Implementasi Digital citizenship untuk Kalangan Gen Z Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan

Ryand Daddy Setyawan* -  Universitas Bangka Belitung, Indonesia
Muhamad Hijran -  university of bangka belitung, Indonesia
Rozi Rozi -  university of bangka belitung, Indonesia

DOI : 10.24269/dpp.v11i2.6867

Digital citizenship pada kalangan Gen Z sangat penting untuk dipahami dan merupakan generasi yang tumbuh serta terbiasa dengan teknologi digital sejak dini. Namun, sebagai pengguna internet yang aktif, Gen Z memiliki tanggung jawab untuk memahami kewarganegaraan digital. Hal ini mencakup pemahaman tentang etika digial, privasi, keamanan siber dan juga harus memahami konsekuensi dari tindakan online mereka, termasuk cyberbullying, penggunaan media sosial, dan konsumsi konten yang tidak layak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kepustakaan. Pengumpulan data dilakukan melalui berupa dokumen-dokumen yang relevan seperti jurnal, prosiding, dan artikel ilmiah yang berhubungan dengan tema penelitian untuk dijadikan sebagai data penelitian. Hasil yang diperoleh dari implementasi Digital citizenship di kalangan Gen Z pada mata kuliah pendidikan kewarganegaraan sangat penting untuk membantu mereka menjadi pengguna internet yang bertanggung jawab dan beretika. Hal ini juga dapat membantu para mahasiswa di kalangan Gen Z membangun kemampuan untuk memilih konten digital yang layak dan memperkuat kesadaran akan pentingnya keamanan siber.Dalam lingkungan digital yang semakin kompleks dan berubah cepat, keberadaan Digital citizenship menjadi kunci penting untuk membantu para mahasiswa Gen Z menjadi pengguna internet yang bertanggung jawab dan beretika.
Keywords
Digital citizenship, Gen Z, Pendidikan Kewarganegaraan
  1. Adha, M. M., & Perdana, D. R. (2020). Pendidikan Kewarganegaraan. Graha Ilmu.
  2. Branson, M.S. (1998). The role of civic education. A Forthcoming Education Policy Task Force Position Paper from the Communitarian Network. Washington, DC: The George Washington University.
  3. Codrington, G. (2001). Generational theory. Johannesburg: Penguin Publishers.
  4. Danuri, M. (2019). Perkembangan dan Transformasi Teknologi Digital. Infokam, XV( II), 116–123.
  5. Hague, C., & Payton, S. (2010). Digital literacy across the curriculum. UK: Futurelab.
  6. Kusuma, R. A. (2019). Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Perilaku Intoleransi dan Antisosial di Indonesia. Mawa’Izh: Jurnal Dakwah Dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan, 10(2), 273–290.
  7. https://doi.org/10.32923/maw.v10i2.932
  8. Liansari, V., & Nuroh, E. Z. (2018). Realitas Penerapan Literasi Digital bagi Mahasiswa FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Proceedings of The ICECRS, 1(3), 241–252. https://doi.org/10.21070/picecrs.v1i3.1397
  9. Mardianto. (2018). Prasangka dan Ujaran Kebencian. Siber: Peran Pola Komunikasi. Prosiding Semnas & Call Paper Psikologi Sosial FIP. Universitas Negeri Padang.
  10. Mossberger, K., Tolbert, C. J., & McNeal, R. S. (2007). Digital citizenship: The Internet, Society, and Participation. Cambridge: MIt Press.
  11. Nehe, U. (2021). Kewarganegaraan Digital Dalam Pendidikan Situasi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1915–1921.
  12. Nirmayani, L. H. (2020). PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn DI SEKOLAH DASAR MELALUI MODEL PENGAJARAN BERMAIN PERAN. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 207–215. https://doi.org/10.21009/pip.242.1
  13. Pahlevi, F. S. (2017). Eksistensi Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi Dalam Memperkokoh karakter Bangsa Indonesia. Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 2(1), 65–82. https://doi.org/10.21154/ibriez.v2i1.26
  14. Pradana, Y. (2018). Atribusi Kewargaan Digital dalam Literasi Digital. Untirta Civic Education Journal, 3(2), 168–182
  15. Reichert, R., & Karin, W.K., (eds). (2018). Mapping a changing field: a literature review on Digital citizenship. Digital Culture & Society (DCS) .Vol. 4, Issue 2/2018.
  16. Ribble, M., and Bailey, G. (2007). Digital citizenship in schools. Eugene, OR: International Society for Technology in Education.
  17. Roza, P. (2020). Digital citizenship: Menyiapkan Generasi Milenial Menjadi Warga Negara Demokratis di Abad Digital. Jurnal Sosioteknologi. Vol. 19 (2). Hal. 190-202.
  18. Triastuti, R. (2019). Teachers and Technology: The Perspective of Digital citizenship. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan. Vol. 16 (1). Hal. 22-28.
  19. Trisiana, A. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Inovasi Pengembangan di Era Media Digital dan Revolusi Industri 4.0. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan. Vol. 17 (1). Hal. 84-98.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2023-03-14
Published: 2023-08-01
Section: Artikel
Article Statistics: