurnal Mirai Management, 1(1), 1-9.
Hartini, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2a), 6–16.
Insyasiska, D., Zubaidah, S., Susilo, H., Biologi, P., & Malang, U. N. (n.d.). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar , Kreativitas , Kemampuan Berpikir Kritis , Dan.
Kemendikbud Ristek. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Manalu, J. B., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Prosiding Pendidikan Dasar Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Mahesa Centre Research, 1(1), 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174
Novita Sari, D. H., Mahfud, H., & Saputri, D. Y. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Materi Hak dan Kewajiban pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaran Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Didaktika Dwija Indria, 449, 1–6.
Nugraheni Rachmawati, A. M., Nafiah, M., & N. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Implementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar.
Pujileksono, S. (2016). Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif. Kelompok Intrans Publikasi.
Rahayu, R., & Ismawati, R. (2022). Jurnal Pendidikan MIPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(September), 682–689.
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237
Ristek, K. (2021). Profil Pelajar Pancasila. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Rosmana, P. S., Iskandar, S., Fauziah, H., Azzifah, N., & Khamelia, W., & Dini, U. (2022). Kebebasan dalam Kurikulum Prototype. AS-SABIQUN, 4, 115–131.
Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7076–7086. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3274
Satria, R., Adiprima, P., Wulan, K. S., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
Sherly, S., Dharma, E., & Sihombing, H. B. (2021). Merdeka belajar: kajian literatur. In UrbanGreen Conference Proceeding Library, 183–190.
Suminar, D. Y. (2022). Penerapan Video Interaktif Alur Merrdeka Untuk Meningkatkan Kemampuan Bernalar Kritis Di Sman 10 Pontianak. Jurnal Pembelajaran Prospektif, 7(1). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/lp3m/article/view/55057
Udin, J., & Nawawi, E. (2023). Penghayatan Nilai Pancasila Dalam Menguatkan Karakter Dan Identitas Manusia Indonesia Di SMA Negeri 2 Palembang. Jurnal Pengabdian West Science, 2(02), 150–161. https://doi.org/10.58812/jpws.v2i02.206
Widyantini, G. A. P. Y., Suastra, I. W., & Arnyana, I. B. P. (2023). Pengaruh Model Project Based Learning Berorientasi Penguatan Profil Pelajar Pancasila terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Motivasi Berprestasi Siswa SMA. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(1), 243–248.
Yusrizal, & Fatmawati. (2020). Peran Kurikulum Akhlak Dalam Pembentukan Karakter di Sekolah Alam Sou Parung Bogor. Tematik, 74–80.
Zubaidah, S. (2016). SitiZubaidah-STKIPSintang-10Des2016. Seminar Nasional Pendidikan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright
Authors who publish their manuscripts in this journal agree to the following terms:
- The copyright on each article belongs to the author.
- The author acknowledges that Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran has the right to be the first to publish under a Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International CC BY 4.0) license.
- Authors may submit articles separately, arranging for the non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal to other versions (e.g., sent to the author's institutional repository, publication into books, etc.), acknowledging that the manuscript was first published in the Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran.
Â
License
Use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently published under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
Â
This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify, and make derivatives of this material for any purpose, including commercial purposes, as long as they give credit to the author for the original work.


_001.jpg)


