Penguatan Dimensi Bernalar Kritis Melalui Kegiatan Proyek Dalam Kurikulum Merdeka

Vivi Alaida Khasanah* -  Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
Achmad Muthali’in -  Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia

DOI : 10.24269/dpp.v11i2.7100

Bagian yang paling penting dalam pendidikan di Indonesia salah satunya adalah kurikulum. Kurikulum merupakan daftar ketetapan dalam kegiatan belajar yang memiliki fungsi sebagai panduan atau arah untuk kegiatan belajar mengajar. Landasan kurikulum merdeka pada pembentukan profil pelajar yang menjalankan kehidupannya dengan jiwa dan berbagai nilai yang terkadung dalam sila Pancasila. Sebuah program proyek berfungsi sebagai dasar dari Kurikulum Merdeka. Profil Pelajar Pancasila melaksanakan proyek yang berguna memberikan terorganisirnya pengalaman belajar, pembelajaran interaktif, fleksibel, dan nilai yang terkandung dalam profil pelajar pancasila tercakup. Dimensi profil pancasila salah satunya yaitu bernalar kritis, kemampuan tereebut harus dikembangkan di pembeljaran proyek. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif dengan subjek penelitiannya kepala sekolah, guru, pengampu proyek P5 dan peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Sawit. Snowball sampling digunakan untuk menentukan subjek penelitian sedangkan observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data.  Teknik analisis data alir digunakan untuk menganalisis data penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa SMP Negeri 2 Sawit terdapat penguatan bernalar kritis melalui kegiatan proyek dalam kurikulum merdeka. Guru, peserta didik, dan sekolah mendapatkan suasana baru melalui kegiatan proyek ini, sehingga agar kegiatan belajar tidak terganggu waktu pelaksanaan proyek diatur oleh sekolah sendiri. Kegiatan proyek di P5 memerlukan manajemen waktu dan persiapan yang memadai dari pihak guru.

Keywords
Bernalar Kritis, Proyek, Kurikulum Merdeka
  1. Amalia, S. S., & Alfiansyah, I. (2022). Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 5(2), 239.
  2. Avianty, D.dan Tobing, S. M. (2022). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan “4C” Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pandemi. Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi, Dan Sosial Budaya, 28 (1).
  3. Dhewi, A. S., & Ningrum, W. W. (2022). Strategi Literasi Digital Sebagai Sarana Penguatan Berpikir Kritis Mahasiswa Peminatan Jurnalistik. In Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung IV, Vol. 3(No. 1).
  4. Gunawan, B. I. (2017). Perbandingan implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dan kurikulum 2013 di SMAN 1 Sinjai Utara. Jurnal Mirai Management, 1(1), 1-9.
  5. Hartini, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2a), 6–16.
  6. Insyasiska, D., Zubaidah, S., Susilo, H., Biologi, P., & Malang, U. N. (n.d.). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar , Kreativitas , Kemampuan Berpikir Kritis , Dan.
  7. Kemendikbud Ristek. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
  8. Manalu, J. B., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Prosiding Pendidikan Dasar Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Mahesa Centre Research, 1(1), 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174
  9. Novita Sari, D. H., Mahfud, H., & Saputri, D. Y. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Materi Hak dan Kewajiban pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaran Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Didaktika Dwija Indria, 449, 1–6.
  10. Nugraheni Rachmawati, A. M., Nafiah, M., & N. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Implementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar.
  11. Pujileksono, S. (2016). Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif. Kelompok Intrans Publikasi.
  12. Rahayu, R., & Ismawati, R. (2022). Jurnal Pendidikan MIPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(September), 682–689.
  13. Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237
  14. Ristek, K. (2021). Profil Pelajar Pancasila. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
  15. Rosmana, P. S., Iskandar, S., Fauziah, H., Azzifah, N., & Khamelia, W., & Dini, U. (2022). Kebebasan dalam Kurikulum Prototype. AS-SABIQUN, 4, 115–131.
  16. Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7076–7086. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3274
  17. Satria, R., Adiprima, P., Wulan, K. S., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
  18. Sherly, S., Dharma, E., & Sihombing, H. B. (2021). Merdeka belajar: kajian literatur. In UrbanGreen Conference Proceeding Library, 183–190.
  19. Suminar, D. Y. (2022). Penerapan Video Interaktif Alur Merrdeka Untuk Meningkatkan Kemampuan Bernalar Kritis Di Sman 10 Pontianak. Jurnal Pembelajaran Prospektif, 7(1). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/lp3m/article/view/55057
  20. Udin, J., & Nawawi, E. (2023). Penghayatan Nilai Pancasila Dalam Menguatkan Karakter Dan Identitas Manusia Indonesia Di SMA Negeri 2 Palembang. Jurnal Pengabdian West Science, 2(02), 150–161. https://doi.org/10.58812/jpws.v2i02.206
  21. Widyantini, G. A. P. Y., Suastra, I. W., & Arnyana, I. B. P. (2023). Pengaruh Model Project Based Learning Berorientasi Penguatan Profil Pelajar Pancasila terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Motivasi Berprestasi Siswa SMA. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(1), 243–248.
  22. Yusrizal, & Fatmawati. (2020). Peran Kurikulum Akhlak Dalam Pembentukan Karakter di Sekolah Alam Sou Parung Bogor. Tematik, 74–80.
  23. Zubaidah, S. (2016). SitiZubaidah-STKIPSintang-10Des2016. Seminar Nasional Pendidikan.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2023-05-04
Published: 2023-08-01
Section: Artikel
Article Statistics: