Media Pembelajaran Digital Berbasis Prezi pada Matakuliah E Commerce terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi STKIP Muhammadiyah Kuningan

Ipan Ripai -  STKIP Muhammadiyah Kuningan, Indonesia
Opah Ropiah* -  STKIP Muhammadiyah Kuningan, Indonesia

DOI : 10.24269/dpp.v11i2.6205

Mahasiswa kesulitan dalam memahami konsep E-Commerce yang abstrak dan membutuhkan dukungan visualisasi dalam pembelajaran. Media pembelajaran Prezi dikembangkan dengan memperhatikan prinsip visual mampu mendukung pembelajaran E-Commerce. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran dan menghasilkan media pembelajaran berbasis Prezi yang layak digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manfaat media pembelajaran adalah: menjadi media interaksi pembelajaran antara dosen dan mahasiswa, meningkatkan motivasi belajar mahasiswa, memfasilitasi dosen untuk menyampaikan materi pembelajaran sehingga pembelajaran tetap berlangsung meskipun tidak dilakukan secara tatap muka, menjadi media interaksi antara dosen dan mahasiswa selama pelaksanaan pembelajaran,  bermanfaat sebagai media transfer informasi dan interaksi pembelajaran selama pembelajaran daring, membuat pekerjaan menjadi efektif dan efesien. Instrumen penelitian terdiri soal tes dan angket respon mahasiswa. Media pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan dengan memenuhi aspek kevalidan dan keefektifan. Penilaian aspek kevalidan berdasarkan lembar penilaian ahli berada pada kriteria valid. Sedangkan penilaian aspek keefektifan berdasarkan tes hasil belajar mahasiswa berada pada kriteria cukup baik dan angket respon mahasiswa berada pada kriteria sangat baik. Media pembelajaran terdiri dari bagian menu dan bagian isi. Bagian menu terdiri dari gambaran materi yang akan disajikan dalam media. Bagian isi terdiri dari materi yang bisa diperbesar dan diperkecil sesuai kebutuhan dan video pembelajaran untuk memvisualisasikan konsep E-Commerce.
Keywords
Media Digital, Prezi, E-Commerce.
  1. Asmawati, E. Y. S., Rosidin, U., & Abdurrahman. (2018). Efektivitas Instrumen Asesmen Model Creative Problem Solving Pada Pembelajaran Fisika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhamadiyah Metro, 6(2), 130.
  2. Canover, R. S., & Kartikasari, D. (2021). Penetration of Imported Products on E-Commerce Platform in Indonesia and Strategies for Improving Local Product Competitiveness. International Journal of Economics, Business, and Accounting Research (IJEBAR), 5(1), 23–33. https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/IJEBAR
  3. Epinur, Syahri, W., & Adriyani. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Pada Materi Elektrokimia Untuk Kelas XII SMA N 8 Kota Jambi dengan Menggunakan Software Prezi. Journal of the Indonesian Society of Integrated Chemistry, 6(1), 13–22. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/jisic.v6i1.1935
  4. Hartini, S., Misbah, Dewantara, D., Oktavian, R. A., & Aisyah, N. (2017). Developing Learning Media Using Online Prezi Into Materials About Optical Equipments. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 313–317. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i2.10102
  5. Hutasuhut, S. H. (2022). Peranan Statistika Dalam Penelitian Pendidikan Matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 7(2), 60–69. https://doi.org/10.30743/mes.v7i2.5186
  6. Irawan, D., Rahsel, Y., Udin, T., Manajeamn, P., Islam, P., & Rejo, G. (2017). Perancangan Electronic Commerce Berbasis B2C. Jurnal TAM (Technology Acceptance Model ), 8(1), 58–62.
  7. Kebudayaan, M. P. dan. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan. https://doi.org/10.31227/osf.io/munp2
  8. Mardetini, E., Fatimah, S., & Amrina, D. E. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Visual, Auditory, Kinesthetic Berbantuan Multimedia Berbasis Prezi Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 6(2), 126–138. https://doi.org/10.36706/jp.v6i2.10031
  9. Nasution, E. Y. P., & Siregar, N. F. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Prezi. Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(2), 205–221. https://doi.org/10.32939/tarbawi.v15i02.466
  10. Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171–187. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
  11. Ong, J. O. (2013). Implementasi Algotritma K-means clustering untuk menentukan strategi marketing president university. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 12(1), 1–20.
  12. Prameswari, N. S., Suharto, M., & Afatara, N. (2017). Developing E-Commerce for Micro Small Medium Enterprise (MSME) to Cope with Cultural Transformation of Online Shopping. Jurnal Dinamika Manajemen, 8(2), 188–198. https://doi.org/10.15294/jdm.v8i2.12759
  13. Prayoga, A. M., Santoso, S., & Hamidi, N. (2013). Penggunaan Media Prezi Dan Metode Pembelajaran Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi. Jupe UNS, 1(2), 1–8. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ekonomi/article/viewFile/2445/1753
  14. PTKI, D. (2018). Panduan Pengembangan Kurikulum PTKI Mengacu pada KKNI dan SN-Dikti. http://kopertais10.or.id/file/f8b5347e49593cdec22189f5356585e9.pdf
  15. Rais, M. (2015). Pengaruh Penggunaan Multimedia Presentasi Berbasis Prezi Dan Gaya Belajar Terhadap Kemampuan Mengingat Konsep. Jurnal Mekom;Jurnal Media Komunikasi Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 2(1), 10–24. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/mekom.v2i1.2576
  16. Rodhi, M. Y., & Wasis. (2014). Pengembangan Media Pembelajara Berbasis Prezi untuk meningkatkan keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Kalor. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 03(02), 137–142. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/5/article/view/8083
  17. Rosadi, H., Raharjo, & Budiono, D. (2013). Kelayakan Teoritis Media Slide Prezi pada Materi Sistem Peredaran darah Manusia. BioEdu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 2(3), 306–309.
  18. S.Bloom, B. (1956). Taxonomy of Educatiional Objectives: The Classification of Educatonal Goals, Hadnbook I Cognitive Domain. (B. S.Bloom (ed.)). Simultaneously in the Dominion Of Canada. https://doi.org/10.1300/J104v03n01_03
  19. Sari, A. K. P., & Wati, D. P. (2019). Penerapan Multimedia TAVAGIS Berbasis Prezi dalam Pembelajaran Kurikulum 2013 bagi Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Kuningan. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(3), 369–380. https://doi.org/10.30653/002.201943.185
  20. Settle, Q., Abrams, K. M., & Baker, L. M. (2011). Using Prezi in the Classroom. NACTA Journal, 55(4), 105–106. http://ezproxy.georgetowncollege.edu:2048/login?URL=http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=eue&AN=71940194
  21. Suharjanto, A., Sawiji, H., & Susilowati, T. (2013). Penerapan Media Pembelajaran Dengan Penggunaan Software Prezi dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Mata Diklat Komunikasi. PAP: Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 2(1), 1–16.
  22. Vebrianto, R., Thahir, M., Putriani, Z., Mahartika, I., Ilhami, A., & Diniya. (2020). Mixed Methods Research: Trends and Issues in Research Methodology. Bedelau: Journal of Education and Learning, 1(2), 63–73. https://doi.org/10.55748/bjel.v1i2.35
  23. Wahyudi, D. (2014). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Pendidikan Akhlak dengan Program Prezi (Studi di SMP Muhammadiyah 2 Mlati Sleman Tahun Ajaran 2013-204). Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 1–15.
  24. Y.A, E., & Ratnasari. (2014). Perancangan Aplikasi E-Commerce Pada Toko Jam Tangan Alexander Cristie. Jurnal TAM, 2(7), 20–25.
  25. Yuliani, S., & Hartanto, D. (2022). Digital Online Learning by Using Digital Storytelling for Pre-Service Teacher Students. International Journal of Language Education, 6(3), 221–232. https://doi.org/10.26858/ijole.v6i3.20408
  26. Zulkifli, M. (2014). Validitas dan Reliabilitas Suatu Instrumen Penelitian. Tabularasa PPS UNIMED, 6(1), 87–97.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2022-12-08
Published: 2023-08-01
Section: Artikel
Article Statistics: