Pengembanan Laboratorium Geografi Berbasis Mobile Virtual Pada Materi Pembelajaran Praktikum Ilmu Ukur Tanah
DOI:
https://doi.org/10.24269/dpp.v11i2.7006Abstract
Mobile lab virtual untuk praktikum ilmu ukur tanah merupakan suatu teknologi pembelajan berbasis mobile untuk membantu mahasiswa dalam melakukan praktikum ilmu ukur tanah tanpa menggunakan alat lab. dalam penggunaanya sangat fleksibel karena tidak begitu memerlukan ruang dan waktu yang penting memiliki perangkat smartfon, laptop atau pc. Mobile lab virtual merupakan trobosan baru di dunia Pendidikan yang penuh dengan teknologi seperti saat ini. Pembelajaran yang tidak membutuhkan ruang lebih sangat diperlukan mengingat sudah tersedianya infrastruktur internet yang memadai. Pengembangan media pembelajaran yang mudah dan dapat digunakan ditempat manapun sangat dibutuhkan seperti halnya mobile lab virtual untuk praktikum ilmu ukur tanah. Desain dari produk teknologi media pembelajaran ini dari para ahli media dinyatakan layak untuk diterapkan sebagai media pembelajaran, begitu pula dengan ahli materi dan uji coba produk pada mahasiswa departemen geografi. Nilai persentase dari ahli media adalah 85% yang artinya produk tidak perlu revisi begitu pula dengan ahli materi dengan nilai 89% dan uji coba produk dengan persentase 88% yang artinya produk ini layak digunakan sebagai media pembelajaran.
References
Anderson RH. 1994. Pemilihan dan Pengembangan Media untuk Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
BSNP. 2006. Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.
Coleman, S. K., & Smith, C. L. (2019). Evaluating the benefits of virtual training for bioscience students. Higher Education Pedagogies, 4(1), 287–299. https://doi.org/10.1080/23752696.2019.1599689
Destiansari, E., Amizera, S., & Anggraini, N. (n.d.). Pengembangan Lembar Kerja Praktikum Digital Berbantuan Virtual Laboratorium pada Materi Pencemaran Air. 10(2).
Dick, Walter & Carey Lou. 2001. The Sistematic Design Of Instruction. Mionois: Scott, Foresmant and Company
Gunawan. 2015. Model Pembelajaran Sains Berbasis ICT. Mataram: FKIP UNRAM.
Guzmán, J. L., RodrÃguez, F., Berenguel, M., & Dormido, S. (2005). Virtual lab for teaching greenhouse climatic control. In IFAC Proceedings Volumes (IFAC-PapersOnline) (Vol. 38, Issue 1). IFAC. https://doi.org/10.3182/20050703-6-cz-1902.02286
Hendriyani, M. E., & Novi, R. (2020). Laporan Praktikum Mandiri Dalam Bentuk Video Presentasi Untuk Mengembangkan Kreativitas Dan Komunikasi Lisan Di Masa Pandemi Covid-19. 3, 11..
Hermawan, I. K. W., Subagia, I. W., & Juniartina, P. P. (n.d.). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbantuan Laboratorium Virtual pada Materi Tata Surya.
Irfan Y, dkk. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Modern Berbasis Media Laboratorium Virtual Berdasarkan Paradigma Pembelajaran Abad 21 Dan Kurikulum 2013, Vol. 4, No. 2, hal 189-200, Mei 2015
Jaya, H. (2012). Pengembangan Laboratorium Virtual Untuk Kegiatan Praktikum dan Memfasilitasi Pendidikan Karakter di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2, 10.
Kurbanoglu, N. Izzet and Akim, Ahmet (2010) "The Relationships between University Students’ Chemistry Laboratory Anxiety,Attitudes, and Self-Efficacy Beliefs," Australian Journal of Teacher Education: Vol. 35: Iss. 8, Article 4.Available at: http://ro.ecu.edu.au/ajte/vol35/iss8/4
(12) (PDF) The Relationships between University Students’ Chemistry Laboratory Anxiety, Attitudes, and Self-Efficacy Beliefs. Available from: https://www.researchgate.net/publication/49285171_The_Relationships_between_University_Students'_Chemistry_Laboratory_Anxiety_Attitudes_and_Self-Efficacy_Beliefs [accessed Oct 13 2022].
Liu, D., Valdiviezo-DÃaz, P., Riofrio, G., Sun, Y. M., & Barba, R. (2015). Integration of Virtual Labs into Science E-learning. Procedia Computer Science, 75(Vare), 95–102. https://doi.org/10.1016/j.procs.2015.12.224
Munir. 2012. Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta, Mustofa. 2013.
Nisa, S. K., & Rinanto, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Laboratorium Virtual Berbasis Discovery Learning pada Materi Sistem Ekskresi untuk Kelas XI MIPA Development of Virtual Laboratory Learning Media Based on Discovery Learning on Excression System Materials for Class XI MIPA. 8.
Pengembangan Bahan Ajar Model DiknasKurikulum 2006 Untuk SMA/MA
Putra, P., Firdaus, Mgs. A., & Farhan, M. (2019). Penerapan Teknologi Virtual Reality Photography Pada Sistem Informasi Objek Wisata. Computer Engineering, Science and System Journal, 4(1), 70.https://doi.org/10.24114/cess.v4i1.11461
Rambing, X. S., & Tulenan, V. (2017). Virtual Reality Berbasis Video 360 Derajat pada Tari-Tarian Adat Suku Minahasa. Jurnal Teknik Informatika Universitas Sam Ratulangi, 11(1).
Ramdani, A., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(3), 433. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2924
Rohmi Julia Purbasari. 2013. Pengembangan Aplikasi Android Sebagai Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Dimensi Tiga Untuk Siswa SMA Kelas X. Malang. Jurnal Matematika Universitas Negeri Malang.
Siti Muyaroah dan Mega Fajartia. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi. Semarang: IJCET
Sugiono. 2008. Metode Penelitian PendidikanPendekatan Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryanti, E., Fitriani, A., Redjeki, S., & Riandi, R. (2019). Persepsi Mahasiswa terhadap Penggunaan Virtual Laboratory dalam Pembelajaran Biologi Molekuler. Journal of Natural Science and Integration, 2(2), 32. https://doi.org/10.24014/jnsi.v2i2.7884
Suryawati, Evi. Kamisah Osman & T. Subahan Mohd Meerah. 2010.†The Effectiveness of RANGKA Contextual Teaching and Learning on Students’ Problem Solving Skills and Sciectufic attitudeâ€. 9: 1717-1721.
Tatli, Z., & Ayas, A. (2013). Effect of a Virtual Chemistry Laboratory on Students' Achievement. Educational Technology & Society, 16 (1), 159-170.
Van der Kleij, Fabienne M. et al., (2015). Integrating Data-Based Decision Making, Assessment for learning and diagnostic testing in formative assessment. Assessment in Education: Principles, Policy & Practice, 22(3), 324–343. doi.org/10.1080/0969594x.2014.999024
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright
Authors who publish their manuscripts in this journal agree to the following terms:
- The copyright on each article belongs to the author.
- The author acknowledges that Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran has the right to be the first to publish under a Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International CC BY 4.0) license.
- Authors may submit articles separately, arranging for the non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal to other versions (e.g., sent to the author's institutional repository, publication into books, etc.), acknowledging that the manuscript was first published in the Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran.
Â
License
Use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently published under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
Â
This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify, and make derivatives of this material for any purpose, including commercial purposes, as long as they give credit to the author for the original work.


_001.jpg)


