Pengembanan Laboratorium Geografi Berbasis Mobile Virtual Pada Materi Pembelajaran Praktikum Ilmu Ukur Tanah

Mohamad Arif* -  , Indonesia
Rudi Hartono -  Universitas Negeri Malang, Indonesia
Dicky Arinta -  Universitas Negeri Malang, Indonesia

DOI : 10.24269/dpp.v11i2.7006

Mobile lab virtual untuk praktikum ilmu ukur tanah merupakan suatu teknologi pembelajan berbasis  mobile untuk membantu mahasiswa dalam melakukan praktikum ilmu ukur tanah tanpa menggunakan alat lab. dalam penggunaanya sangat fleksibel karena tidak begitu memerlukan ruang dan waktu yang penting memiliki perangkat smartfon, laptop atau pc. Mobile lab virtual merupakan trobosan baru di dunia Pendidikan yang penuh dengan teknologi seperti saat ini. Pembelajaran yang tidak membutuhkan ruang lebih sangat diperlukan mengingat sudah tersedianya infrastruktur internet yang memadai. Pengembangan media pembelajaran yang mudah dan dapat digunakan ditempat manapun sangat dibutuhkan seperti halnya mobile lab virtual untuk praktikum ilmu ukur tanah. Desain dari produk teknologi media pembelajaran ini dari para ahli media dinyatakan layak untuk diterapkan sebagai media pembelajaran, begitu pula dengan ahli materi dan uji coba produk pada mahasiswa departemen geografi. Nilai persentase dari ahli media adalah 85% yang artinya produk tidak perlu revisi begitu pula dengan ahli materi dengan nilai 89% dan uji coba produk dengan persentase 88% yang artinya produk ini layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Keywords
Mobile Virtual, Laboratorium, Teknologi Pembelajan, Geografi
  1. Agustine, D., Wiyono, K., & Muslim, M. (2014). Pengembangan E-Learning Berbantuan Virtual Laboratory untuk Mata Kuliah Praktikum Fisika Dasar II di Program Studi Pendidikan Fisika FKIP UNSRI.
  2. Anderson RH. 1994. Pemilihan dan Pengembangan Media untuk Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
  3. BSNP. 2006. Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.
  4. Coleman, S. K., & Smith, C. L. (2019). Evaluating the benefits of virtual training for bioscience students. Higher Education Pedagogies, 4(1), 287–299. https://doi.org/10.1080/23752696.2019.1599689
  5. Destiansari, E., Amizera, S., & Anggraini, N. (n.d.). Pengembangan Lembar Kerja Praktikum Digital Berbantuan Virtual Laboratorium pada Materi Pencemaran Air. 10(2).
  6. Dick, Walter & Carey Lou. 2001. The Sistematic Design Of Instruction. Mionois: Scott, Foresmant and Company
  7. Gunawan. 2015. Model Pembelajaran Sains Berbasis ICT. Mataram: FKIP UNRAM.
  8. Guzmán, J. L., Rodríguez, F., Berenguel, M., & Dormido, S. (2005). Virtual lab for teaching greenhouse climatic control. In IFAC Proceedings Volumes (IFAC-PapersOnline) (Vol. 38, Issue 1). IFAC. https://doi.org/10.3182/20050703-6-cz-1902.02286
  9. Hendriyani, M. E., & Novi, R. (2020). Laporan Praktikum Mandiri Dalam Bentuk Video Presentasi Untuk Mengembangkan Kreativitas Dan Komunikasi Lisan Di Masa Pandemi Covid-19. 3, 11..
  10. Hermawan, I. K. W., Subagia, I. W., & Juniartina, P. P. (n.d.). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbantuan Laboratorium Virtual pada Materi Tata Surya.
  11. Irfan Y, dkk. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Modern Berbasis Media Laboratorium Virtual Berdasarkan Paradigma Pembelajaran Abad 21 Dan Kurikulum 2013, Vol. 4, No. 2, hal 189-200, Mei 2015
