Implementasi Digital citizenship untuk Kalangan Gen Z Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan
DOI:
https://doi.org/10.24269/dpp.v11i2.6867Abstract Digital citizenship pada kalangan Gen Z sangat penting untuk dipahami dan merupakan generasi yang tumbuh serta terbiasa dengan teknologi digital sejak dini. Namun, sebagai pengguna internet yang aktif, Gen Z memiliki tanggung jawab untuk memahami kewarganegaraan digital. Hal ini mencakup pemahaman tentang etika digial, privasi, keamanan siber dan juga harus memahami konsekuensi dari tindakan online mereka, termasuk cyberbullying, penggunaan media sosial, dan konsumsi konten yang tidak layak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kepustakaan. Pengumpulan data dilakukan melalui berupa dokumen-dokumen yang relevan seperti jurnal, prosiding, dan artikel ilmiah yang berhubungan dengan tema penelitian untuk dijadikan sebagai data penelitian. Hasil yang diperoleh dari implementasi Digital citizenship di kalangan Gen Z pada mata kuliah pendidikan kewarganegaraan sangat penting untuk membantu mereka menjadi pengguna internet yang bertanggung jawab dan beretika. Hal ini juga dapat membantu para mahasiswa di kalangan Gen Z membangun kemampuan untuk memilih konten digital yang layak dan memperkuat kesadaran akan pentingnya keamanan siber.Dalam lingkungan digital yang semakin kompleks dan berubah cepat, keberadaan Digital citizenship menjadi kunci penting untuk membantu para mahasiswa Gen Z menjadi pengguna internet yang bertanggung jawab dan beretika.
References
Adha, M. M., & Perdana, D. R. (2020). Pendidikan Kewarganegaraan. Graha Ilmu.
Branson, M.S. (1998). The role of civic education. A Forthcoming Education Policy Task Force Position Paper from the Communitarian Network. Washington, DC: The George Washington University.
Codrington, G. (2001). Generational theory. Johannesburg: Penguin Publishers.
Danuri, M. (2019). Perkembangan dan Transformasi Teknologi Digital. Infokam, XV( II), 116–123.
Hague, C., & Payton, S. (2010). Digital literacy across the curriculum. UK: Futurelab.
Kusuma, R. A. (2019). Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Perilaku Intoleransi dan Antisosial di Indonesia. Mawa’Izh: Jurnal Dakwah Dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan, 10(2), 273–290.
https://doi.org/10.32923/maw.v10i2.932
Liansari, V., & Nuroh, E. Z. (2018). Realitas Penerapan Literasi Digital bagi Mahasiswa FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Proceedings of The ICECRS, 1(3), 241–252. https://doi.org/10.21070/picecrs.v1i3.1397
Mardianto. (2018). Prasangka dan Ujaran Kebencian. Siber: Peran Pola Komunikasi. Prosiding Semnas & Call Paper Psikologi Sosial FIP. Universitas Negeri Padang.
Mossberger, K., Tolbert, C. J., & McNeal, R. S. (2007). Digital citizenship: The Internet, Society, and Participation. Cambridge: MIt Press.
Nehe, U. (2021). Kewarganegaraan Digital Dalam Pendidikan Situasi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1915–1921.
Nirmayani, L. H. (2020). PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn DI SEKOLAH DASAR MELALUI MODEL PENGAJARAN BERMAIN PERAN. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 207–215. https://doi.org/10.21009/pip.242.1
Pahlevi, F. S. (2017). Eksistensi Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi Dalam Memperkokoh karakter Bangsa Indonesia. Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 2(1), 65–82. https://doi.org/10.21154/ibriez.v2i1.26
Pradana, Y. (2018). Atribusi Kewargaan Digital dalam Literasi Digital. Untirta Civic Education Journal, 3(2), 168–182
Reichert, R., & Karin, W.K., (eds). (2018). Mapping a changing field: a literature review on Digital citizenship. Digital Culture & Society (DCS) .Vol. 4, Issue 2/2018.
Ribble, M., and Bailey, G. (2007). Digital citizenship in schools. Eugene, OR: International Society for Technology in Education.
Roza, P. (2020). Digital citizenship: Menyiapkan Generasi Milenial Menjadi Warga Negara Demokratis di Abad Digital. Jurnal Sosioteknologi. Vol. 19 (2). Hal. 190-202.
Triastuti, R. (2019). Teachers and Technology: The Perspective of Digital citizenship. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan. Vol. 16 (1). Hal. 22-28.
Trisiana, A. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Inovasi Pengembangan di Era Media Digital dan Revolusi Industri 4.0. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan. Vol. 17 (1). Hal. 84-98.
Branson, M.S. (1998). The role of civic education. A Forthcoming Education Policy Task Force Position Paper from the Communitarian Network. Washington, DC: The George Washington University.
Codrington, G. (2001). Generational theory. Johannesburg: Penguin Publishers.
Danuri, M. (2019). Perkembangan dan Transformasi Teknologi Digital. Infokam, XV( II), 116–123.
Hague, C., & Payton, S. (2010). Digital literacy across the curriculum. UK: Futurelab.
Kusuma, R. A. (2019). Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Perilaku Intoleransi dan Antisosial di Indonesia. Mawa’Izh: Jurnal Dakwah Dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan, 10(2), 273–290.
https://doi.org/10.32923/maw.v10i2.932
Liansari, V., & Nuroh, E. Z. (2018). Realitas Penerapan Literasi Digital bagi Mahasiswa FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Proceedings of The ICECRS, 1(3), 241–252. https://doi.org/10.21070/picecrs.v1i3.1397
Mardianto. (2018). Prasangka dan Ujaran Kebencian. Siber: Peran Pola Komunikasi. Prosiding Semnas & Call Paper Psikologi Sosial FIP. Universitas Negeri Padang.
Mossberger, K., Tolbert, C. J., & McNeal, R. S. (2007). Digital citizenship: The Internet, Society, and Participation. Cambridge: MIt Press.
Nehe, U. (2021). Kewarganegaraan Digital Dalam Pendidikan Situasi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1915–1921.
Nirmayani, L. H. (2020). PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn DI SEKOLAH DASAR MELALUI MODEL PENGAJARAN BERMAIN PERAN. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 207–215. https://doi.org/10.21009/pip.242.1
Pahlevi, F. S. (2017). Eksistensi Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi Dalam Memperkokoh karakter Bangsa Indonesia. Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 2(1), 65–82. https://doi.org/10.21154/ibriez.v2i1.26
Pradana, Y. (2018). Atribusi Kewargaan Digital dalam Literasi Digital. Untirta Civic Education Journal, 3(2), 168–182
Reichert, R., & Karin, W.K., (eds). (2018). Mapping a changing field: a literature review on Digital citizenship. Digital Culture & Society (DCS) .Vol. 4, Issue 2/2018.
Ribble, M., and Bailey, G. (2007). Digital citizenship in schools. Eugene, OR: International Society for Technology in Education.
Roza, P. (2020). Digital citizenship: Menyiapkan Generasi Milenial Menjadi Warga Negara Demokratis di Abad Digital. Jurnal Sosioteknologi. Vol. 19 (2). Hal. 190-202.
Triastuti, R. (2019). Teachers and Technology: The Perspective of Digital citizenship. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan. Vol. 16 (1). Hal. 22-28.
Trisiana, A. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Inovasi Pengembangan di Era Media Digital dan Revolusi Industri 4.0. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan. Vol. 17 (1). Hal. 84-98.
Downloads
Published
2023-08-01
Issue
Section
Artikel
License
Copyright
Authors who publish their manuscripts in this journal agree to the following terms:
- The copyright on each article belongs to the author.
- The author acknowledges that Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran has the right to be the first to publish under a Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International CC BY 4.0) license.
- Authors may submit articles separately, arranging for the non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal to other versions (e.g., sent to the author's institutional repository, publication into books, etc.), acknowledging that the manuscript was first published in the Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran.
Â
License
Use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently published under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
Â
This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify, and make derivatives of this material for any purpose, including commercial purposes, as long as they give credit to the author for the original work.


_001.jpg)