  12. Jaya, H. (2012). Pengembangan Laboratorium Virtual Untuk Kegiatan Praktikum dan Memfasilitasi Pendidikan Karakter di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2, 10.
  13. Kurbanoglu, N. Izzet and Akim, Ahmet (2010) "The Relationships between University Students’ Chemistry Laboratory Anxiety,Attitudes, and Self-Efficacy Beliefs," Australian Journal of Teacher Education: Vol. 35: Iss. 8, Article 4.Available at: http://ro.ecu.edu.au/ajte/vol35/iss8/4
  14. (12) (PDF) The Relationships between University Students’ Chemistry Laboratory Anxiety, Attitudes, and Self-Efficacy Beliefs. Available from: https://www.researchgate.net/publication/49285171_The_Relationships_between_University_Students'_Chemistry_Laboratory_Anxiety_Attitudes_and_Self-Efficacy_Beliefs [accessed Oct 13 2022].
  15. Liu, D., Valdiviezo-Díaz, P., Riofrio, G., Sun, Y. M., & Barba, R. (2015). Integration of Virtual Labs into Science E-learning. Procedia Computer Science, 75(Vare), 95–102. https://doi.org/10.1016/j.procs.2015.12.224
  16. Munir. 2012. Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta, Mustofa. 2013.
  17. Nisa, S. K., & Rinanto, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Laboratorium Virtual Berbasis Discovery Learning pada Materi Sistem Ekskresi untuk Kelas XI MIPA Development of Virtual Laboratory Learning Media Based on Discovery Learning on Excression System Materials for Class XI MIPA. 8.
  18. Pengembangan Bahan Ajar Model DiknasKurikulum 2006 Untuk SMA/MA
  19. Putra, P., Firdaus, Mgs. A., & Farhan, M. (2019). Penerapan Teknologi Virtual Reality Photography Pada Sistem Informasi Objek Wisata. Computer Engineering, Science and System Journal, 4(1), 70.https://doi.org/10.24114/cess.v4i1.11461
  20. Rambing, X. S., & Tulenan, V. (2017). Virtual Reality Berbasis Video 360 Derajat pada Tari-Tarian Adat Suku Minahasa. Jurnal Teknik Informatika Universitas Sam Ratulangi, 11(1).
  21. Ramdani, A., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(3), 433. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2924
  22. Rohmi Julia Purbasari. 2013. Pengembangan Aplikasi Android Sebagai Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Dimensi Tiga Untuk Siswa SMA Kelas X. Malang. Jurnal Matematika Universitas Negeri Malang.
  23. Siti Muyaroah dan Mega Fajartia. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi. Semarang: IJCET
  24. Sugiono. 2008. Metode Penelitian PendidikanPendekatan Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  25. Suryanti, E., Fitriani, A., Redjeki, S., & Riandi, R. (2019). Persepsi Mahasiswa terhadap Penggunaan Virtual Laboratory dalam Pembelajaran Biologi Molekuler. Journal of Natural Science and Integration, 2(2), 32. https://doi.org/10.24014/jnsi.v2i2.7884
  26. Suryawati, Evi. Kamisah Osman & T. Subahan Mohd Meerah. 2010.” The Effectiveness of RANGKA Contextual Teaching and Learning on Students’ Problem Solving Skills and Sciectufic attitude”. 9: 1717-1721.
  27. Tatli, Z., & Ayas, A. (2013). Effect of a Virtual Chemistry Laboratory on Students' Achievement. Educational Technology & Society, 16 (1), 159-170.
  28. Van der Kleij, Fabienne M. et al., (2015). Integrating Data-Based Decision Making, Assessment for learning and diagnostic testing in formative assessment. Assessment in Education: Principles, Policy & Practice, 22(3), 324–343. doi.org/10.1080/0969594x.2014.999024

Full Text:
Article Info
Submitted: 2023-04-08
Published: 2023-08-01
Section: Artikel
Article Statistics: